Cara Mengucapkan Sama-Sama Untuk Balasan Ucapan Terima Kasih Bahasa Korea

Bahasa Korea Sama-Sama

Info Menarik – Umumnya ketika ada orang mengucapkan terima kasih, maka sebaiknya kita balas dengan ucapan “sama-sama“. Begitupun dalam Bahasa Korea, ucapan “sama-sama” ini ditemukan. Hal ini untuk mengekspresikan keramahan serta penghargaan terhadap orang yang sudah mengucapkan terima kasih. Untuk itu bagi Kamu yang sudah tahu ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea, perlu tahu juga ucapan untuk membalasnya.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Bahasa Korea Terima Kasih Dalam Percakapan Sehari-hari

Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, ucapan “sama-sama” bukan sesuatu hal yang aneh. Kalimat “sama-sama” sering kita temukan sebagai ucapan balasan ketika ada orang yang mengucapkan terima kasih. Namun tahukah Kamu bahwa di Korea sebetulnya ucapan “sama-sama” tidak begitu dikenal.

Secara umum di Korea banyak mengandalkan jawaban “uhm” (ok), “ani”, “aniyeyo”, “animnida” (no), “nae”, “ye” (yes). Bahkan orang Korea tidak memberikan jawaban apapun ketika ada orang yang mengucapkan terima kasih.

Memang sekilas kita akan berpikir bahwa hal tersebut merupakan tindakan tidak sopan. Dengan tidak dibalasnya ucapan terima kasih maka kita merasa tidak dihargai. Namun memang begitu adanya kebiasaan di negara Korea.

Bahasa Korea Sama-Sama Sebagai Balasan Ucapan Terima Kasih

Meskipun jawaban “sama-sama” di Korea bukan hal yang biasa diucapkan, namun ternyata ada juga yang suka menggunakannya. Untuk itu, bagi Kamu yang ingin membalas ucapan “sama-sama” dalam Bahasa Korea bisa menggunakan kosakata yang akan dibahas disini.

Perlunya tahu ucapan balasan “sama-sama” supaya Kamu tidak bingung atau salah menjawab ketika ada orang yang mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Korea.

Berbagai Ucapan Sama-Sama Dalam Bahasa Korea

1. Kwenchana (괜찮아)

Dalam suasana informal atau ucapan dikalangan teman-teman maka Kamu bisa menggunakan frase “kwenchana” (괜찮아) untuk mengatakan “sama-sama”. Frase ini termasuk yang paling umum digunakan di Korea.

Jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia, ini berarti “tidak apa-apa”. Agar kalimat ini lebih sopan lagi, Kamu bisa manambahkan kata “yo” (요) diakhir menjadi “kwenchanayo” (괜찮아요).

2. Anieyo (아니에요)

Alternatif lain sebagai ucapan “sama-sama” atau “terima kasih kembali” dalam Bahasa Korea adalah “anieyo” (아니에요). Sebetulnya pada dasarnya frase ini memiliki arti “tidak”. Namun bisa diimplikasikan bahwa sebagai ucapan tidak perlu untuk berterima kasih.

3. Cheonmanneyo (천만네요)

Sebagai balasan terbaik untuk membalas ucapan terima kasih adalah menggunakan frase “cheonmanneyo” (천만네요). Ucapan ini termasuk kalimat formal atau sopan. Untuk itu tidak ada salahnya Kamu gunakan kepada orang tua atau kepada atasan. Hal ini untuk menunjukkan rasa hormat Kamu kepadanya.

Silakan Kamu pilih mana yang mau digunakan! Ucapan-ucapan tersebut sebagai balasan ketika ada orang yang mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Korea. Seperti halnya ucapan terima kasih, ternyata ucapan “sama-sama” juga mempunyai lebih dari satu kalimat. Yuk kita bahas lagi ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea!

Ucapan Terima Kasih Yang Biasa Digunakan Di Korea

1. Komaweo (고마워)

Ini termasuk kalimat kasar. Untuk itu frase ini hanya cocok digunakan dikalangan teman-teman saja. Kamu bisa menggunakan kalimat ini yang ditujukan kepada orang yang lebih muda atau usianya sama dengan Kamu.

2. Kamsa-Kamsa (감사-감사)

Frase ini juga hanya diperbolehkan diucapkan untuk kalangan teman saja. Pasalnya kalimat ini termasuk kalimat akrab atau kasar.

3. Komaweoyo (고마워요)

Ucapan terima kasih ini berlaku juga untuk kalangan teman atau orang yang usianya lebih muda dari Kamu. Untuk senior atau orang yang lebih tua dari Kamu ucapan ini tidak pantas.

4. Kamsahaeyo (감사 해요)

Frase ini mungkin jarang atau hampir tidak digunakan di Korea. Kalimat ini juga hanya pantas digunakan untuk lingkungan teman-teman saja.

5. Komapseumnida (고맙습니다)

Untuk orang yang lebih tua atau senior, Kami boleh mengucapkan kalimat ini. Ucapan terima kasih ini memiliki makna penghormatan yang lebih dan sopan.

6. Kamsahamnida (감사합니다)

Ini juga termasuk frase formal atau sopan. Untuk itu Kamu bisa menggunakan kalimat ini jika lawan bicara Kamu adalah orang lebih tua.

Baca Juga : 100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari Untuk Pemula

Ok mungkin pembelajaran Bahasa Korea kali ini dicukupkan sekian saja. Semoga dengan membaca artikel ini Kamu bisa menjawab “sama-sama” ketika ada orang yang mengucapkan terima kasih Bahasa Korea.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.