Home / EPS-Topik Korea / Trik Menjawab Soal Ujian EPS Topik Korea

Trik Menjawab Soal Ujian EPS Topik Korea

Trik Menjawab Soal Ujian EPS Topik Korea – Sebelum Anda berperang di ujian EPS Topik, sebaiknya persiapkan dulu ribuan amunisi kosakatanya. Dengan banyaknya amunisi kosakata yang Anda kuasai, maka peluang untuk kalah sedikit sekali. Setelah banyak hapal kosakata, maka selanjutnya Anda harus memahami trik penting dalam menjawab soal tes EPS Topik. Karena nanti dalam menjawab soal ujian EPS Topik Korea itu Anda bukan menerjemahkan seluruhnya. Anda cukup memahami maksud dari yang disoalkan. Untuk itu Anda harus memahami trik-trik khusus dalam memahaminya.

Baca Juga : Lulus Tes EPS Topik Korea Inilah Kuncinya

Soal ujian EPS Topik Korea jumlahnya adalah 50 soal. Terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi membaca (reading) dan sesi mendengar (listening). Waktu yang disediakan untuk menjawab seluruh soal adalah 70 menit. Untuk menjawab soal membaca biasanya lebih lama waktunya daripada soal mendengar. Soal membaca dikerjakan dengan waktu 40 menit dan sisanya 30 menit untuk menyelesaikan soal mendengar.

Berikut Trik Menjawab Soal Ujian EPS Topik Korea Agar Hasilnya Memuaskan

Seperti yang sudah diterangkan diatas, bahwa soal ujian EPS Topik Korea itu dibagi dua sesi, membaca dan mendengar. Maka untuk itu saya akan coba membahasnya dari dua sesi tersebut. Ini hanyalah pembahasan alakadarnya yang diharapkan ada manfa’atnya.

Cara Menjawab Cepat Soal Ujian EPS Topik Sesi Membaca

Soal ujian EPS Topik Korea sesi membaca jika dikelompokkan dari 25 soal tersebut dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :

  1. 다음 그림을 보고 맞는 단어나 문장을 고르십시요. Artinya soal untuk memilih kosakata yang tepat berdasarkan gambar. Biasanya soal ini sebanyak 5 soal. Usahakan 5 soal bergambar ini harus benar semua. Karena prediksi dari keseluruhan soal, soal bergambar adalah termasuk soal termudah. Kunci utamanya adalah Anda harus banyak menguasai kosakata Bahasa Korea.
  2. 빈칸에 들어갈 가장 알맞은 것을 고르십시요. Artinya soal untuk melengkapi kalimat yang kosong 빈칸 dengan pilihan kosakata jawaban yang tepat. Soal 빈칸 biasanya sebanyak 7 soal. Usahakan 7 soal ini juga harus benar semua. Kunci ada di kosakata dan partikel kalimat.
  3. 다음 질문에 답하십시요. Memilih jawaban berdasarkan soal yang bervariasi. Seperti, soal gambar rambu-rambu, soal yang memilih jawaban bergambar, soal grafik, dan soal tabel. Soal variasi ini terdiri dari 7 soal. Memang untuk soal kelompok ini agak sulit untuk menjawabnya. Namun jangan patah semangat dulu, teruslah berlatih menjawab soal.
  4. Terakhir dua soal lagi untuk sesi membaca. Dua soal ini biasanya dikemas dalam soal kalimat/soal cerita yang panjang. Dari satu kalimat ini terdapat dua soal yang harus dikerjakan. Untuk kelompok soal cerita panjang ini, tergantung dari pemahaman Anda dalam mempelajari kalimat cerita.

Setelah mengetahui 4 kelompok dari sesi soal membaca diatas, sekarang mari kita bahas cara pengerjaanya.

Pertama soal mencari jawaban yang benar tentang gambar. Contoh soalnya adalah sebagai berikut :

trik-menjawab-soal-ujian-eps-topik-korea-1

Cara menjawab soal seperti soal gambar diatas, Anda tidak perlu memahami semua kosakata pilihan jawabannya. Pertama Anda cermati gambar soal, disitu ada gambar sikat gigi dan giginya. Berarti Anda cari kosakata Bahasa Korea sikat gigi dan gigi.

Gigi Bahasa Koreanya adalah 입 dan sikat gigi adalah 칫솔. Berarti Andapun sudah bisa menebak jawaban yang benar untuk soal gambar diatas adalah nomor 3 atau lengkapnya ③  안의 음식 찌꺼기를 없앨 수 있는 칫솔입니다.

Kedua soal melengkapi kalimat yang kosong atau 빈칸. Contoh soalnya adalah sebagai berikut :

trik-menjawab-soal-ujian-eps-topik-korea-2

Mau tidak mau untuk menjawab soal 빈칸 Anda harus menerjemahkan seluruh kosakatanya. Berarti Anda harus banyak menguasai kosakata Bahasa Korea. Menjawab soal ujian EPS Topik Korea khusus soal 빈칸 Anda harus mengerti juga dengan tata bahasa serta partikelnya.

Ok menurut Anda jawaban dari soal diatas nomor berapa? Kita terjemahkan dulu soalnya agar mengetahui maksudnya. 담배꽁초 = Puntung Rokok 도로 = Jalan 벌금 = Denda 내야 합니다 = Harus Membayar

Sekarang coba Anda gabungkan terjemahan tersebut hingga menjadi kalimat yang benar. Mungkin kira-kira akan seperti ini : “Harus membayar denda _____________ puntung rokok ke jalan”.

Jika sudah bisa menerjemahkan, sekarang kita tinggal mencari jawaban yang tepat untuk mengisi kalimat yang kosong tersebut. Maka jawaban tepatnya adalah nomor 4 yaitu ④ 버리면 = jika membuang.

Ketiga soal campuran atau variasi. Disini saya akan memberi contoh soal cerita yang panjang saja. Berikut contoh soalnya :

trik-menjawab-soal-ujian-eps-topik-korea-3

Sebelum menjawab soal, Anda cermati dulu soalnya. Pada soal ada kata 순서대로 berarti soal menanyakan urutan. Artinya ini adalah soal cerita tentang petualangan seseorang dan Anda disuruh untuk mengurutkannya.

Setelah mengetahui maksud dari pertanyaannya, sekarang Anda baca soal ceritanya. Cari orang ini dalam cerita tempat mana yang pertama dikunjungi. Pada awal cerita dijelaskan bahwa minggu ini banyak kerjaan di pabrik, maka setiap hari dia harus bekerja lembur. Berarti yang pertama dia kunjungi adalah  공장 = pabrik.

Karena efek dari banyak kerjaan, dia bekerja terus menerus dan akhirnya dia sakit. Selanjutnya ada kalimat seperti ini 공장 근처에 있는 병원에 갔습니다. Berarti karena dia sakit terlalu banyak kerjaan, maka dia pergi ke rumah sakit (병원) yang berada disekitar pabrik.

Dirumah sakit ternyata menurut dokter dia terjangkit penyakit demam. Lalu dia menerima resep dan pergi ke apotik/toko obat (약국) untuk membeli obat 병원에서 처방전을 받아 약국으로 갔습니다.

Setelah menerima obat di apotik, dia pulang kerumah (집) untuk istirahat 약국에서 약을 받아 가지고 집으로 왔습니다. Jadi jelas, kalau jawaban yang tepatnya adalah nomor 4 yaitu ④ 공장 ⇒ 병원 ⇒ 약국 ⇒ 집.

Keempat soal cerita yang biasanya dari satu soal cerita ada dua jawaban. Soal ini merupakan soal yang sangat melelahkan otak. Dan menurut saya termasuk soal yang paling sulit. Contoh soalnya adalah sebagai berikut :

trik-menjawab-soal-ujian-eps-topik-korea-4

Sebelum memahami dari isi soal cerita seperti contoh diatas, hal pertama yang harus Anda pahami adalah maksud yang dari pertanyaannya. Pertanyaan pertama ada kata 같은 berarti Anda diperintah untuk mencari kalimat yang sama antara soal dan pilihan jawaban.

Silahkan pelajari semua pilihan kalimat jawaban. Setelah paham baru Anda baca seluruh kalimat soal cerita. Bandingkan perkalimat apakah ditemukan kalimat yang sama maksudnya dengan pilihan jawaban? Disini Anda tidak perlu menerjemahkan perkata, Anda cukup tahu atau memahami maksudnya saja.

Menurut saya jawaban pertama yang benar adalah nomor dua, yaitu ② 휴대폰으로 텔레비전 프로그램을 볼 수 있습니다. Karena kalimat ini sama dengan kalimat 요즘은 휴대폰으로 텔레비전 프로그램이나 영화를 …. yang terdapat pada soal cerita. Yaitu maksudnya adalah menerangkan bahwa sekarang fasilitas handphone (휴대폰) sudah canggih yaitu bisa menonton film layaknya kita nonton menggunakan televisi (텔레비전).

Soal kedua adalah mencari jawaban yang tidak sesuai atau jawaban yang salah (쓰이지 않는). Jawaban yang tidak diterangkan dalam soal cerita. Jika diterjemahkan soal berikut 다음 중 한국에서 핸드폰 번호의 앞자리 숫자로 쓰이지 않는 것은 무엇입니까? adalah “Nomor handphone mana yang tidak digunakan di Korea sebagai nomor  di depan nomor handphone?”. Tentu saja yang tidak ada atau yang tidak digunakan adalah pilihan jawaban nomor tiga yaitu ③ 014.

Cara Menjawab Cepat Soal Ujian EPS Topik Sesi Mendengar

Untuk sesi listening, pengelompokkan soalnya masih sama dengan soal sesi membaca. Sedangkan dalam trik menjawab soal ujian EPS Topik Korea untuk sesi mendengar adalah Anda meski sering latihan mendengar pembicaraan orang Korea langsung. Karena dari segi kefasihan pelafalan bahasanya tentu sangat berbeda dengan pelafalan yang diucapkan oleh orang Indonesia. Disarankan untuk belajar pemahaman pelafalan Bachim.

Setiap soal untuk sesi mendengar, akan diputar sebanyak dua kali. Jadi gunakan ingatan Anda untuk memahami cepat dari suara yang didengar pada putaran pertama. Karena untuk putaran kedua, bisa Anda gunakan untuk menjawab pilihan yang tepat dengan cara menghitamkan bulatan lembar jawaban.

Kesimpulan

Tidak ada trik yang ampuh agar menaklukkan soal ujian EPS Topik Korea kecuali dengan dua cara. Pertama perbanyak hafalan kosakata, kedua sering berlatih menjawab menjawab soal ujian EPS Topik. Jika keduanya sudah Anda kuasai, Insya Allah pada waktunya akan memperoleh keberhasilan yang memuaskan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

27 comments

  1. Request bahas ujian JLPT dong, biar ngerti trik-trik ujiannya juga ya :D

  2. Sucipto Kuncoro

    mantap!! mencerahkan… tapi yang susah itu biasanya nambah kosakata ya….

  3. Mampir cari info menarik kesini mas.

  4. Nyimak informasi soal ujian eps, mas…

  5. Untuk body saya menggunakan font Arial dan Heading menggunakan Fjalla One Reguler.

  6. Saya juga lagi belajar mba.

  7. maaf mas.. boleh minta kisi-kisi latihan soal terutama dalam format pdf yg bisa diunduh beserta kuncinya buat latihan mandiri? syukron katsiro

    • Saya menjual CD CBT Simulator untuk melatih kemampuan dalam menjawab soal-soal mas. Itu link artikelnya ada di blog ini.

  8. Masih Saya Dari sukabumi tolong minta nor telpon nya

  9. Boleh dong beli CD nya dong and minta nor telpon nya terima kasih.

  10. Boleh beli CD nya and minta nor telpon nya terima kasih.

  11. Mas mau tanya… kalo ada soal yg panjang… sebelum baca ceritanya lebih baik jawab poin” jawabannya? Tow gmna

  12. Ketika menjawab soal panjang, sebaiknya hal pertama yg harus dipahami adalah maksud yg ditanyakan dlm soal tersebut. Apakah mencari kalimat yg sama, berbeda, urutan, dan sebagainya. Selanjutnya pahami masing2 jawaban, dan ingat hanya paham saja sudah cukup. Terakhir baru membaca sekilas kalimat/soal ceritanya. Kemudian kaitkan antara maksud soal>jawaban>dan cerita!
    Intinya sering berlatih dan perbanyak pemahaman soal serta kosakata.

    • mas saya mau nanya pada soal listening tipe respon terutama nomor jawaban nomor 49 sama 50 1 cerita 2 jawaban itu cara efektif untuk menjawab soal tersebut bagaimana mas ? saya minta pin bb/telepon nya mas untuk sharing. terima kasih.

      • Mas coba pahami dulu maksud dari pertanyaan tersebut. Tidak usah semuanya, cukup mas pahami saja maksudnya. Listening biasanya diputar dua kali. Putaran pertama untuk memahami maksud dari listening, dan putaran kedua coba mas samakan antara pertanyaan dan jawaban yang ada. Intinya listening itu harus sering latihan mendengar percakapan.

        • terima kasih mas atas masukan nya. sangat bermanfaat masukan/ cara – cara mengerjakan tipe soal bisa menambah wawasan dan pengetahuan. yang ada diatas. semoga saya bisa lulus dengan nilai terbaik. amin.

          • Ya semoga sukses mas ujiannya besok. Intinya tenangin saja pikiran jangan memikirkan yang bukan-bukan. Selalu optimis saja …

  13. Tempat blajar bhsa kita korea yg bgus dmn y mas….?? Q jg pgen bljar bahasa korea nich… Makasih atas informasi nya

    • Semua LPK Bahasa Korea ada kelebihannya dan kekurangannya masing-masing. Namun sebagai referensi Anda dalam mencari LPK Bahasa Korea Amanah, coba baca artikel ini.

  14. Saya juga lagi belajar bhs korea walaupun sudah hapal hangeul tapi kadang masih bingung kalo baca kalimat panjang . Ini berarti mas nya lancar bhs korea ya mas nya sudah bekerja di korea ?

  15. Itu contoh soal buat yang mau jd Tenaga kerja, tolong donk admin kasih contoh soal yang buat mahasiswa.
    감사합니다

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *