Home / EPS-Topik Korea / Korea Lebih Memilih Indonesia Untuk Mendirikan Perusahaannya

Korea Lebih Memilih Indonesia Untuk Mendirikan Perusahaannya

Korea Lebih Memilih Indonesia Untuk Mendirikan Perusahaannya – Korea Selatan dikenal sebagai negara industri yang sangat pesat perkembangan kemajuannya. Itu ditandai dengan membukanya program Employment Permit System (EPS) Topik. EPS-Topik ini adalah sistem perlindungan atau undang-undang HRD-Korea yang diberikan terhadap tenaga kerja asing di Korea Selatan. Banyak negara yang menjadi anggota EPS-Topik ini termasuk negara Indonesia. Melalui program EPS-Topik tenaga kerja asing tidak takut dengan bentuk penipuan atau tindakan kekerasan majikan terhadap karyawannya. Karena dengan adanya sistem perlindungan ini, tenaga kerja asing akan ditangani serta disamaratakan dengan tenaga kerja pribumi (penduduk asli Korea Selatan) jika menemui masalah kerjanya.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Korea Selatan

Kenapa Korea Lebih Memilih Indonesia Untuk Mendirikan Pabrik Korea?

Untuk memperluas jaringan perusahaannya selain menampung tenaga kerja asing cukup besar setiap tahunnya, Korea Selatan banyak mendirikan perusahaan di luar negeri. Salah satu contohnya banyak berdiri perusahaan Korea Selatan di negara Indonesia. Pasalnya tanah-tanah di Indonesia harganya sangat murah untuk dibeli dengan kurs mata uang Korea Selatan (Won). Dan konon kabarnya tanah di negara Korea Selatan sendiri tidak dibebaskan untuk diperjualbelikan. Belum lagi jika Korea Selatan mendirikan perusahaan di Indonesia, bisa mempekerjakan penduduk asli Indonesia yang dibayar sangat murah.

Korea-Lebih-Memilih-Indonesia-Untuk-Mendirikan-Perusahaannya

Korea Selatan memberi gaji karyawan Indonesia yang bekerja di perusahaan Korea yang berada di Indonesia mengikuti UMR negara Indonesia. Dengan begitu jika rakyat Indonesia bekerja di perusahaan Korea yang berada di Indonesia diberi gaji 1,5 juta rupiah maka sebenarnya Korea Selatan hanya memberi gaji 150 ribu Won. Dengan begitu bukankah pihak Korea Selatan akan diuntungkan.

Namun walaupun begitu bukan berarti pihak Korea Selatan yang salah karena telah memberikan gaji yang sangat kecil jika dihitung menurut kurs mata uang Won. Dalam hal ini tidak ada yang salah dan tidak ada yang dirugikan. Hanya mungkin kenapa nilai mata uang Indonesia (Rupiah) begitu kecil dibanding dengan mata uang Korea Selatan? Apalagi jika dibanding dengan nilai mata uang US Dollar atau bahkan sangat jauh sekali jika dibanding dengan nilai mata uang Euro.

Baca Juga : Cara Mengetahui Lokasi Pabrik Korea Dengan SLC

Intinya semoga negara tercinta ini, Indonesia dari tahun ke tahun kedepan mampu menstabilkan sistem perekonomiannya dengan negara-negara lebih maju. Dengan begitu nilai mata uang Rupiah bisa berangsur baik dan berharga dimata uang dunia. Jika ekonomi di Indonesia sudah stabil maka mungkin saya kira tidak akan ada lagi rakyat Indonesia yang menjadi kuli pabrik atau sejenisnya di luar negeri demi untuk menghidupi keluarganya.

Indonesia yang subur Indonesia yang kaya raya Sumber Daya Alamnya, kapan bisa bersaing sehat dengan ekonomi negara gersang seperti Jepang atau negara kecil seperti Korea Selatan?

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. Kemarena saya baca artikel orang luar negri dia mengatakan sperti ini juga. Tapi bukan berarti saya meanggap artikel infomnearik copas… Hanya saja sedikit sama dengan judul orang luar negri… Keren kok cara penulisannya juga cara menyusun kata-kata… Terima kasih udah membagikan artikel ini semoga blog infomenarik selalu rame…

    • Wah yang bener mas? Jujur tulisan ini muncul seketika idenya tadi siang dan langsung saya tulis. Saya paling membenci pelaku plagiat artikel, dan kalau boleh saya tahu link artikel yg mas maksud (luar negeri) apa ya?

  2. Selama koruptor masih dibiarkan dan dilindungi pemerintah di indonesia negara kita tdk akan pernah bisa maju dan makmur seperti korea sekatan

  3. Sampai kiamat cara apapun di lakukan oleh pemerintah klo para koruptor masih dibiarkan hidup dan dilindungi pemerintah jgn mimpi mau jd negara maju dan makmur seperti korea selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *