Home / Teknologi / Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri Atau Yang Lainnya

Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri Atau Yang Lainnya

Cara Mengubah URL Google Plus – Secara default begitu kita selesai membuat akun Google Plus maka URL-nya hanya terdiri dari deretan angka saja. Angka unik URL Google Plus ini terdiri dari 21 angka. Lalu apakah kita bisa mengubahnya URL bawaan Google Plus ini? Tentu saja bisa! Untuk memudahkan dalam menyebutkan alamat Google Plus kepada orang lain sebaiknya Anda ubah saja. Tentunya akan sulit kita mengingat seluruh angka URL Google Plus dibanding dengan alamat URL yang kita tentukan sendiri.

Baca Juga : Ikuti Hasil Pencarian Terbaik Google Dengan Menggunakan Google Alerts

Kita bisa mengubah URL Google Plus kapan saja dan dari perangkat apapun, baik menggunakan Personal Computer (PC) atau Smartphone. Kita bisa membuat URL Google Plus dengan nama sendiri, nama teman, nama perusahaan, dan sebagainya. Jika kita mengubah URL Google Plus dengan alamat web yang singkat maka akan memudahkan untuk diingat dan tentunya orang lain juga akan mudah dalam menemukan URL Google Plus kita.

Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri (1)

Sebagai contoh URL Google Plus saya adalah seperti ini : plus.google.com/104044641800721425693. Disitu terlihat jelas kalau URL-nya dengan 21 angka, ribet bukan? Ok sekarang kita ganti dengan nama simple yang mudah diingat saja. Saya akan mengubah URL tersebut dengan nama blog ini saja.

Berikut Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Lain

URL Google Plus yang sudah diubah nanti diawalnya akan otomatis ada tanda plusnya (+). Misal kita ingin mengubah dengan nama infomenarik, maka setelah selesai diubah menjadi plus.google.com/+infomenarik.

Pastikan kalau Anda sangat menyukai dan menginginkan URL tersebut untuk dibuat di akun Google Plus. Karena nanti setelah selesai membuat, Anda tidak diperkenankan untuk mengubah kembali ke URL lain. Artinya mengubah URL ini diberi kesempatan hanya sekali saja.

Sebelum dimulai mengubah URL Google Plus, ada aturan khusus yang haru Anda ketahui, yaitu :

  1. Akun Google Plus Anda sudah memiliki minimal 10 pengikut (follower) atau orang yang menambahkan akun Anda ke lingkaran akun orang lain;
  2. Akun Google Plus harus berumur minimal 30 hari (1 bulan);
  3. Profil Google Plus harus sudah dipasang foto profil yang jelas;
  4. Akun Google Plus harus dalam keadaan performa yang baik.

Selengkapnya Anda bisa lihat di halaman resmi Support Google Plus.

Baca Juga : Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen Di Google Docs

Ok kita mulai saja artikelnya, silakan Anda buka halaman Google Plus kemudian dipojok kiri atas klik menu tarik turun lalu temukan Profil.

Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri (2)

Kemudian dibawah foto profil dan foto latar belakang akun Google Plus silakan Anda klik Tentang.

Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri (3)

Gulir mouse kebawah dan temukan bagian Tautan lalu di header URL Google+ klik Dapatkan URL.

Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri (4)

Nah disini kita akan memperoleh tiga pilihan URL yang disarankan oleh Google Plus. URL yang disarankan ini adalah URL yang diambil dari nama profil Anda. Jadi pastikan jika ingin mengubah URL Google Plus dengan nama yang telah ditentukan maka ubah dulu nama profil akun Anda. Didalam tiga URL yang disarankan terdapat satu pilihan yang nantinya kita harus menambah akhiran. Anda bisa menambahkan akhiran yang lebih unik lagi, misal angka atau yang lainnya.

Disini saya memilih URL yang pertama saja yaitu infomenarikNET kemudian jika sudah memilih URL yang cocok klik Saya menyetujui Persyaratan Layanan. Terakhir klik pilih Ubah URL dan lanjut keproses selanjutnya.

Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri (5)

Silakan jika Anda tadi memilih opsi untuk bisa menambah akhiran pada URL yang dibuat maka sekarang Anda ketik pada kolom tambahkan beberapa karakter. Namun jika tadi bukan memilih opsi seperti ini maka langkah ini tidak akan ada.

Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri (6)

Langkah selanjutnya Anda klik pilih Konfirmasikan pilihan. Mungkin juga Anda akan diminta untuk memverifikasi akun yang akan dikirim ke nomor handphone. Jika begitu silakan Anda verifikasi saja berdasarkan kode yang dikirim Google melalui SMS.

Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri (7)

Sekarang akun Google Plus saya menjadi seperti ini : plus.google.com/+infomenarikNET Saya bisa memberikan URL Google Plus kepada orang lain hanya dengan menyebutkan  infomenarikNET saja, lebih mudah bukan?

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengubah URL Google Plus Dengan Nama Sendiri. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. ternyata ada persyaratan khusus nya juga toh .. pantas akun g+ saya yang baru ngga bisa dirubah url nya

  2. sebelumnya saya tidak bisa merubah url google plus milik saya mas, dikarenakan jumlah follower yang dikit. namun pada beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan pesan bahwa saya telah layak dan bisa mengganti url akun google plus saya saat ini, jadinnya saya rubahlah url nya sesuai dengan langkah-langkah yang mas jelaskan diatas. Terima Kasih :D

  3. Kemarin sempat bisa. Karena belum yakin sama namanya jadinya ditunda.

    Eh ternyata dicoba lagi bingung linknya harus mulai darimana.

    Terimakasih informasinya Mas Bro?

    Biasanya dapat inspirasi tulisan darimana Mas Bro?

    • Ide menulis gampang mas! Saya sering jalan-jalan di internet untuk melihat-lihat blog terkenal yang selalu rajin update tiap hari terutama blog yang banyak guest bloggernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *