Selasa, 20 Februari 2024

10 Software untuk Membuat Flowchart Termudah dan Cocok untuk Pemula

Software untuk Membuat Flowchart

Info Menarik – Software rupakan alat yang sangat berguna dalam dunia kerja atau bisnis. Software Flowchart dapat mempermudah pekeFlowchart merjaan kalian untuk mempresentasikan sesuatu dalam bentuk gambar. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai 10 software Flowchart termudah yang bisa kalian gunakan secara gratis.

Software pembuat flowchart itu sendiri dirancang khusus untuk membantu kalian dalam membuat, mengedit, dan mengorganisir diagram alur. Flowchart tersebut biasanya kita gunakan untuk presentasi dalam bentuk grafis dari suatu proses. Bentuknya menggunakan simbol – simbol dan panah untuk menunjukkan langkah – langkah dalam suatu urutan tertentu.

Kelebihan software pembuat flowchart dapat memudahkan pengguna untuk membuat dan menyusun diagram tanpa harus menguasai keterampilan desain grafis yang rumit.

Baca Juga: Trik Mengatasi Tantangan: Mengapa Bisnis Online Sering Gagal dan Cara Menghindarinya

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai 10 software pembuat flowchart gratis dan dapat membantu mempermudah tugas Kamu.

10 Software Flowchart Gratis dan Termudah untuk Pemula

Berikut 10 software pembuat flowchart gratis yang bisa kalian gunakan dengan mudah.

1. GitMind

GitMind adalah aplikasi pembuat flowchart yang dapat kalian gunakan secara gratis. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan elemen-elemen diagram ke area kerja tanpa memerlukan keterampilan desain khusus.

GetMind menyediakan banyak jenis template yang bisa kalian gunakan dalam membuat flowchart. Kalian dapat mengedit, memodifikasi, menambahkan, atau menghapus elemen-elemen diagram sesuai kebutuhan dengan cepat.

GetMind tersedia untuk komputer dan juga smartphone yang bisa kita download melalui PlayStore dan App Store. Sebelum menggunakan GitMind, kalian harus login dulu menggunakan email. Untuk mendapatkan fitur tambahan dengan lengkap, Kamu bisa upgrade GitMind ke premium dengan biaya US$9 per bulan.

2. MindManager

MindManager adalah sebuah aplikasi pemetaan pikiran (mind mapping) yang dirancang untuk membantu kalian menyusun ide, proyek, atau informasi dengan cara yang visual dan terstruktur. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Corel dan menjadi salah satu software paling populer.

MindManager menyediakan berbagai macam template yang bisa kalian gunakan dengan mudah. Tampilan aplikasinya sederhana, sehingga cocok untuk pemula yang baru belajar membuat flowchart.

Untuk menggunakan MindManager secara gratis, kalian bisa coba versi trial yang dapat Kamu install di Windows 10 dan Windows 11. Jika kalian merasa cocok menggunakan aplikasi ini, kalian bisa berlangganan untuk menikmati seluruh fitur dari aplikasi ini.

3. yEd Graph Editor

yEd Graph Editor merupakan aplikasi perangkat lunak pembuat diagram yang bersifat gratis dan open-source. Aplikasi ini dikembangkan oleh yWorks dan dirancang untuk membantu kalian membuat berbagai jenis diagram, termasuk flowchart, diagram UML, diagram jaringan, dan banyak lagi.

Aplikasi yEd menampilkan antarmuka dengan sistem drag-and-drop, sehingga memudahkan kalian untuk menambahkan elemen-elemen diagram ke halaman kerja dan menyusunnya sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun kalian harus membuat flowchart secara manual, namun terdapat fitur yang bisa membantu kalian untuk menyusunnya secara otomatis. Dengan begitu, tata letak flowchart yang sudah kalian buat dapat otomatis tersusun sehingga menjadi lebih terstruktur dan mudah kita baca.

4. Diagram Studio

Ingin buat flowchart dengan mudah dalam waktu yang singkat? Software Diagram Studio bisa jadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis dan langsung bisa Kamu gunakan tanpa harus login akun terlebih dulu. Ukuran aplikasi ini juga kecil, sehingga ringan kita gunakan.

Terdapat berbagai template yang bisa kalian gunakan untuk membuat flowchart, diagram, bagan, dan sebagainya. Tampilannya mirip seperti Office Word, sehingga penggunaannya sangat mudah.

5. MindGenius

MindGenius memudahkan kalian untuk membuat flowchart dengan cepat dan mudah. Kalian dapat memilih template serta menambahkan simpul, cabang, dan sub-cabang untuk merepresentasikan ide atau informasi.

