Home / Kesehatan / 15 Penyebab Kaki Dingin Yang Harus Kamu Tahu, Penting Untuk Kesehatan!

15 Penyebab Kaki Dingin Yang Harus Kamu Tahu, Penting Untuk Kesehatan!

Kondisi kaki yang dingin seringkali dialami oleh berbagai kalangan, baik tua ataupun muda. Pada dasarnya, kondisi kaki dingin tidaklah berbahaya. Namun, jika kondisi tersebut sering dialami tanpa adanya pemicu yang jelas, maka sebaiknya lebih hati-hati dengan gangguan kesehatan yang mungkin menjadi penyebabnya. Kaki dingin dapat menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, setiap orang hendaknya lebih waspada terhadap penyebab kaki dingin. Sehingga segala gangguan kesehatan dapat dihindari sedini mungkin.

Baca Juga : Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Tua Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

15 Penyebab Kaki Dingin Yang Harus Kamu Tahu

Penyebab paling umum dari kaki dingin adalah karena sirkulasi darah yang tidak optimal. Hal tersebut yang menyebabkan darah hangat tidak lancar untuk mengalir ke kaki. Selain itu, gangguan kerja jantung dan gaya hidup yang buruk juga bisa menjadi penyebab kaki dingin. Berikut ini adalah penyebab kaki dingin yang perlu diketahui oleh semua orang.

1. Perubahan suhu udara

Suhu udara yang dingin juga menjadi salah satu penyebab kaki dingin. Hal ini terjadi karena perubahan suhu udara yang dingin dapat mempengaruhi kondisi pembuluh darah pada kaki dan menyebabkan radang dingin, sehingga kaki menjadi terasa dingin. Selain itu saat udara dingin, reseptor sensorik yang ada di permukaan kulit akan memberi pesan pada jaringan otak untuk mengecilkan pembuluh darah, sehingga kaki akan berubah menjadi dingin.

2. Diabetes

Penyakit diabetes dapat memicu rusaknya jaringan saraf kaki. Hal ini akan menyebabkan pasokan darah yang mengandung oksigen menjadi mengerut dan terhambat, sehingga akibatnya kaki akan terasa dingin.

3. Rendahnya zat besi

Minimnya jumlah zat besi pada tubuh juga dapat menyebabkan kaki dingin. Hal ini dikarenakan produksi trombosit yang menurun, sehingga menyebabkan tubuh lemas dan memicu kaki menjadi dingin.

4. Alergi

Seseorang yang memiliki alergi dingin, maka pembuluh darahnya akan mudah mengerut dan menyempit. Secara bertahap, hal ini akan mengganggu aliran darah. Kondisi inilah yang menyebabkan kaki menjadi dingin.

5. Gangguan hormon estrogen

Pada kaum wanita, kaki dingin juga bisa disebabkan karena adanya gangguan hormon estrogen. Gangguan hormon dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah yang masuk ke kaki, sehingga menyebabkan kaki menjadi dingin.

6. Kekurangan vitamin B12

Minimnya jumlah vitamin B12 dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan jumlah sel darah merah berkurang. Kondisi ini mengakibatkan aliran pembuluh darah menjadi terhambat dan pada akhirnya menyebabkan kaki menjadi dingin.

7. Penyakit lupus

Lupus merupakan jenis penyakit yang menyerang imun. Apabila tidak segera diobati, penyakit ini dapat menghambat dan merusak pembuluh darah sekitar kaki, sehingga menyebabkan kaki selalu terasa dingin.

8. Sirkulasi darah tidak lancar

Sirkulasi darah yang tidak lancar juga dapat menyebabkan kaki dingin. Hal ini biasanya terjadi karena gaya hidup seseorang yang kurang olah raga.

9. Anemia

Penyakit anemia yang sudah berada dalam taraf akut bisa menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini merupakan salah satu yang menyebabkan kaki dingin.

10. Kebiasaan merokok

Buerger’s disease adalah penyakit yang berhubungan dengan penyempitan pembuluh darah pada area kaki yang menyebabkan kondisi kaki menjadi selalu dingin. Penyakit ini sering muncul pada orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok secara berlebihan.

11. Obat tekanan darah tinggi

Apabila dikonsumsi secara berlebihan, obat ini dapat menyebabkan peredaran darah menjadi lambat. Akibatnya, perendaran darah tidak lancar dan kaki menjadi dingin.

12. Penyakit Jantung

Seseorang yang memiliki penyakit jantung tidak disarankan untuk bekerja terlalu berat. Karena apabila kelelahan, aliran darahnya mudah tersumbat dan menyebabkan kaki menjadi dingin.

13. Infeksi virus

Hal ini biasa terjadi pada seseorang yangmemiliki luka dan peradangan pada kaki dan telah mengalami infeksi karena serangan virus. Keadaan tersebut dapat mengganggu pembuluh darah kaki dan mengakibatkan kaki terasa dingin.

14. Aktifitas yang relatif statis

Seseorang yang jarang bergerak aktif akan menyebabkan peredaran darahnya tidak lancar. Sehingga menyebabkan kaki menjadi pegal dan dingin. Hal ini seringkali terjadi pada pekerja kantoran yang lebih lama menghabiskan waktunya di depan komputer.

15. Dehidrasi berat

Minimnya jumlah cairan pada tubuh juga mengakibatkan peredaran tidak lancar, sehingga akhirnya memicu kaki menjadi dingin.

Baca Juga : 5 Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Yang Wajib Diketahui Terutama Ibu Hamil

Menjaga kesehatan adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang., termasuk memperhatikan penyebab kaki menjadi dingin. Karena kesehatan adalah investasi utama dari setiap manusia.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *