Home / Pendidikan / Layanan SIMPATIKA Online Kemenag Terbaru Semester Genap Tahun 2016

Layanan SIMPATIKA Online Kemenag Terbaru Semester Genap Tahun 2016

Layanan SIMPATIKA Online Kemenag Terbaru – Saat ini tugas dan pekerjaaan Sekolah/Madrasah setiap bulannya terus berkembang.  Munculnya berbagai macam aplikasi yang akhirnya tak jarang Sekolah/Madrasah merasa terbebani. Terlebih dengan hadirnya beragam aplikasi berbasis online. Banyak Guru Sekolah/Madrasah merasa tidak siap untuk mengoperasikan komputer apalagi aplikasi layanan melalui website. Salah satu aplikasi layanan online yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) adalah SIMPATIKA.

Baca Juga : Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru

SIM PTK yang kemudian menjadi SIMPATIKA adalah aplikasi berbasis online yang merupakan lanjutan dari Program Padamu Negeri. Seperti yang sudah kita tahu bahwa aplikasi Padamu Negeri didirikan oleh Kemendikbud sejak tanggal 20 Mei 2013 sampai dengan bulan Juni 2015. Kemudian sejak tanggal 17 Agustus 2015 Program Padamu Negeri berubah menjadi SIM PTK atau SIMPATIKA. Karena pengembangan aplikasi ini selanjutnya dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag) bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.

Layanan SIMPATIKA Online Kemenag Terbaru Semester Genap Tahun 2016

Hilangnya aplikasi layanan Padamu Negeri bagi Sekolah naungan Kemendiknas, kemudian dirubah dengan sistem layanan satu data DAPODIK. Berbeda dengan Madrasah naungan Kemenag, selain pengolahan data di SIMPATIKA dan juga Madrasah mempunyai tagihan tetap setiap semester yaitu EMIS Pendis.

Baca Juga : Cara Daftar PTK Baru Di Simpatika Untuk Mendapatkan PegID

Melalui aplikasi layanan SIMPATIKA, semua kepentingan PTK Kemenag dikelola dalam program SIM PTK Online, seperti : Sertifikasi PTK, Diklat PTK, Digitalisasi Portofolio PTK, dan masih banyak lagi.

Untuk proses transaksi data PTK Madrasah di aplikasi layanan SIMPATIKA Online Kemenag akan dilakukan dengan melibatkan secara berjenjang. Hal ini dimulai dari individu PTK, Kepala Madrasah, Kemenag Kab/Kota, Kemenag Provinsi (Kanwil), hingga Unit Kerja Kemenag Pusat.

Program Terbaru Layanan SIMPATIKA Online Kemenag Semester Genap Tahun 2016

Dengan berakhirnya Semester Ganjil yang ditutup pada tanggal 31 Desember 2015 lalu, layanan SIMPATIKA menjelang Semester Genap Tahun 2016 terdapat beberapa program terbaru. Selama bulan Januari 2016 ini adalah masa persiapan SIMPATIKA Online Kemenag untuk periode Semester Genap. Direncanakan periode Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 akan dimulai tanggal 01 Februari 2016 sampai dengan tanggal 30 Juni 2016.

Berkenaan dengan hal tersebut diatas, maka untuk mengimplementasikan Program-Program Terbaru SIMPATIKA yang akan dimulai tanggal 01 Februari 2016 nanti, perlu sekali kita tahu apa saja program tersebut.

Berikut program terbaru SIMPATIKA Online Kemenag Semester Genap Tahun 2016 :

  1. Setiap PTK Madrasah naungan Kemenag harus mencetak SKMT dan SKBK Online (basis Isian Jadwal Mengajar);
  2. Verifikasi dan Validasi NRG lanjutan;
  3. Verifikasi dan Validasi Inpassing;
  4. Registrasi Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk Periode 2016;
  5. Akan diadakan seleksi Sertifikasi Guru Madrasah untuk Periode 2016;
  6. Penerbitan NPK (Nomor Pendidik Kemenag);
  7. Pemetaan Kebutuhan Guru yang diotomasi dari perhitungan kelebihan atau kekurangan Guru Mata Pelajaran basis Isian Jadwal Mengajar.

Admin SIMPATIKA Online Kemenag Pusat mengharapkan agar seluruh PTK Kemenag demi memperlancar program-program tersebut harus mempersiapkan dokumen-dokumen terkait sesuai dengan program. Artinya semua berkas dokumen persyaratan untuk ajuan dari setiap program terbaru tersebut agar dipersiapkan oleh PTK dari sekarang.

Mungkin untuk sementara informasi Program SIMPATIKA Online Kemenag Terbaru Tahun 2016 dicukupkan sekian dulu. Nanti jika saya sudah mendapat informasi mengenai SIMPATIKA, maka akan saya share kembali disini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *