Home / Photoshop / Cara Desain Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop

Cara Desain Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop

Cara Desain Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop – Sepertinya dalam hal desain photo, program Photoshop ini tidak akan pernah habis-habisnya. Tergantung pengguna dalam mengembangkan kreatifnya untuk mengolah berbagai macam pilihan tool-tool Photoshop. Dan memang Software Photoshop dibuat khusus untuk mengolah gambar biasa menjadi gambar luar biasa. Photoshop ini merupakan program pengolah gambar yang paling banyak diminati dan digunakan oleh para desain grafis.

Baca Juga : Cara Menggunakan Actions Photoshop Untuk Edit Photo

Kembali kepermasalahan Cara Desain Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop. Berikut contoh hasil desain photo yang sudah diberi efek retak menggunakan program Photoshop :

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 1

Jika Anda tertarik dan ingin mencobanya membuat manifulasi photo diberi efek texture retak seperti contoh diatas, pertama Anda unduh dulu bahan-bahannya :

Setelah semua bahan untuk membuat photo dengan efek retak lengkap, lalu buka program Photoshop yang sudah diinstall di komputer atau laptop Anda.

Klik File > Open atau Ctrl+O pada keyboard. Silakan buka file hasil download Background Texture dan Photo Artis Korea. Setelah dua gambar dibuka, drag atau pindahkan gambar Background Texture ke gambar Artis Korea dengan menggunakan Move Tool. Untuk mengaktifkan Move Tool, Anda bisa juga dengan menekan huruf V pada keyboard.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 2

Berikut hasilnya gambar Background Texture yang sudah di drag ke gambar Artis Korea menggunakan Move Tool.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 3

Posisi layer 1 (Background Texture) aktif atau terpilih, rubah nilai Opacity gambar Background Texture menjadi 20%. Maka hasilnya gambar Background Texture menjadi transafaran, geser ke posisi center gambar Background Texture menggunakan Move Tool.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 4

Silahkan Anda sesuaikan ukuran serta posisi gambar Background Texture menggunakan Move Tool. Sehingga gambar Background Texture terlihat nyata dan efek retaknya mengenai pada wajah photo Artis Korea.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 5

Setelah Anda menyesuaikan gambar Background Texture, sekarang rubah lagi nilai Opacity Background Texture menjadi 100%. Dan ingat, Layer 1 harus aktif atau terpilih.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 6

Langkah selanjutnya, rubah tipe Blending Mode yang semula Normal menjadi Darker Color.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 7

Aktifkan Tool Eraser Tool pada Toolbox untuk membersihkan bagian-bagian yang tidak diperlukan pada Background Texture. Untuk mengaktifkan Tool Eraser Tool, Anda bisa juga dengan menekan huruf E pada keyboard.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 8

Setting atau sesuaikan diameter Eraser Tool, contoh saya memberi Diameter 35 px.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 9

Setting Limits menjadi Contiguous dan nilai Tolerance menjadi 80%.

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 10

Setelah Anda mengaktifkan Eraser Tool, maka kursor akan berubah menjadi Lingkaran. Sekarang hapus bagian-bagian yang tidak diperlukan, dengan cara menggosok-gosokkan pada area gambar Background Texture (Layer 1 masih aktif).

Photo Dengan Efek Retak Di Photoshop 11

Selesai sudah manifulasi photo dengan diberi efek retak pada bagian wajahnya. Simpan hasil karya Anda dengan cara klik File > Save atau Ctrl+S pada keyboard. Jika Anda ingin menambah manifulasi photo dengan diberi warna pada matanya, Anda bisa lihat tulisan saya tentang Trik Cepat Cara Mewarnai Mata Dengan Photoshop atau rambutnya diberi warna lain, ini tutorialnya Cara Cepat Mewarnai Rambut Dengan Photoshop.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan gambar Texture lainnya, silakan search di Google dengan kata kunci “texture efek retak”. Atau bisa menggunakan gambar texture efek retak koleksi saya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

31 comments

  1. wihh keren (y) dicoba dulu gan tutorialnya :D

  2. Fotonya malah jadi serem gitu, kayaknya tuh gambar, cewek yang pernah duputusin yah.

  3. wah dengan cara ini jadi bisa bikin gambar hantu yamas.
    izin mencobanya ya

  4. Mantabh mas tipsnya

  5. Jadi serem gitu fotonya. Padahal udah cantik, hehe.
    Gampang diikuti kayaknya. Coba ah..

  6. WAH C MAMANG MAH, WANITA CANTIK GITUH DIBIKIN RETAK-RETAK..SUNGGUH TERLALU DEH EFEK PHOTOSHOP NYA.

  7. Liat hasil editannya nyaris sempurna ya mas
    Jd pingin juga tester tutorialnya :)

  8. menarik dan kreatif…ane numpang nyedot ilmu photoshopnya ya mas. terima kasih

  9. wah.. keren nih, sayangnya nggak punya photoshop…

  10. Wah…… ingin sekali belajar photoshop tetapi karena sarana yang tidak ada jadi cuman bisa nyimak gan, tetapi kalau photoshop mobile saya sudah lumayan ahli gan walaupun tidak seahli orang lain…(jadi curhat deh)

  11. Kok yang dijadiin praktek bukan fotonya sendiri yah?? Itu ceweknya buat saya saja mas

  12. Mas, rekomendasi photoshop berapa tuh?

  13. Boleh juga nih di praktekan, tapi kok saya download photo texture retaknya berbentuk exe ya? jadi diblokir sama antivirus saya..(avg)

    • Mungkin link downloadnya salah mas. File yang saya share di SolidFiles, dan memang disitu banyak sekali tampilan download. Dan jangan sampai salah mana yang harus didownload.

  14. canggih betul nih editan. luar biasa sekali. jadi nambah ilmu nih.

  15. Dimana tuh link download bacround nya? asa gak ada

  16. Iya mas bisa melampiaskan dengan meretakkan photo hihihi ok salam kenal juga dan terimakasih sudah mau berkunjung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *