Home / Software / Rekomendasi 5 Aplikasi Kompres PDF Offline Gratis Selamanya Terbaik Untuk Komputer

Rekomendasi 5 Aplikasi Kompres PDF Offline Gratis Selamanya Terbaik Untuk Komputer

Aplikasi Kompres PDF Offline Gratis

Aplikasi Kompres PDF Offline Gratis Terbaik – Apakah Anda sedang mencari daftar aplikasi gratis untuk keperluan kompres PDF? Ya, benar! Disini saya akan membagikan 5 aplikasi gratis untuk kompres PDF secara offline. Bukan hanya gratis, tapi aplikasi berikut merupakan aplikasi rekomendasi terbaik. Anda bisa mencobanya melakukan kompres PDF tanpa harus terhubung ke jaringan internet. Karena semua aplikasi berikut bisa digunakan secara offline.

Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran PDF, Kompres PDF Secara Offline Dengan NitroPDF

Masing-masing aplikasi berikut menyediakan fitur-fitur berbeda, tetapi pada intinya masih sama yaitu untuk memperkecil ukuran file ekstensi PDF. Aplikasi kompres PDF berikut memiliki kemampuan melakukan kompres tanpa harus membuka file PDF terlebih dahulu. Tetapi ada juga yang mengharuskan agar pengguna membuka file PDF terlebih dahulu kemudian bisa di kompres.

Aplikasi yang akan saya bahas disini juga terdapat fitur melakukan kompres PDF sekaligus secara masal (batch/bulk). Selanjutnya ada juga yang memiliki kemampuan dapat mengenkripsi file PDF setelah di kompres diberi kata sandi.

Berikut 5 Aplikasi Kompres PDF Offline Gratis Untuk Memanjakan Pekerjaan Anda

1. Reduce PDF Size

Reduce PDF Size adalah aplikasi gratis untuk melakukan kompres secara offline. Aplikasi kompres ini memiliki kemampuan kompres PDF sekaligus (bulk). Tampilan yang sederhana dan ringan sangat cocok Anda gunakan bagi komputer spesifikasi rendah. Tampilan antarmuka aplikasi Reduce PDF Size tidak terlalu rumit. Ketika Anda ingin kompres file PDF dengan aplikasi ini cukup menambahkan file PDF lalu pilih pengaturan kompres PDF.

Aplikasi ini mampu melakukan kompres file PDF sekaligus dalam satu waktu. Aplikasi akan menyimpan hasil kompres di output folder yang tentunya sudah Anda atur secara manual.

Dalam hal konfigurasi, aplikasi Reduce PDF Size tidak memiliki segudang pengaturan yang bikin pusing. Anda cukup saja memilih 1 dari 5 kualitas berikut ini :

  • Screen View Quality
  • Low Quality or eBook quality
  • High Quality or Printer quality
  • High Quality or Prepress quality
  • Default Quality

Untuk hasil terbaik, Anda bias memilih konfigurasi Default Quality. Namun untuk membuktikan sekedar coba-coba, tidak ada salahnya untuk memilih dari masing-masing pengaturan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui sendiri dan bias membandingkan mana hasil terbaik atau sesuai dengan kebutuhan.

Hebatnya lagi, aplikasi Reduce PDF Size mendukung fitur hotkeys. Untuk mengoperasikan fitur ini ketika sedangn menjalankan aplikasi Anda bias mencoba menekan Ctrl+A pada keyboard untuk menambahkan file PDF. Kemudian fitur Ctrl+R untuk memulai proses kompres file.

Mencoba untuk menguji file PDF ukuran 5 MB dan menggunakan fitur Default Quality. Hasilnya setelah di kompres dengan Aplikasi Reduce PDF Size menjadi 2 MB. Artinya aplikasi ini sudah mengkompres file PDF sebesar 70%.

Download Reduce PDF Size

2. Free PDF Compressor

Free PDF Compressor adalah aplikasi gratis untuk kompres PDF secara offline. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga tidak terlalu menyulitkan pengguna ketika menggunakannya. Free PDF Compressor hanya mampu melakukan kompres 1 file PDF dalam satu waktu.

Untuk konfigurasi kompres dari aplikasi Free PDF Compressor adalah sebagai berikut :

  • Screen: Untuk menghasilkan file PDF dengan resolusi 72 dpi;
  • eBook: Untuk mengubah kualitas file ke 150 dpi;
  • Printer: Untuk menghasilkan file PDF berkualitas tinggi yaitu 300 dpi;
  • Prepress: Ini juga menghasilkan kompressi file PDF berkualitas tinggi 300 dpi. Juga pengaturan ini lebih mempertahankan warna;
  • Default: Pengaturan ini akan menghasilkan file PDF dengan ukuran sedikit lebih besar.

Untuk lebih membuktikan, Anda bisa mencoba sendiri melakukan kompres PDF menggunakan aplikasi Free PDF Compressor. Ketika uji coba sendiri kompres file PDF yang semula ukuran 5 MB maka setelah di kompres oleh Free PDF Compressor menjadi 1,35 MB menggunakan setingan default. Ini artinya aplikasi Free PDF Compressor telah mengkompres file sebesar 73%.

Download Free PDF Compressor

Baca Juga : Cara Membuat File PDF Dengan Menambah Ekstensi PDF Di Microsoft Office Word

3. ORPALIS PDF Reducer

ORPALIS PDF Reducer adalah aplikasi kompres gratis untuk memperkecil ukuran file PDF. Aplikasi ini memiliki kemampuan kompres file PDF sekaligus jika file lebih dari satu (bulk/batch).

Menggunakan aplikasi ini cukup mudah, Anda tinggal klik Input Folder untuk memilih folder yang berisi file PDF yang akan di kompres. Kemudian klik Destination Folder untuk menentukan file PDF hasil kompres di komputer. Untuk memulai kompressi, silakan klik tombol Start Batch, maka aplikasi akan melakukan proses kompres.

Fitur tambahan yang dimiliki aplikasi ORPALIS PDF Reducer adalah Options for Compression, Images, Color Detection, Output Format, atau Content Removal. Anda bisa mencobanya sendiri fitur-fitur ini mempunyai kelebihan apa saja.

Selanjutnya proses kompres menggunakan aplikasi ini dapat kita lakukan secara single threaded process atau multi-threaded process. Fitur ini akan memberikan proses kompres file PDF lebih cepat dari pengaturan defaultnya.

Aplikasi ORPALIS PDF Reducer memiliki fitur berikut :

  • Kompres MRC (Mixed Raster Content) atau Content Segmentation;
  • Re-sampling dan Re-compression file PDF;
  • Penghapusan file yang ter-embedORPALIS PDF Reducer pada PDF.

Mencoba kompres file PDF dengan ORPALIS PDF Reducer yang semula file memiliki ukuran 5 MB dan setelah dikompres menjadi 1,45 MB. Itu artinya ORPALIS PDF Reducer telah mengkompres file sebesar 71%.

Download ORPALIS PDF Reducer

4. Free PDF Compressor

Free PDF Compressor adalah aplikasi portable kompres PDF gratis yang memiliki antarmuka sederhana. Aplikasi Free PDF Compressor memiliki ukuran hanya 288 KB saja.

Untuk menjalankan aplikasi Free PDF Compressor Anda cukup download kemudian jalankan aplikasi. Silakan klik tombol Load lalu cari file PDF yang akan dikompres. Selanjutnya Anda klik Compression Algorithm, terakhir klik tombol Compress.

Aplikasi Free PDF Compressor memiliki fitur kompres Flate dan RunLength. Kemudian untuk pengaturan Compression Level aplikasi ini adalah :

  • Default
  • Fastest
  • Maximum
  • None

Setelah selesai aplikasi Free PDF Compressor melakukan kompres, silakan Anda beri nama file tersebut dan tentukan folder penyimpanannya. Klik Save untuk menyimpan file PDF hasil kompres.

Mencoba melakukan kompres dengan aplikasi Free PDF Compressor, file PDF ukuran 5 MB menjadi ukuran 4,85 MB saja. Artinya aplikasi Free PDF Compressor ini hanya mampu mengkompressi file PDF sebesar 3%.

Download Free PDF Compressor

5. IrfanView

IrfanView adalah aplikasi gratis untuk digunakan memenuhi keperluan kompres file PDF. Aplikasi IrfanView memiliki kemampuan membuka serta mengedit file PDF dengan menambahkan plugin Default dan GhostScript.

Seperti halnya aplikasi kompres file PDF gratis lainnya, IrfanView memiliki tampilan antarmuka sederhana. Untuk kompress PDF Anda harus memilih menu File kemudian Save As. Kemudian pilih Save as type menjadi PDF dari menu drop down. Terakhir klik Save dan Windows Save PDF akan tampil disana. Selanjutnya Anda harus memilih pengaturan penting untuk keperluan kompres PDF, yaitu :

  • Compression: Untuk mengatur kualitas gambar. Apakah true color images, color images, grayscale images, atau monochrome images;
  • Page Format: Disini Anda bisa mengatur ukuran halaman, apakah menginginkan sama dengan aslinya atau Anda akan memilih sesuai format yang tersedia disana;
  • View Rotation: Ini untuk mengatur sudut pandang tampilan file PDF (rotasi) dari tampilan 0 (None), 90, 180, hingga 270 derajat.
  • Security: Jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka Anda dapat menentukan kata sandi di file PDF;
  • Preview: Anda bisa melakukan pratinjau terlebih dahulu dari setiap halaman PDF sebelum Anda ekspor file PDF.

Jika semua pengaturan diatas Anda tentukan sesuai keperluan, saatnya Anda klik tombol Save. Alhasil file PDF hasil kompres di IrfanView akan tersimpan di komputer.

Saya mencoba melakukan kompres file PDF menggunakan aplikasi IrfanView pada file berukuran 5 MB dengan pengaturan Medium Quality dan hasilnya menjadi 1,7 MB. Artinya aplikasi IrfanView telah mengkompres file PDF sebesar 66%.

Download IrfanView

Lalu Aplikasi Kompress PDF Mana Yang Paling Direkomendasikan?

Sebetulnya untuk memutuskan aplikasi mana yang paling direkomendasikan tergantung dari pengguna masing-masing. Terutama bisa disesuaikan dengan keperluan. Intinya pilihnya aplikasi kompres File PDF yang ringan tidak menghabiskan space komputer ketika melakukan kompres. Kemudian tentunya cari aplikasi yang mampu melakukan kompres hingga maksimal dan tentunya dengan kualitas file PDF masih terlihat bagus.

Dalam hal ini, saya lebih merekomendasikan menggunakan aplikasi kompres file PDF dari Reduce PDF Size.

Baca Juga : Cara Cepat Mengubah File Excel ke PDF Tanpa Memerlukan Software Lain

Ok mungkin artikel Aplikasi Kompres PDF Offline Gratis Terbaik dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencari aplikasi kompres PDF gratis namun mampu menunjang kebutuhan. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.