Home / Pendidikan / Penerbitan WEB Madrasah KKMI Jawa Barat

Penerbitan WEB Madrasah KKMI Jawa Barat

Penerbitan WEB Madrasah KKMI Jawa Barat – Ini adalah untuk mengawali tulisan tentang pendidikan khususnya pendidikan di Madrasah. Sesuai dengan pekerjaan sehari-hari saya untuk memberi nafkah keluarga, saya bekerja di Madrasah. Maka rasanya kurang lengkap jika isi artikel web ini tidak ada tulisan tentang Madrasahnya.

Baca Juga : Cara Pengisian Penilaian Kinerja Guru Di Padamu Negeri

Saya bekerja di Sekolah dibawah naungan Kementerian Agama. Tepatnya saya membaktikan diri disebuah sekolah bercirikhas Pendidikan Agama Islam atau Madrasah. Di Madrasah saya bekerja sebagai Operator dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Sudah lama juga saya mengabdi di Madrasah, dari tahun 2001 sampai dengan sekarang.

Kaitannya dengan pekerjaan saya sehari-hari di Madrasah, aktifitas hari ini saya disibukkan dengan mengisi konten WEB Madrasah. Sebetulnya Madrasah tempat saya bekerja sudah lama mempunyai website. Namun web ini adalah WEB Madrasah KKMI Jawa Barat.

Untuk wilayah KKMI Jawa Barat setiap Madrasah dibawah naungannya diwajibkan untuk mengelola website. Web tersebut adalah subdomain dari web KKMI Jawa Barat. Diharapkan dengan maksud diterbitkannya subdomain WEB Madrasah, kedepannya jika KKMI Jawa Barat membutuhkan data Madrasah bisa didapat dengan mudah. Karena semua data Madrasah seperti, profil Madrasah, data siswa, data PTK, dan lain-lain sudah tersedia di WEB Madrasah.

WEB Madrasah KKMI Jawa Barat 1

KKMI Jawa Barat menghimbau agar Madrasah senantiasa selalu mengupdate data di WEB Madrasah. Dan juga setiap Madrasah agar mengisi data yang benar-benar akurat jangan asjad (asal jadi).

Cara Login Di WEB Madrasah KKMI Jawa Barat

Untuk login di WEB Madrasah subdomain KKMI Jawa Barat adalah dengan mengakses URL nomornpsnmadrasah.kkmi-jabar.net. Nomor NPSN Madrasah terdiri dari 8 angka. Setelah halaman beranda tampil, klik LOGIN yang berada di sudut kanan atas.

WEB Madrasah KKMI Jawa Barat 2

Sekarang isi kolom Username dengan NPSN Madrasah masing-masing. Dan untuk Password, jika ini adalah yang pertama kalinya membuka halaman WEB Madrasah maka isi dengan Password standar 12345. Selanjutnya Password tersebut bisa dirubah jika telah sukses Login.

WEB Madrasah KKMI Jawa Barat 3

Hal penting yang harus diisi pertama adalah Data Siswa dan Data PTK. Untuk memudahkan dalam pengisian Data Siswa dan Data PTK, bisa menggunakan data EMIS Pendis format Excel.

Untuk melakukan Import data dari Data EMIS Pendis, Anda harus download Aplikasi Offline. Nantinya dari Aplikasi Offline akan dihasilkan file DBF. Yang selanjutnya file DBF tersebut bisa diupload ke WEB Madrasah.

Dimana harus mendapatkan Aplikasi Offline ? Itu bisa Anda dapatkan di Halaman Dashboard WEB Madrasah jika Anda sudah berhasil Login. Dari halaman Dashboard, klik menu Sistem > File Manager > Aplikasi Offline.

Didalam folder Aplikasi Offline, terdapat dua file. Yaitu file PDF (Manual Book Aplikasi Offline KKMI) berisi petunjuk manual cara pengisian data di WEB Madrasah. Dan satu lagi adalah file KKMI format RAR. Nah Aplikasi Offlinenya ada didalam file RAR tersebut. Silahkan didownload dulu kedua-duanya, dan ikuti semua petunjuk yang terdapat di Manual Book.

WEB Madrasah KKMI Jawa Barat 4

Jika semua Data Siswa dan Data PTK sudah sukses di import dari data EMIS Pendis, selanjutnya tinggal melengkapi semua konten yang ada di Dashboard WEB Madrasah. Dan ini semua membutuhkan waktu beberapa hari untuk melengkapi semuanya.

Mungkin untuk sementara hanya itu saja tulisan tentang WEB Madrasah KKMI Jawa Barat ini. Insya Allah pada tulisan selanjutnya saya akan berbagi lagi cara-cara lain yang hubungannya dengan WEB Madrasah.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

23 comments

  1. ngambil pertamax dulu mas

  2. baru tau nih ternyata mas admin bekerja di operator Madrasah bagian TIK toh.pantesan pinter ngelola script.

    artikel ini tentunya akan sangat dibutuhkan oleh para pelaku yang berkecimpung di Madrasah agar kedepannya lebih maju lagi yamas.

    • Iya mas untuk meningkatkan kualitas Madrasah maka sekarang di KKMI Jawa Barat sedang dilakukan perbaikan-perbaikan.

  3. loh saya barusan komen 2 kali koq sekarang ngilang sih mas?

  4. Wah, keren mas, senang bisa berkenalan langsung dengan salah saorang yang memiliki aktifitas sebagai operator Madrasah dibagian TIK, semoga sukses ya kang.

  5. jadi memberi kemudahan ya Mas dgn adanya subweb ini.. pencarian data siswa nda perlu buka tumpukan2 buku tentunya ya Mas?

    yg penting koment inih nda ASJAD..:)

    • Betul sekali mas. Manfa’atkan ilmu teknologi disetiap elemen pendidikan dan jangan ASJAD. :D

  6. inih diperuntukkan buat guru2 saja ya Mas?,
    iniih baru… madrasah lebih profesional.., apalagi yg handle operator yg handal :)

  7. Simbale | Download Software Gratis

    thx sob infonya

  8. aslmualikum mas. ko aplikasi kkmi saya tidak bisa mengimpor data dari excel ya? mohon panduan nya

    • Wa’alaikumsalam … Bukankah di Database WEB Madrasah sudah ada panduan lengkapnya mas? Gimana sekarang sudah bisa atau belum? Jika belum nanti saya akan coba tulis artikelnya.

  9. Bagus nih, ini bikinan mas adminnya? keren.

  10. website sekolahnya bagus mas tadi sempat jalan2 hehehe di tunggu artikel selanjutnya,sukses selalu :)
    salam kenal mas.

  11. saya seorang ops belum bisa login pada web madrasah,padahal sudah pakai NPSN dan 12345 untuk password,

    • Itu password standarnya sudah ada yang merubah mas, coba hubungi operator kemenag untuk solusinya. Agar melakukan reset password.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *