Home / Android / 7 Tips Penting Untuk Pengguna Smartphone Android Wajib Anda Ketahui

7 Tips Penting Untuk Pengguna Smartphone Android Wajib Anda Ketahui

Tips Penting Untuk Pengguna Android – Sejak kemunculannya, Android telah berhasil menjadi platform gadget yang sangat popular. Ini bisa dilihat dari banyaknya smartphone atau tablet yang dijual dipasaran, entah apapun itu merknya mulai merk ternama hingga merk-merk China hampir semua menggunakan OS Android. Mungkin Anda juga salah satu pengguna smartphone yang berbasis Android. Nah kali ini kita akan membahas mengenai tips penting pengguna Android yang tentunya akan membantu Anda dalam menggunakan smartphone berbasis Android.

Baca Juga : HP Android Anda Lemot Kinerjanya? Inilah 10 Cara Mengatasi Android Lemot

Tips Penting Untuk Pengguna Android

1. Manfaatkan kebebasan modifikasi

Smartphone yang berbasis Android sudah dilengkapi dengan kebebasan modifikasi, jadi Anda bisa menaruh berbagai widget di lockscreen atau homecreen Anda. Dengan cara ini maka ada bisa melihat informasi atau pemberitahuan tanpa membuka aplikasi. Misalnya adalah menempatkan aplikasi twitter, e-mail, kabar cuaca dan lain sebagainya. Tips penting pengguna Android tentu sangat membantu Anda dalam mengoperasikan gadget Anda, pastikan Anda mengatur sesuai kebiasaan dan kebutuhan.

2. Rawat smartphone seperti PC

Tips penting pengguna Android ini membantu smartphone Anda agar tidak melemah sistem kerjanya. Sama seperti PC, gadget juga memiliki RAM yang terbatas. Jika Anda tidak pandai memilah aplikasi atau file lainnya maka RAM akan penuh.

Jika sudah seperti ini maka gadget akan melambat, jadi apapun aktifitas yang Anda lakukan pada gadgrt, maka prosesnya sangat lama alias lemot. Tentu ini jadi hal yang sangat menjengkelkan.

3. Letakkan alamat di lockscreen

Seringkali kita kelupaan meletakkan ponsel dimana-mana atau bisa juga secara tidak sengaja terjatuh di suatu tempat tanpa disadari. Ketika ponsel tersebut ditemukan dan dalam keadaan terkunci tentu akan susah jika ingin menghubungi pemiliknya untuk mengembalikan. Tips penting pengguna Android akan membantu memudahkan orang yang menemukan ponsel Anda untuk bisa mengembalikan pada Anda atau sekedar memberi tahunya. Caranya adalah dengan memasukkan alamat atau nomer telepon di lockscreen. Masuklah pada menu setting lalu security lalu screen security dan terakhir di owner info.

4. Selalu bawa powerbank atau baterai cadangan

Beberapa orang menggunakan smartphonenya dengan sangat intensif sehingga baterai cepat sekali habis. Untuk memastikan ponsel tidak mati sebelum sampai dirumah, maka Anda bisa membawa baterai cadangan atau power bank dimanapun Anda berada. Tips penting pengguna Android ini sangat menyelamatkan Anda saat berada disebuah perjalanan atau acara yang cukup lama.

5. Nyalakan enksripsi untuk melindungi data

Tips penting pengguna Android ini sebenarnya tidak perlu dilakukan jika Anda tidak benar-benar takut akan keamanan file Anda yang mungkin saja jatuh ke tangan orang lain. Untuk menyalakannya Anda harus masuk pada menu setting lalu security lalu encryption dan pilih encrypt phone. Setelah itu Anda akan diminta untuk membuat password yang nantinya akan selalu diminta setiap kali Anda menyalakan ponsel. Sekedar infor proses enkripsni akan berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan hanya bisa dibalikkan melalui factory reset.

6. Buka developer options

Tips penting pengguna Android ini akan membantu Anda mengakses opsi pengaturan tingkat lanjut seperti USB debugging atau jeda waktu animasi. Cara mengaktifkannya adalah melalui menu “about phone” pada layar setting. Setelah itu klik “build number” yang didalamnya ada nomer versi sistem operasi sebanyak tujuh kali. Setelah muncul pemberitahuan “you’re now a developer” maka Anda sudah bisa mengakses developer options melalui menu settings.

7. Coba ganti launcher alternative

Smartphone yang berbasis Android memang diberi kebebasan dalam memilik aplikasi dalam launcher. Dalam satu gadget terkadang ada banyak sekali aplikasi sehingga saat pengguna membutuhkan satu aplikasi akan sulit menemukannya. Tips penting pengguna Android ini akan membantu pengguna menemukan dengan mudah aplikasi yang ia inginkan dengan meletakkan di antar muka layar. Jadi selain lebih mudah juga lebih cepat untuk membuka aplikasi yang diinginkan.

Baca Juga : Inilah 3 Alasan Penting Kenapa Baterai Smartphone Jangan Dibiarkan Sampai 0%

Itulah beberapa tips penting pengguna Android yang mungkin belum banyak diketahui sebelumnya sehingga bisa membantu Anda menjalankan smartphone Android Anda menjadi lebih mudah saat ini. Sebenarnya masih banyak sekali hal tersembunyi dari smartphone denngan OS Android ini, untuk bisa memaksimalkan penggunaannya Anda harus rajin-rajin mencari informasi. Bisa melalui internet atau dengan coba-coba yang terpenting tetap berhati-hati agar tidak jadi kerusakan sistem pada gadget Anda.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *