Home / Teknologi / Belajar Membuat Blog Gratis Dan Mudah Dengan Blogspot Dan Tips Menjadi Blogger Profesional

Belajar Membuat Blog Gratis Dan Mudah Dengan Blogspot Dan Tips Menjadi Blogger Profesional

Belajar Membuat Blog Gratis

Belajar Membuat Blog Gratis – Membuat blog gratis sebenarnya sangat mudah dilakukan meski Anda seorang pemula dan belum mengerti mengenai dunia blog/website. Banyak sekali tersedia platform gratis untuk membuat blog dan menyediakan bayak fitur di dalamnya. Membuat blog juga tidak perlu waktu yang lama, bahkan bisa langsung jadi saat itu juga dan bisa langsung digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Di WordPress Terlengkap Untuk Pemula

Blog atau website itu sendiri memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat terutama untuk bisnis. Website bisa sangat membantu dalam meningkatkan penjualan suatu produk bisnis dan bisa jadi strategi marketing online yang menjanjikan. Selain itu, website juga bisa digunakan sebagai company profile suatu perusahaan atau instansi agar lebih dikenal masyarakat luas.

Cara Membuat Blog Gratis dengan BlogSpot

Sebelum belajar membuat blog, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis atau tipe blog di bawah ini:

  • Blog Pribadi/Jurnal, digunakan untuk kepentingan pribadi dan biasanya berisi cerita-cerita atau pengalaman pemilik blog (wisata, tips dan trik, curahan hati)
  • Blog Company Profile Perusahaan/Instansi, digunakan untuk kepentingan perusahaan/instansi dan biasanya berisi profile atau penjelasan tentang perusahaan tersebut (pemerintah, swasta, pendidikan)
  • Blog Jualan/Dagangan Toko Online, digunakan untuk toko online dan biasanya berisi list produk, branding, promo, kontak, lokasi dan lain sebagainya

Membuat blog atau website bisa menggunakan penyedia jasa pembuatan website, namun sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri. Nah, berikut ini langkah-langkah membuat blog gratis menggunakan BlogSpot, antara lain:

1. Masuk ke Akun Blogger.com atau BlogSpot

Pertama-tama, masuk ke akun Blogger atau BlogSpot, pastikan Anda sudah memiliki email google karena pendaftarannya butuh email. Saat pertama kali membuka Blogger Anda akan diminta login, silahkan masuk dengan nama email dan password seperti akun google Anda.

2. Memilih Tampilan Profil pada Blog

Langkah membuat blog gratis selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih tampilan profil yang muncul pada blog. Di sini pilihannya ada dua yaitu tampilan Google+ atau tampilan profile blogger biasa. Pilihlah sesuai keinginan Anda, jika menggunakan Google+ pastikan sudah memiliki akun dan tinggal klik ‘lanjutkan ke blogger’.

3. Membuat Blog Baru

Setelah itu, Blogger akan mendeteksi apakah Anda pernah membuat blog atau tidak. Jika belum pernah, biasanya akan muncul keterangan ‘Anda belum punya bog ….’. Nah, jika seperti itu lanjutkan saja dengan klik ‘buat blog baru’.

4. Mengisi Formulir Pendaftaran Blog Baru

Kemudian, akan muncul semacam formulir pendaftaran untuk membuat blog gratis bagi pengguna baru yang isinya seperti di bawah ini:

  • Judul Blog, sesuai dengan nama blog yang diinginkan ditampilkan pada website
  • Alamat Blog, sesuai dengan nama domain dan nanti muncul seperti ini: (alamat blog).blogspot.com, jika BlogSpot ingin dihilangkan bisa upgrade premium
  • Tema Blog, bisa pilih beberapa tema BlogSpot atau download di situs penyedia tema blog/website, nanti bisa diedit atau diubah sewaktu-waktu

