Home / WordPress / Cara Menonaktifkan Link Di Kotak Komentar WordPress

Cara Menonaktifkan Link Di Kotak Komentar WordPress

Cara Menonaktifkan Link Di Kotak Komentar WordPress – Dengan adanya kotak komentar di WordPress, maka admin bisa berinteraksi dengan pengunjung. Namun sayangnya, sebagian pengunjung telah memanfa’atkan kotak komentar dengan cara yang tidak baik. Seharusnya kotak komentar diisi dengan komentar-komentar yang setidaknya mempunyai korelasi dengan artikel, atau sekedar silaturahmi dan lain-lain yang masih dianggap baik. Tapi kotak komentar malah diisi dengan link yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan yang dikomentari. Isi komentar hanya spam atau membuat sampah WordPress saja. Maka jika memang WordPress kita sering dijumpai komentar seperti demikian, wajib kita nonaktifkan link di kotak komentar WordPress.

Baca Juga : Optimalkan Kinerja Loading WordPress Dengan Menghapus Post Revisi

Untuk menyeleksi setiap komentar yang masuk, kita bisa juga dengan mengaktifkan plugin akismet. Karena dengan plugin akismet maka setiap artikel yang dikomentari akan dimoderasi. Selain itu untuk melakukan moderasi komentar, kita bisa juga dengan mengatur atau mengaktifkan moderasi komentar. Artinya, setiap komentar yang masuk tidak akan otomatis muncul ketika dipublish sebelum disetujui oleh admin WordPress. Caranya dari wp-admin dashboard Anda tinggal pergi ke menu pengaturan > diskusi, lalu aktifkan atau centang pada bagian Sebuah komentar ditahan untuk moderasi. Namun kelemahannya dengan sistem moderasi ini, tentunya jika WordPress Anda sudah ramai dengan komentar, ini akan melelahkan untuk melakukan moderasinya. Langkah efektifnya sebaiknya kita nonaktifkan atau disable saja setiap komentar yang mengandung link.

Cara-Menonaktifkan-Link-Di-Kotak-Komentar-WordPress

Kenapa Link Di Kotak Komentar WordPress Harus Dinonaktifkan?

Konon katanya jika WordPress kita berstatus dofollow, maka akan merugikan kita. Dari segi SEO juga katanya ini tidak baik. Ruginya lagi jika link yang dicantumkan tersebut adalah link mati atau broken link, maka akan berakibat buruk pada WordPress kita. WordPress tidak SEO Friendly lagi, karena terlalu banyak ditemukan halaman error 404. Dan juga jika Anda seorang publisher AdSense, jika link yang dicantumkan pengunjung adalah konten yang melanggar TOS, maka Anda akan terkena imbasnya.

Jadi kesimpulannya, jika dilihat dari segi kualitasnya maka mencantumkan link aktif di kotak komentar adalah banyaknya merugikan pemilik WordPress. Namun dibalik itu masih terdapat keuntungannya juga. Diantaranya, jika link yang dicantumkan adalah link relevan artinya yang masih terdapat hubungannya dengan artikel, maka itu sah-sah saja. Tapi saya pikir dan saya memutuskan maka nonaktifkan, disable, atau matikan saja setiap link aktif yang ditulis di kotak komentar WordPress.

Lalu Bagaimana Cara Menonaktifkan Link Di Kotak Komentar WordPress?

Caranya sangat mudah, Anda tidak perlu menggunakan plugin untuk sekedar disable auto link di kotak komentar WordPress. Anda cukup mencantumkan kode sedikit saja. Kode ini saya dapatkan di www.wprecipes.com dan saya akan share lagi disini. Berikut adalah kodenya untuk menonaktifkan auto link yang terdapat di kotak komentar :

remove_filter('comment_text', 'make_clickable', 9);

Bagaimana pendek bukan kodenya? Kode tersebut Anda tempatkan di file functions.php tepatnya diatas kode penutup PHP ?>. Simpan, dan lihat hasilnya semoga sukses!

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang cara menonaktifkan link di kotak komentar WordPress dengan menggunakan kode tanpa plugin.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

17 comments

  1. padahal kolom komentar wordpres sudah bisa otomatis simpan link komentator ya mas, kalau blog dofollow itu lebih rugi lagi ya mas..

    • Iya mba, apalagi kalau link yang dicantumkan broken link atau link yang melanggar TOS Google …

  2. hmm.. jadi komentar dofollow itu berbahaya ya pak… ;)

    • Bukan komentar dofollownya yang berbahaya, tapi jenis link yang dicantumkannya mas …

  3. Iya bener apa kata teh Santika mas, kan di WP mah udah secara otomatis jadi link komentator, hal seperti nie aja baru tahu saya mah…

  4. simple kodenya
    mudah triknya

  5. wah bermamfaat nih infonya, tapi sayang saya belum berefolusi ke wordpress :)

  6. memang perlu dibatasi link keluar ya untuk kebaikan blog kita

    • Fungsi utama disable link di kotak komentar adalah untuk menghindari link OOT dengan artikel.

  7. Ternyata cara menonaktikan link di dalam kolom komentra wordpressitu cara cukup mudah dan sangat berguna untuk kesehatan blog kita ya Mas. Terimakasih atas infonya.

  8. minta kodenya aja gan bisa ga?

  9. ijin praktek ya mas.. mau saya pasang di blogg wordpres yang masih unyu … kalau di bloggspot gimana ya caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *