Home / Teknologi / Bisa Tidak Mencabut Flashdisk Tanpa Harus Safely Remove Hardware? Ini Triknya!

Bisa Tidak Mencabut Flashdisk Tanpa Harus Safely Remove Hardware? Ini Triknya!

Mencabut Flashdisk Tanpa Safely Remove Hardware – Pentingkah melakukan Safely Remove Hardware ketika ingin mencabut Flashdisk dari USB komputer atau laptop? Pertanyaan ini sering kita perdebatkan karena sebagian paham mengatakan wajib, namun ada juga yang bilang tidak perlu! Lalu yang menjadi pertanyaan kita sekarang adalah sebenarnya jawaban mana yang benar, wajib atau tidak? Berbahaya atau tidak jika melepas Flashdisk dari USB tanpa Safely Remove Hardware? Apa dampak yang akan terjadi jika kita tidak melakukannya, Flashdisk cepat rusak atau bagaimana? Dan mungkin tidak hanya Flashdisk saja yang berselisih paham antara harus Safely Remove Hardware dan tidak, Hardisk Eksternal-pun demikian.

Baca Juga :Cara Mudah Dan Cepat Membuat Hiren’s Boot CD Menggunakan Flashdisk

Penting atau tidaknya melakukan Safely Remove Hardware ketika mencabut Flashdisk atau Hardisk Eksternal dari USB komputer dan laptop, mari kita simak dulu apa fungsi dan pengertian Safely Remove Hardware itu sendiri. Kenapa harus ada Safely Remove Hardware dan kapan paham ini berawal?

Mencabut Flashdisk Tanpa Safely Remove Hardware (1)

Anda semua tahu bukan apa itu CD-Rom, CD-RW, DVD-Rom, DVD-Ram, dan DVD-RW? Coba Anda perhatikan apakah perangkat keras tersebut (hardware) dilengkapi dengan fitur Eject atau tidak? Ya jelas jawabannya pasti ada. Untuk apakah tombol Eject yang kita temukan di CD-Rom, CD-RW, dan sebagainya? Tentu saja tombol Eject ini salahsatu fungsinya adalah untuk membuka CD-Rom ketika kita ingin memasukkan CD/DVD dan juga mengeluarkannya.

Sekarang pertanyaannya kenapa ketika kita menekan tombol Eject tersebut yang hendak mengeluarkan kepingan CD/DVD didalamnya namun tidak serta merta langsung keluar? Hal ini karena CD-Rom akan memberikan sinyal dulu kepada sistem bahwa kepingan CD/DVD akan dikeluarkan yang selanjutnya CD-Rom akan memblok sistem untuk berhenti. Jika semuanya sudah siap maka akan terbukalah CD-Rom dan kepingan CD/DVD siap untuk diambil. Inilah alasan kenapa ketika tombol Eject ditekan tidak langsung keluar, karena ada proses penghentian dulu agar data yang ada didalam kepingan CD/DVD bisa terjaga kualitasnya atau tidak cepat rusak.

Lalu Apa Hubungannya Mencabut Flashdisk Safely Remove Hardware Dengan Eject CD/DVD-Rom/RAM/RW?

Hubungannya sangat dekat sekali, karena fungsi Safely Remove Hardware ini adalah sebagai pengganti Eject seperti di CD-Rom dan sebagainya. Safely Remove Hardware adalah berguna untuk menghentikan terlebih dahulu proses bekerja Flashdisk atau Hardisk Eksternal ketika dicolokkan ke USB. Dan lagi Safely Remove Hardware bisa kita gunakan untuk mengontrol apakah Flashdisk sedang bekerja atau tidak? Karena jika Flashdisk sedang bekerja, misal memutar video, lagu, copy data maka kita tidak bisa melakukan Safely Remove Hardware (menolak).

Melihat keterangan diatas berarti Safely Remove Hardware ini bisa termasuk perawatan juga agar Flashdisk tidak cepat rusak. Atau lebih tepatnya lagi agar data didalam Flashdisk tidak cepat corrupt.

Safely Remove Hardware sama dengan fungsi Eject pada CD-Rom yaitu perintah untuk berhenti bekerja pada sistem ketika kita ingin mencabutnya. Anda bisa bayangkan jika perangkat keras sedang bekerja lalu kita hentikan secara tiba-tiba, yaitu mencabutnya tanpa Eject atau Safely Remove Hardware dulu. Tentunya akan berakibat buruk terhadap kesehatan Flashdisk atau Hardisk Eksternal.

Seperti kejadian sering mati lampu mendadak maka Hardisk komputer akan cepat rusak atau bad sector. Kenapa? Ya itu dia komputer tidak dimatikan dengan cara yang benar atau ketika semua perangkat sedang bekerja seperti Hardisk namun dihentikan secara tiba-tiba.

Apakah Bisa Kalau Mencabut Flashdisk Tanpa Harus Safely Remove Hardware?

Jawabannya tentu saja bisa? Ko aneh, tadi katanya harus Safely Remove Hardware tapi sekarang tidak masalah? Ada triknya agar kita tidak meski Safely Remove Hardware ketika mencabut Flashdisk dan juga Hardisk Eksternal. Caranya adalah sebagai berikut :

Silakan Anda colokkan Flashdisk atau Hardisk Eksternal ke USB komputer atau laptop. Kemudian Anda buka Device Manager dari Logo Start > Search > Device Manager > Enter. Atau bisa juga dari klik kanan My Computer > Properties > Device Manager.

Sekarang Anda klik pilih Disk drivers untuk membuka driver-driver eksternal yang tersambung dengan komputer atau laptop. Contoh disini saya menggunakan Flashdisk Toshiba, lihat gambar!

Mencabut Flashdisk Tanpa Safely Remove Hardware (2)

Anda klik ganda (double klik) Disk drivers Flashdisk tersebut kemudian klik pilih tab Policies. Meskinya disini Anda harus memilih mode Quick removal (default) jika nanti kedepannya setiap mencabut Flashdisk tidak mau Safely Remove Hardware dulu.

Mencabut Flashdisk Tanpa Safely Remove Hardware (3)

Dengan melakukan cara diatas maka Windows nantinya tidak akan membuat cache dari Flashdisk atau media eksternal apapun didalam komputer atau laptop. Anda bisa mencabut Flashdisk langsung begitu Flashdisk selesai digunakan.

Walaupun demikian tetap saja pada sebagian kasus Anda harus tetap melakukan Safely Remove Hardware. Pada saat apakah harus melakukannya? Ya tentu saja ketika Flashdisk atau media eksternal lainnya sedang digunakan. Jika sudah yakin kalau Flashdisk sedang tidak bekerja, maka tidak menjadi masalah tanpa menggunakan Safely Remove Hardware dulu juga.

Ok mungkin hanya itu saja alasan kenapa Mencabut Flashdisk Harus Safely Remove Hardware dan juga ada yang beranggapan tidak perlu. Intinya semua itu tergantung situasi dan kondisi Flashdisk. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi diartikel keren lainnya. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. min, saat menghubungkan ponsel android lewat kabel usb ke laptop saya langsung maen cabut saja, karena tombol Eject nya ngga ada. apakah memang seperti itu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *