Rabu, 30 November 2022

Cara Agar Artikel Website Bisa Cepat Terindeks oleh Google Kurang dari 1 Menit

Info Menarik – Termasuk masalah besar jika artikel website tidak masuk dalam indeks Google. Dengan tidak tampilnya artikel di Google penelusuran maka orang lain tidak akan tahu jika website Kamu eksis di internet. Sebagai webmaster harus tahu cara agar artikel yang Kamu buat bisa terindeks Google.

Cara Artikel Cepat Terindeks Google 01

Untuk Kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat artikel agar bisa cepat terindeks Google, bisa Kamu simak artikel ini sampai selesai. Karena pada artikel ini saya akan membahas tuntas untuk keperluan tersebut. Semua yang akan saya bagikan adalah berdasarkan pengalaman pribadi dan itu sudah terbukti manjur.

Apa itu Google Indeks?

Google indeks adalah database Google yang berisi sejumlah informasi tentang halaman website di seluruh dunia. Jika website sudah masuk ke dalam database Google maka ketika kita mengetikkan kata kunci di pencarian Google otomatis akan muncul.

Adapun Google mendapatkan database website yang awalnya dari proses crawling serta indexing. Google secara otomatis akan menemukan halaman-halaman website baru di seluruh dunia dengan menggunakan teknologi Google bernama spiders. Kemudian spiders Google ini bernama Googlebot.

Meskipun kita tidak melakukan apa-apa dalam hal optimasi di halaman website, pada ujung-ujungnya Google akan mengindeks halaman website. Namun khusus website baru jika kita tidak melakukan optimasi lagi maka biasanya indeks Google ini prosesnya cukup lama.

Kenapa Website Harus Masuk ke Dalam Google Indeks?

Tidak semua tujuan website dibuat untuk masuk ke dalam Google indeks. Namun jika Kamu ingin website masuk ke dalam Google indeks silakan ikuti tutorial yang akan saya bahas pada artikel ini.

Selanjutnya jika Kamu ingin menerapkan metode agar artikel cepat terindeks oleh Google sebelumnya URL website tersebut harus sudah terindeks. Hal ini tentunya berlaku bagi website yang baru kita buat. Jika URL belum terindeks oleh Google, silakan Kamu fokus dulu terhadap optimasi URL website ini.

Selanjutnya yang harus Kamu pahami bahwa indeks Google berbeda dengan rangking. Artinya ketika kita membuat artikel cepat terindeks bukan berarti artikel akan otomatis tampil di halaman terbaik Google. Khusus website baru sebaiknya fokus ke Google indeks dulu. Untuk ranking itu membutuhkan sebuah proses dan optimasi lagi yang tidak semudah membalikkan tangan.

Ranking artikel di Google itu sangat erat hubungannya dengan SEO (Search Engine Optimization). Namun sebelum Kamu berkompetisi dalam ranking artikel sebagai langkah awal Kamu harus membuat artikel terindeks di Google.

Periksa Website Apakah Sudah Masuk ke Google Indeks atau Belum?

Sebelum menginjak ke pembahasan membuat artikel cepat terindeks, silakan sebagai langkah awal Kamu periksa URL website di Google. Caranya silakan Kamu ketik kata kunci seperti ini di kolom pencarian Google:

site:websitekamu.com

Jika tampilannya seperti ini maka itu artinya website Kamu sudah masuk ke dalam indeks Google:

Cara Artikel Cepat Terindeks Google 02

Cara Agar Artikel Website Bisa Cepat Terindeks oleh Google

Jika URL website sudah berhasil masuk ke dalam database indeks Google, pertanyaan selanjutnya bagaimana agar artikel website cepat terindeks Google juga? Sebetulnya jika URL utama website sudah terindeks maka otomatis artikel serta halaman yang ada di website akan ikut terindeks juga.

1. Jangan Halangi Mesin Pencari untuk Mengindeks Website

Untuk langkah awal yang harus Kamu perhatikan adalah jangan mengaktifkan pengaturan ketampakan website di mesin pencari. Karena jika kita mengaktifkan pengaturan ini maka itu artinya kita telah memberikan sinyal kepada Google untuk tidak mengindeks halaman website.

Pastikan pengaturan ini tidak aktif di WordPress Kamu. Silakan login pada Dashboard kemudian klik menu Pengaturan kemudian sub-menu Membaca.

Kamu hilangkan centang pada Ketampakan di Mesin Pencari. Kemudian klik tombol Simpan Perubahan.

Cara Artikel Cepat Terindeks Google 03

2. Daftarkan Website di Google Search Console

Langkah selanjutnya yang harus Kamu lakukan adalah mendaftarkan website pada Google Search Console (GSC). Hal tersebut agar Google dalam mengindeks website dan artikel bisa lebih cepat lagi. Jangan menunggu indeks Google secara otomatis jika Kamu ingin cepat-cepat membuat website dan artikel cepat terindeks.

GSC merupakan sebuah alat gratis untuk webmaster atau para pemilik dan pengelola website. Fungsi utamanya adalah untuk memonitor halaman website pada indeks Google. Nanti Kamu akan mendapatkan sejumlah laporan penting tentang informasi website seperti backlink, link error, artikel populer, dan sebagainya.

Untuk Kamu yang belum mendaftarkan website di GSC silakan lakukan pendaftaran pada halaman ini.

3. Buat Sitemap XML Website

Agar Googlebot mudah dalam memahami isi website maka silakan Kamu buat Sitemap XML. Adapun Sitemap XML ini adalah sebuah daftar dari seluruh halaman website yang khusus untuk mesin pencari agar website dan artikel cepat terindeks oleh Google.

Sitemap di website terbagi menjadi dua bagian yaitu Sitemap XML dan Sitemap HTML. Sitemap XML adalah daftar isi website yang khusus untuk mesin pencari. Sedangkan Sitemap HTML kita buat untuk pengunjung website.

Bagi pengguna plugin Yoast tidak perlu repot dalam membuat Sitemap XML, karena plugin ini sudah menyediakan fiturnya. Kita cukup mengaktifkan saja kemudian jangan lupa Sitemap XML ini Kamu masukkan di Google Search Console.

4. Buat Robots.txt

Dengan membuat robots.txt maka akan memberi tahu mesin pencari seperti Google halaman mana yang harus di indeks dan yang tak perlu di indeks.

Menggunakan robots.txt kita bisa mengontrol lebih jauh tentang pengindeksan website di Google. Kemudian dari banyaknya elemen website tentunya tidak semuanya harus keindeks Google. Terdapat beberapa elemen tertentu yang tidak perlu masuk ke dalam indeks Google. Nah, untuk mengontrol semua ini kita bisa menggunakan robots.txt.

Untuk membuat robots.txt di WordPress caranya sangat mudah dan Kamu tidak perlu menggunakan plugin.

5. Buat Konten yang Berkualitas

Meskipun website belum keindeks oleh Google namun pembuatan konten sangat penting. Dengan selalu rutin membuat konten di website maka akan mendorong semakin cepatnya website dan artikel terindeks Google.

Namun perlu Kamu perhatikan bahwa jangan asal dalam membuat artikel di website. Silakan Kamu buat artikel yang berkualitas dan hindari artikel hasil copy paste (duplikat) dari website lain. Website yang berisi konten duplikat hanya akan menurunkan reputasi website bahkan website akan hilang dari indeks Google.

Google akan menyukai website yang kontennya selalu up-to-date sehingga memungkinkan Google akan melakukan crawling yang lebih sering. Dengan begitu semua konten atau artikel Kamu di website menjadi lebih cepat terindeks di mesin pencari Google.

6. Perbanyak Internal Link

Selesai membuat konten yang berkualitas silakan Kamu buat internal link pada artikel tersebut. Buat internal link dengan artikel yang masih berhubungan dengan konten yang Kamu bahas.

Internal link adalah sebuah link aktif yang mengarah ke halaman website yang sama. Artinya internal link akan mengarah ke konten lain yang masih satu website. Dengan membuat internal link maka membuat konten yang kita buat akan cepat terindeks oleh Google.

Namun Kamu harus menghindari penggunaan internal link yang asal-asalan. Artinya Kamu jangan memaksakan membuat internal link ke artikel lain padahal artikel tersebut tidak berhubungan. Dengan begitu Googlebot akan kebingungan dalam melakukan crawling.

7. Inspeksi URL di Google Search Console

Jika Kamu tidak menemukan artikel di mesin pencari meskipun Kamu sudah mengetikkan URL artikel, maka silakan lakukan inspeksi URL di GSC. Dengan melakukan inspeksi URL artikel di GSC maka akan mempercepat dalam proses pengindeksan Google. Cara ini tidak hanya berlaku untuk blog baru saja, namun blog lama-pun bisa melakukan cara ini ketika sudah menerbitkan artikel baru.

Silakan Kamu login di Google Search Console kemudian klik Inspeksi URL. Kamu masukkan URL website atau URL artikel pada kolom pencarian dan Enter. Tunggu beberapa saat Google akan memeriksa halaman website berdasarkan URL yang Kamu masukkan.

Selanjutnya jika URL yang kita inspeksi tidak ada di Google silakan Kamu klik Minta Pengindeksan. Atau pada tahap ini kita bisa menguji URL apakah bisa di indeks Google atau tidak dengan klik tombol Uji URL Aktif.

8. Bagikan Artikel ke Media Sosial

Meskipun dengan membagikan artikel ke media sosial tidak ada hubungannya dengan Indeks Google namun kita perlu melakukannya. Hal ini untuk membangun audiens bagi website yang Kamu kelola. Mengingat saat ini pengguna media sosial seperti Facebook contohnya hampir semua kalangan sering menghabiskan waktunya disini.

Baca Juga: Cara Membuat Tombol Share Artikel ke Sosial Media di WordPress Tanpa Plugin

Dengan media sosial dapat mendatangkan trafik ke website Kamu. Tentunya trafik ini tidak serta merta akan datang otomatis ke website. Sebagai jalan untuk mendatangkan pengunjung silakan Kamu bagikan artikel ke media sosial.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

40 comments

  1. ini nih yang banyak dicari orang, kebetulan saya juga belum bisa praktekin ini sepenuhnya. makasih infonya..

  2. Infonya mantab gan, salam sukses blogwalking :)

  3. Wahh sip mas trik nya.. disave dulu hehe *ctrl+D

  4. Saya sudah menerapkan beberapa tips di atas. Cuma yang baru saya poin terakhir, Fetch as Google.
    Semoga bermanfaat. :)

    • Iya manfa’atnya saja fasilitas yang ada untuk memaksimalkan pengindekan artikel di Google.

  5. hmm..pantesan artikel saya 2 minggu baru muncul, berarti itu tandanya diindeks cukup lama ya mas,langsung praktek dech,,soalnya saya masih baru ngeblog, jadi taunya cuma buat artikel doang, makanya blog saya juga acak-acakan gak karuan, tidak seperti blog ini yang rapi dan terarah..

    terimakasih mas, untuk infonya, sangat—sangat bermanfaat buat saya yang pemula. hehe..

    • Segera ke TKP saja mba dan jangan lupa untuk mendaftarkan blognya di webmaster google dan webmaster lainnya …

  6. Izin serep tipsnya
    trima kasih

  7. Oh ya mas untuk memasukan urlnya yang akan diambil dan di render di web masternya apa kita masukin urlnya atau menunggu. Nantinya bakal muncul sendiri

    • Setelah masuk kehalaman Fetch as Google, langsung input URL artikel yang akan di Fetch, lalu klik Fetch and Renden.

  8. bagus juga nih tipsnya mas,akan coba saya terapkan

  9. saya jarang banget melakukan optimasi diatas, pantesan blog saya lambat pertumbuhannya

  10. Kalau saya baru sampai pada blogwalking. belum sampai pada tips agar terindeks google.

    • Blogwalking juga jangan sampai dilupakan walaupun sayapun suka lupa kegiatan ini … :)

  11. saya suka info ini..banyak manfaatnya

  12. Simak aja kalau memang ada manfa’atnya … hihihi

  13. Hoo. maturnuwun Mas.. :D

  14. Tips menarik dan jitu agar artikel cepat terindex oleh google dengan cepat. trims mas.

  15. Informasi seperti ini penting sekali agar artikel cepat terindeks, mas. Namun tidak hanya cepat terindek, lebih dari itu adalah tampil di halaman pertama pencarian google. Terima kasih tutorialnya…

    • Kalau agar tampil dihalaman pertama sepertinya banyak caranya mas. Intinya SEOnya mantab.

  16. Sepertinya saya baru kali ini tahu yg nomor 6, terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini ya gan….

  17. sangat bermanfaat mas, dan yang paling penting original.
    sukses selalu mas.

  18. saya coba terapkan mas, ada trik buat naikin kata kunci ga mas?misalkan kata kunci kita ke 3 atau ke 4 kalo pngen kesatu gimana ya mas?mohon pencerahannya karna saya adalah pemula.terimakasih :)

  19. Kalau saya menemukan hers gondo lalu
    saya Search : hers gondo digoogle muncul
    bermacam macam situs. Itu apa namanya? Saya bisa membuka bermacam macam situs hanya dg namaku. Tolong jelaskan bung … trim’$

    • Saya sudah cek dengan KW hers gondo di search engine tapi tidak satupun domain yang menggunakan KW tersebut. Mungkin yang muncul ya nama tersebut sudah diketikkan di beberapa situs, contoh di web ini mas mengetikkan nama tersebut.

  20. Saya pernah coba pakai tool spinner hasilnya mantap meskipun artikel unik yang dihasilkan bahasanya aneh

  21. kalo fetch as google itu sama dengan google ping gk?? aku gk pernah memainkan webmaster soalnya, pertama daftar, dioptimasi, submit sitemap, trus gk pernah diurusin lagi deh, :v

  22. kalau begini mas, ana bikin artikel terus submit webmaster tapi dah 2 hari gak muncul, coz kalau artikel yang lain mah muncul, itu gimana mas, thanks ..

  23. saya baru tau kalo fetch as google mesti dilakukan soalnya saya biasa pake submit webmaster tool/search console, trus bedanya apa ya? apa boleh fetch as google sama submit search console dilakukan bareng? btw makasih banyak tips nya gan, keren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.