Dalam software MindGenius terdapat fitur pencarian dan filter yang memudahkan pengguna untuk menemukan informasi spesifik. MindGenius juga tersedia dalam versi mobile yang memungkinkan kalian untuk mengakses dan mengedit mind map di perangkat seluler.

Kalian bisa gunakan MindGenius secara gratis menggunakan trial selama 14 hari. Setelah flowchart jadi, kalian bisa menyimpannya dalam bentuk PDF, JPEG, dan sebagainya.

6. Overflow

Kalian bisa membuat flowchart yang menarik menggunakan software Overflow. Aplikasi ini dapat membantu kalian membuat flowchart dan diagram dengan cepat.

Penggunaan aplikasi ini mirip seperti PowerPoint, sehingga kalian bisa menggunakannya untuk presentasi. Tools yang tersedia pada aplikasi ini juga cukup lengkap. Kalian bisa memilih bentuk flowchart dengan menggambar secara manual atau menggunakan template yang tersedia.

Nantinya, flowchart yang berhasil kalian buat bisa Kamu simpan dalam berbagai format seperti PNG atau PDF.

Aplikasi ini bisa kalian akses secara gratis dengan menggunakan trial selama 14 hari. Setelah itu, kalian harus berlangganan.

7. EdrawMax

Fitur pada EdrawMax dapat membantu kalian membuat flowchart secara cepat. Aplikasi ini menyediakan ratusan template dan simbol yang siap pakai untuk berbagai jenis diagram, sehingga flowchart yang kalian buat semakin informatif. Selain itu, kalian juga bebas menyisipkan berbagai gambar yang kalian inginkan.

Aplikasi ini juga bisa Kamu gunakan untuk ekspor dokumen dari beragam format seperti Ms. Office, PDF, dan gambar.

EdrawMax tersedia dalam bentuk trial selama 14 hari untuk penggunaan gratis. Setelah masa trial habis, kalian harus berlangganan untuk menggunakannya.

8. Miro

Miro menyediakan berbagai fitur yang mendukung pembuatan dan pengelolaan berbagai jenis diagram serta flowchart. Aplikasi ini menyediakan berbagai template flowchart termasuk mind map, diagram alur, roadmap proyek, sprint board, dan banyak lagi. Kalian juga bisa menambahkan team board dalam membuat flowchart secara daring bersama dengan rekan – rekan.

Aplikasi Miro dapat kita akses secara gratis. Namun untuk beberapa fitur unggulan seperti voting dan video chat, kalian harus upgrade ke versi langganan dengan biaya mulai US$ 8 per bulan.

9. Creately

Aplikasi Creately merupakan aplikasi pembuat flowchart yang cukup berbeda dari aplikasi lainnya. Hal ini dikarenakan Creately dapat kita akses dengan mudah melalui web tanpa harus install aplikasinya.

Creately memiliki template yang sangat banyak dan beragam, mulai dari flowchart, bagan, mind mapping, dan sebagainya. Kalian bisa mencoba semua template tersebut secara online dan gratis.

Jika berniat untuk menggunakan aplikasi ini secara terus menerus, kalian harus memilih paket berbayar yang harganya mulai US$5 per bulan kalian sebenarnya bisa menggunakan versi cloud yang memiliki paket gratis, namun penggunaannya cukup terbatas yaitu 5 dokumen saja.

10. Whimsical

Whimsical menyediakan berbagai macam template yang bisa Kamu gunakan dengan mudah dan praktis. Tools yang ada pada Whimsical hampir sama dengan Miro serta ada opsi tambahan seperti sticky notes, mengubah ukuran dan bentuk bagan, dan sebagainya.

Whimsical bisa kita gunakan secara gratis dan bisa Kamu coba melalui desktop, sehingga tidak perlu install aplikasinya dulu. Sedangkan versi premium Whimsical bisa Kamu beli dengan harga $10 per bulan.

Baca Juga: Bisnis yang Laku Tiap Hari dan Tidak Mengenal Hari Libur, Cocok Jadi Referensi Kamu

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi software pembuat flowchart yang bisa Kamu gunakan secara gratis dan mudah. Pemilihan software pembuat flowchart yang tepat dapat memudahkan kalian dalam menggambarkan proses dan alur kerja.

Setiap software dalam daftar ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan preferensi penggunanya. Kamu bisa mencobanya dan pilih yang paling sesuai dengan gaya kerja dan kebutuhan proyek kalian.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.