Home / Android / Inilah Kekurangan Serta Keunggulan Yang Disuguhkan Dari Android Lollipop

Inilah Kekurangan Serta Keunggulan Yang Disuguhkan Dari Android Lollipop

Kekurangan Keunggulan Android Lollipop – Android ini merupakan Android versi 5.x Lollipop dan merupakan salah satu versi terbaru yang dirilis pertama kalinya pada akhir tahun 2014. Lollipop sendiri memiliki dua versi, versi 5.0 yang dirilis bulan Oktober 2014 dan versi 5.1 yang dirilis pada bulan Maret 2015.

Baca Juga : Tutorial : Langkah-Langkah Upgrade Android Lollipop Ke Android Marshmallow

Android yang mempunyai versi revisi, yaitu 5.0 terdiri dari versi revisi 5.0.1 dan versi 5.0.2. untuk revisi Android 5.1 adalah versi 5.1.1 dirilis bulan April 2015.

Android Lollipop sendiri sudah digunakan hampir 12% seluruh pengguna Android dan merupakan salah satu dari 5 versi Android yang paling banyak digunakan oleh para pecinta Android. Namun dengan melihat angka tersebut, bahwa pengguna Android Lollipop lebih sedikit dibanding dengan pengguna Android Jelly Bean dan Kitkat.

Android Lollipop menawarkan beberapa fitur dan juga beberapa pembaharuan yang membuatnya menjadi lebih baik. Namun disetiap Android memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Android versi Lollipop sendiri, mempunyai kelebihan yang ditawarkannya yaitu :

1. Adanya material desain terbaru

Jika dilihat dari segi tampilannya, Android Lollipop sendiri memiliki dan menawarkan user interface yang berbeda dengan Android sebelumnya, dengan tampilan yang lebih baik dan lebih modern.

Perbekalan yang ada di Android jenis ini adalah dengan menggunakan material desain  yang sangat colorful ditambah juga dengan animasi terbaru yang membuat pengguna pengoperasian men jadi lebih menyenangkan sekaligus mengasikkan.

2. Menawarkan multi perangkat

Jika dilihat dari segi pemasangannya, Android versi Lollipop ini mempunyai rancangan all-screen dengan desain khusus yang memungkinkan Android ini mampu terpasang di berbagai perangkat, seperti pada ponsel, laptop, tablet, televisi dan pada perangkat mobil.

3. Android Lollipop menyediakan peningkatan pada setiap kinerjanya

Peningkatan kinerja disebabkan oleh fitur ART runtime yang bisa membantu memperbaiki serta meningkatkan performa aplikasi yang diinstal, dengan demikian kegiatan pengoperasian oleh pengguna menjadi lebih lancar dan juga ringan.

4. Menggunakan peningkatan navigasi yang baik

Efek gerak dan juga pencahayaan yang sangat realistis memungkinkan pengguna menjadikan lebih mudah dalam meningkatkan navigasi pada perangkat.

5. Mampu meningkatkan chrome

Kelebihan selanjutnya adalah Android ini mampu meningkatkan chrome. Android Lollipop menghadirkan berbagai macam pembaharuan tab recents dan hal tersebut memungkinkan pembagian tab chrome menjadi beberapa opsi.

6. Kelebihan selanjutnya tentang masalah baterai

Adanya peningkatan konsumsi baterai, yaitu penggunaan baterai pada Android  versi ini menjadi lebih hemat, dan dengan adanya project volta mampu membantu menghemat penggunaan baterai hingga mencapai 30%.

7. Adanya kelebihan pemberitahuan

Dengan adanya kelebihan pemberitahuan, penggunaan desain baru disetiap tampilan dan pengaturan notifikasi bisa menghadirkan kemudahan yang memungkinkan para pengguna, untuk mengatur serta melihat banyak pemberitahuan menjadi lebih mudah.

8. Multitasking, support arsitektur 64 bit dan mempunyai prosessor yang berkecepatan tinggi

Mampu meningkatkan kinerja perangkat menjadikan lebih baik terutama untuk multitaskingnya.

9. Adanya tambahan bahasa pada versi Android

Android ini mendukung 68 bahasa termasuk juga bahasa Indonesia sehingga akan lebih mudah dimengerti.

10. Adanya pilihan fungsi, pemisahan work and play

Adanya berbagai pilihan ini tentu memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk bisa mengoperasikan perangkat dalam dua fungsi yaitu fungsi work dan fungsi play.

11. Adanya peningkatan dalam pencarian kontekstual

Android versi Lollipop pencarian kontekstual yang mengadakan peningkatan dalam pencarian kontekstual pada google search dan memungkinkan pengguna untuk mampu menentukan lokasi dengan cepat dan akurat.

12. Adanya peningkatan keamanan dan privacy pengguna

Android Lollipop mengadakan peningkatan dalam hal keamanan dan juga privacy pengguna dengan enkripsi otomatis dan juga menggunakan mode SE Linux enforcing dengan memberikan perlindungan yang lebih baik dari serangan malware.

Selain kelebihan, Android Lollipop juga memiliki kekurangan. Namun pada dasarnya kelebihan yang ditawarkan oleh Android ini adalah lebih banyak daripada kekurangan yang ditawarkannya.

Kekurangan yang dimiliki oleh Android versi ini adalah adanya permasalahan yang menjangkit pada koneksi Wi-Fi yang menjadikannya cukup boros konsumsi baterai. Dengan demikian, meskipun sudah menghadirkan project volta, namun penggunaan yang terhubung ke wi-Fi masih terbilang cukup boros.

Android Lollipop menggunakan fitur ART Runtime (konsep Ahead-of-Time) membuat kinerja aplikasi menjadi lebih mumpuni. Dengan demikian sering kali mengakibatkan proses instalasi aplikasi menjadi cenderung lebih lambat. Lambatnya aplikasi bisa memakan kapasitas memori yang cukup besar sehingga akan menurunkan sedikit dalam hal penggunaan memori.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *