Cara Mudah Import Konten WordPress File XML Berukuran Besar (Split File XML)

Cara Import Konten WordPress Ukuran Besar – Apakah Anda bingung ketika ditolak melakukan import file XML WordPress dengan alasan file terlalu besar? CMS WordPress sendiri sudah membatasi ukuran maksimal upload file XML di halaman Dashboard hanya sampai 2 MB saja. Jika kita melakukan upload file XML lebih dari 2 MB tentu saja akan ditolak. Lalu bagaimana caranya agar proses import XML lancar? Apakah harus mengubah limited upload menjadi unlimited, atau bagaimana? Kita tidak bisa mengubah batasan upload file XML tersebut di halaman Dashboard. Jika WordPress yang Anda gunakan adalah self hosted, tentunya bukan perkara yang sulit. Karena Anda bisa menempuh alternatif lain untuk import konten WordPress yaitu melalui cPanel Hosting. Namun bagaimana jika WordPress-nya adalah WordPress.com atau gratisan?

Baca Juga : Cara Pindah Hosting WordPress Dari WEB Hosting Lama Ke Hosting Baru

Buang jauh-jauh pikiran mengubah batasan upload di WordPress, karena percuma saja itu tidak akan bisa. Apalagi jika WordPress Anda adalah WordPress gratisan. Yang harus kita pikirkan sekarang adalah bisa melakukan import konten WordPress tanpa harus mengubah limited upload menjadi unlimited. Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan split file XML ukuran besar menjadi beberapa bagian.

cara-import-konten-wordpress-ukuran-besar-0

Sebetulnya tanpa melakukan split-pun kita bisa import file XML tersebut. Caranya yaitu dengan melakukan export file XML WordPress yang disesuaikan dengan ukuran file agar tidak sampai ke angka maksimal 2 MB. Misal kita export file XML menjadi per-bulan. Jika umur blog satu tahun dan jika kita backup file XML seluruhnya berukuran 12 MB, maka jika kita export per-bulan akan menjadi 1 MB persetiap filenya.

cara-import-konten-wordpress-ukuran-besar-1

Namun bagaimana jika kita tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan export file XML per-setiap bulan? Masih mending jika umur blog 1 tahun, coba kalau 5 tahun. Tentunya akan menyita waktu kita dalam melakukan backup file XML per-setiap bulan. Apakah ada solusi terbaik demi lebih menghemat waktu? Tentu saja ada! Seperti yang sudah saya singgung diatas yaitu dengan melakukan split file XML menjadi beberapa bagian (part).

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. trima kasih infonya. kepake banget trik nomor 2. pengalaman setelah make macem2 plugin, ternyata begini caranya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.