Home / EPS-Topik Korea / Mengenal Berbagai Ucapan Bahasa Korea Selamat Pagi Informal Dan Formal

Mengenal Berbagai Ucapan Bahasa Korea Selamat Pagi Informal Dan Formal

Bahasa Korea Selamat Pagi

Info Menarik – Pada kesempatan ini, mari kita mengenal berbagai ucapan selamat pagi dalam Bahasa Korea. Ucapan selamat pagi ini kita bahas sampai tuntas mulai dari kalimat informal hingga formal.

Baca Juga : Cara Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea Lengkap Lirik Lagu

Seperti yang sudah dijelaskan dalam pembelajaran Bahasa Korea sebelumnya, bahwa ucapan selamat pagi dalam Bahasa Korea umumnya menggunakan frase “annyeong haseyo” (안녕하세요) atau “annyeong hasimnikka” (안녕하십니까). Bahkan kalimat ini tidak hanya bisa digunakan untuk ucapan selamat pagi saja, namun bisa juga sebagai ekspresi ucapan “selamat siang”, “selamat sore”, dan “selamat malam”.

Dalam hal keramahan serta kesopanan orang Korea, tentu sudah kita kenal. Hal ini terbukti ketika orang Korea saling bertemu dengan satu dan yang lainnya maka akan saling mengucapkan salam. Namun perlu Kamu tahu, ucapan salam di Korea itu tidak didasarkan pada waktunya. Berbeda dengan di Indonesia yang berdasarkan waktunya seperti ucapan selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam.

Bahasa Korea Selamat Pagi Informal dan Formal

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa sebetulnya ucapan salam di Korea itu tidak berdasarkan pada waktu diucapkan. Ucapan salam atau ucapan halo yang disampaikan kapanpun cukup mengucapkan “annyeong haseyo” (안녕하세요). Ini termasuk ucapan formal atau sopan. Sedangkan untuk ucapan informal atau bahasa akrabnya adalah “annyeong” (안녕).

Berbagai Ucapan Selamat Pagi yang Biasa Digunakan di Korea

1. Choheun Achim

Jika kita kaji lagi secara harfiah, ucapan selamat pagi dalam Bahasa Korea itu adalah “choheun achim” (좋은 아침) yang artinya “selamat pagi”. Ini termasuk kalimat informal atau akrab/kasar. Tentunya kalimat ini etikanya hanya boleh disampaikan kepada orang yang sudah akrab atau usianya dibawah kita. Bahkan untuk usia lebih mudapun, jika baru dikenal sebaiknya jangan mengucapkan kalimat ini. Pasalnya kalimat ini lumayan kasar untuk disampaikan.

Untuk bahasa formalnya adalah “choheun achimimnida” (좋은 아침 입니다) atau “choheun achimieyo” (좋은 아침이에요). Kamu bisa mengucapkan frase “selamat pagi” ini kepada orang yang baru dikenal atau orang yang usianya lebih tua. Kalimat ini termasuk ucapan sopan/halus.

Tahukah Kamu, bahwa frase ini justru malah jarang diucapkan di Korea sendiri. Ucapan selamat pagi di Korea lebih sering menggunakan “anyeong haseyo” (안녕하세요) saja. Sebabnya ucapan ini bisa digunakan sepanjang waktu, baik itu pagi, siang, dan malam.

Namun tidak ada salahnya jika Kamu ingin mencoba menggunakan kalimat “choheun achim” (좋은 아침) atau “choheun achimieyo” (좋은 아침이에요).

2. Gutmoning

Pilihan lain untuk mengucapkan “selamat pagi” dalam Bahasa Korea adalah “gutmoning” (굿모닝). Tentunya ucapan selamat pagi ini sebetulnya frase dari Bahasa Inggris yaitu “good morning”.

3. Annyeonghi Chumusyeosseumnikka?

Alternatif selanjutnya sebagai ucapan “selamat pagi” di Korea adalah “annyeonghi chumusyeosseumnikka?” (안녕히 주무셨습니까?). Kalimat ini jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah “apakah tidur Anda nyenyak?”.

4. Choheun Achim, Choheun Halu Doeseyo

Ketika Kamu bertemu orang lain di waktu pagi, Kamu bisa mengucapkan “choheun achim, choheun halu doeseyo” (좋은 아침, 좋은 하루 되세요). Frase ini mempunyai maksud “selamat pagi, semoga harimu menyenangkan”.

Ok mungkin pembelajaran Bahasa Korea ucapan selamat pagi saya rasa dicukupkan sekian saja. Silakan Kamu pilih mana yang akan digunakan ketika ingin mengucapkan salam di pagi hari kepada orang lain.

Baca Juga : Belajar Bahasa Korea Selamat Malam Yang Paling Sering Digunakan Di Korea

Semoga artikel ini ada manfaatnya dan jangan segan untuk bertanya jika ada hal yang kurang dipahami untuk menyampaikannya di kolom komentar.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.