5. Mengisi Konten Blog

Saat ini, blog sudah berhasil atau selesai dibuat dan selanjutnya Anda bisa mengisi dengan berbagai macam konten. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pada tampilan awal atau beranda, klik tombol ‘entri baru’
  • Lalu Anda akan masuk ke halaman konten yang tampilannya mirip Ms. Word dengan beragam tools
  • Pada tampilan atas terdapat kolom judul artikel dan di bawahnya terdapat menu bar untuk mengatur font, size, warna dan lain-lain
  • Di bawahnya lagi langsung halaman utama untuk mengetik konten tulisan/artikel
  • Di sebelah kanan ada pengaturan label, kategori, jadwal, publish, save draft dan lain sebagainya

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis Cocok Untuk Pemula

Menjadi Blogger Profesional

Setelah berhasil membuat blog gratis melalui langkah-langkah di atas, Anda bisa mulai mengisi konten berupa tulisan/artikel ke dalam blog/website. Membuat konten bukanlah hal yang mudah, perlu belajar dan pembiasaan untuk bisa membuat konten yang bagus dan readable untuk pengunjung. Nah, berikut ini beberapa tips menjadi blogger profesional yang memiliki konten berkualitas, antara lain:

1. Menentukan Tujuan

Sebelum membuat blog, pastikan Anda sudah menentukan tujuan pembuatan blog. Seperti yang dijelaskan di atas, ada tiga macam jenis blog yaitu untuk personal, company profile atau bisnis toko online. jika sudah menentukan tujuan, akan lebih mudah dalam menentukan tema/konsep blog dan apa saja konten yang akan dibuat.

2. Menentukan Tema/Konsep

Sebelum membuat blog gratis melalui BlogSpot atau media lainnya, Anda juga perlu menentukan konsep atau tema blog dari segi desain maupun konten. Tema ini akan membantu Anda membuat blog yang konsisten dan konten nya tidak terlalu luas dan menjadi tidak menarik. Beberapa tema/konsep yang bisa Anda terapkan pada blog, antara lain:

  • Wisata, kuliner, makanan khas, backpacker, traveling
  • Teknologi, komputer, android, games
  • Otomotif, aksesoris mobil atau motor, modifikasi mobil atau motor
  • Pendidikan, sejarah,
  • Kesehatan, farmasi, obat tradisional
  • Pertanian, perkebunan, teknik bercocok tanam
  • Kecantikan, aksesoris kecantikan, make up, skin care

3. Memperbanyak Konten Tulisan/Artikel

Jika sudah menentukan tujuan dan tema blog, Anda bisa mulai mengisi konten berupa tulisan/artikel sebanyak-banyaknya. Lebih banyak artikel yang Anda buat, maka lebih banyak pula pengunjung yang membacanya. Menjadi blogger tidak harus pandai menulis, tetapi harus suka menulis. Dengan terbiasa menulis, lama-lama skill atau kemampuan dalam menulis akan meningkat dan lebih bagus hasil tulisannya.

Meski Anda membuat blog gratis, tidak ada salahnya juga untuk mengisi konten dengan memanfaatkan jasa penulis atau content writer berbayar. Hal ini bisa Anda lakukan jika website sudah berkembang dan tumbuh besar atau untuk Anda tidak punya banyak waktu menulis. Harganya pun beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

4. Konsisten dan Terjadwal

Blog atau website yang baik adalah yang mampu menyediakan konten dan terus konsisten. Maksud dari konsisten yaitu dari segi tema atau konsep yang tidak melebar atau keluar dari topik. Selain itu, konsisten juga dilihat dari waktu atau jadwal publish artikel.

Anda bisa mengatur jadwal publish artikel di pengaturan sebelah kanan pada saat membuat konten atau tulisan. Konsisten dalam jadwal publish artikel tidak perlu setiap hari, Anda bisa membuat artikel dalam waktu satu kali seminggu atau sebulan/dua bulan sekali.

Baca Juga : Cara Membuat Website Sekolah Di Simpatika Kemenag

Begitulah cara membuat blog gratis dan bagaimana menjadi blogger yang profesional. Semoga informasinya bermanfaat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.