Home / Teknologi / Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Cara Mengetes AntiVirus Yang Digunakan – Anda sudah yakin benar kalau AntiVirus dan Firewall yang selama ini Anda gunakan sangat ampuh untuk melindungi komputer atau laptop Anda? Bagaimana kalau seandainya AntiVirus yang Anda percaya sangat handal melindungi komputer namun sebaliknya malah tidak berfungsi dan menampung berbagai macam penyakit komputer seperti malware dan lain-lain? Wah kalau faktanya seperti ini dengan adanya AntiVirus bukannya komputer menjadi sehat, tapi malah komputer kita menjadi terjangkit penyakit. Oleh karena itu wajib kita mengetes AntiVirus yang digunakan apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak? Simpan dulu kepercayaan Anda dengan anggapan kehandalan AntiVirus yang selama ini Anda percaya sebelum melakukan cara ini.

Baca Juga : Cara Melindungi Komputer Dari Serangan Virus

Pada dasarnya semua AntiVirus yang kita gunakan adalah AntiVirus handal. Apalagi jika AntiVirus yang kita gunakan adalah AntiVirus berbayar (pro). Namun bukan berarti AntiVirus gratis (free) itu jelek. Terkadang jika pengaturannya tepat maka AntiVirus gratis dapat mengalahkan AntiVirus berbayar.

Cara Mengetes AntiVirus Yang Digunakan 1

Berikut Cara Mengetes AntiVirus Yang Kita Gunakan Apakah Dapat Berfungsi Dengan Baik Atau Tidak

Apapun AntiVirus yang kita gunakan maka sebaiknya Anda melakukan dulu uji kehandalannya. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengetes kehandalan AntiVirus. Mulai dari menginstall software khusus, tanpa software, dan bahkan dengan memanfaatkan situs online.

Baca Juga : Cara Update Antivirus AVG Free Edition Offline dan Online

Disini saya akan memberikan penjelasan sebanyak 3 cara saja. Dengan cara-cara ini sudah terbukti ampuh dalam mengetes AntiVirus yang kita gunakan.

1. Cek AntiVirus Apakah Dapat Berfungsi Atau Tidak

Cara mengetes kehandalan AntiVirus yang pertama adalah dengan menggunakan script khusus. Cara ini Anda tidak perlu menginstall software atau situs online apapun. Anda hanya cukup menyalin script berikut kedalam Notepad :

[email protected][4PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Kemudian Anda simpan atau Save As dengan nama apa saja, misal “uji_kehandalan_antivirus.exe” dan sebagainya. Jika AntiVirus yang kita gunakan dapat berfungsi dengan baik, maka AntiVirus akan memberikan sinyal pendeteksian virus. Namun jika sebaliknya maka AntiVirus tidak akan memberikan respon apapun. Dan itu artinya AntiVirus yang kita gunakan tidak berfungsi dan sebaiknya Anda periksa apa masalahnya.

Perlu Anda ketahui, walaupun AntiVirus dapat mendeteksi virus berdasarkan script yang tadi kita buat, namun itu bukan file yang dapat membahayakan komputer atau laptop Anda. Script tersebut hanya untuk mengetes AntiVirus Anda saja apakah berfungsi atau tidaknya.

2. Cek Kehandalan AntiVirus Dengan Shields Up!

Cara kedua untuk mengetes kehandalan AntiVirus adalah dengan memanfaatkan situs online seperti Shields Up!. Silakan Anda uji seberapa kuat AntiVirus yang digunakan dalam menjaga komputer dari virus dengan mengunjungi situs Shields Up!. Cara kerja situs ini adalah secara terperinci akan mengetes komputer sebanyak 1000 port kemudian Anda akan mengetahui hasil uji tersebut. Jika seandainya terdapat beberapa port komputer yang tidak berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti firewall.

Di situs Shields Up! Anda harus memasukkan IP Address komputer yang Anda gunakan. Jika Anda tidak tahu dengan IP Address yang digunakan, silakan Anda klik pilih tombol GRC’s Instant UpnP Exposure Test.

Baca Juga : Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer

Cara Mengetes AntiVirus Yang Digunakan 2

Nanti Anda akan diantarkan ke tampilan pemberitahuan IP Address komputer Anda. Silakan Anda copy IP Address tersebut dan kembali ke halaman awal situs Shields Up!.

Cara Mengetes AntiVirus Yang Digunakan 3

Kemudian Anda paste IP Address tadi pada kotak yang telah disediakan dan Enter tunggu hasilnya.

Cara Mengetes AntiVirus Yang Digunakan 4

Berikut hasil contoh laporannya yang dapat Anda ketahui dengan uji kehandalan AntiVirus di situs Shields Up! :

Cara Mengetes AntiVirus Yang Digunakan 5

3. Periksa Keamanan Browser Anda Dengan Situs Panopticlick

Cara selanjutnya dalam mengetes kehandalan AntiVirus adalah dengan memeriksa keamanan browser menggunakan situs Panopticlick. Dengan menggunakan situs Panopticlick maka Anda akan diberitahu apakah browser yang selama ini kita gunakan apakah memblokir setiap ancaman yang membahayakan komputer atau tidak. Ancaman seperti apa saja? Contohnya seperti ancaman tracking ads, invisible tracker, sebuah perlindungan terhadap fingerprinting, dan sebagainya. Jika hasilnya gagal setelah Anda test dengan Panopticlick, maka sudah saatnya Anda untuk mengganti browser yang selama ini Anda gunakan dengan browser lainnya.

Silakan Anda kunjungi situs Panopticlick saat ini juga. Caranya gampang, Anda tinggal klik pilih tombol Test Me dan tunggu beberapa saat karena situs Panopticlick sedang bekerja untuk mengetes tingkat keamanan komputer Anda.

Cara Mengetes AntiVirus Yang Digunakan 6

Berikut contoh hasilnya melakukan pengetesan tingkat kehandalan browser dengan menggunakan situs Panopticlick :

Cara Mengetes AntiVirus Yang Digunakan 7

Ok mungkin hanya itu saja 3 Cara Mengetes AntiVirus yang selama ini kita percaya untuk menghadang setiap penyakit komputer. Jika Anda mempunyai pengalaman lain dalam melakukan uji kehandaln AntiVirus dan Firewall komputer, silakan jangan malu-malu untuk berbagi ilmunya di kotak komentar. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu di artikel selanjutnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *