Home / WordPress / Cara Instal Plugin WordPress Dari cPanel Dengan Mudah Secara Manual

Cara Instal Plugin WordPress Dari cPanel Dengan Mudah Secara Manual


Cara Instal Plugin WordPress Dari cPanel – Apakah Anda masih bingung caranya menginstal Plugin dari CPanel? Bagi Anda yang baru belajar mengelola WordPress tentu saja hal ini masih sedikit membingungkan. Namun Anda tetap harus mempelajari cara instal plugin WordPress di cPanel. Sebab hal ini akan berguna untuk  memangkas besarnya file yang akan Anda instal di WordPress.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Dari cPanel Dengan 5 Langkah Mudah

Agar proses instalan file berjalan lancar plugin ini harus ada. Menginstal plugin melalui CPanel sering disebut menginstal secara manual. Hal ini dilakukan ketika file plugin yang akan diinstal lebih besar dari 3 MB.

Untuk menginstal file di WordPress maksimalnya adalah 2-3 MB. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Caranya cukup sederhana dan bisa dipraktekkan langsung.

5 Langkah Untuk Instal Plugin WordPress Dari cPanel

Pengetahuan seputar cara instal plugin WordPress di cPanel ini sangat penting bagi seorang blogger. Sebab Anda akan sering beraktivitas dengan file yang datanya berukuran besar dan harus melibatkan cPanel. Jika tidak diinstal bisa jadi Anda akan mendapatkan masalah dengan besarnya data yang akan dimasukkan. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan :

1. Masuk Dengan Login

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan login ke cPanel. Untuk bisa login ke cPanel caranya cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk login ke cPanel. Lakukan akses cPanel melalui IP address, nama domain, atau nama server. Ketika halaman login sudah muncul, Anda bisa memasukkan username dan password yang digunakan. Masukkan username dan password dengan tepat. Setelah itu klik tombol “log in” yang ada pada bagian paling bawah. Jika Anda tidak login terlebih dahulu maka Anda tidak bisa melakukan proses instal.

2. Pilih Menu File Manager

Setelah masuk ke cPanel, Anda akan melihat tampilan cPanel serta beberapa menu lainnya. Langkah berikutnya, Anda harus memilih menu  file manager. Klik pada bagian menu file manager. Setelah itu, Anda harus memilih folder yang tepat. Ada banyak folder yang tersedia pada menu ini. Pilih folder berupa folder public_html yang ada pada bagian bawah. Klik folder public_html untuk bisa masuk ke dalam folder.

3. Masuk Ke public_html/wp-content/plugins

Langkah selanjutnya Anda harus masuk ke directory public_html/wp-content/plugins. Setelah Anda masuk ke directory public_html/wp-content/plugins, Anda harus upload file plugin ke dalam directory tersebut. Lakukan langkah ini secara perlahan agar tidak terjadi kesalahan. Sebab bisa jadi tampilan yang Anda lihat akan sedikit membingungkan. Terlebih lagi ada banyak folder yang ada di menu file ini dengan nama yang berbeda-beda. Untuk itu lakukan setiap langkah dengan benar.

Baca Juga : 6 Plugin SEO WordPress Terbaik 2018 Yang Mudah Digunakan Oleh Pemula

4. Ekstrak File

Setelah Anda memastikan bahwa file plugin telah berada di directory yang tepat, ekstrak file plugin tersebut. Untuk mengekstrak file plugin ini caranya cukup mudah. Lihat tampilan menu pada bagian atas. Di sana terdapat banyak pilihan perintah berupa gambar yang jelas. Pilih perintah ekstrak untuk melakukan ekstrak file.Ikon perintah ini biasanya berupa kotak bertanda panah hijau. Klik pilihan ekstract pada menu bagian atas tersebut. Setelah itu tunggu proses ekstrak selesai. Ketika sudah selesai, maka akan muncul tampilan file ekstrak di bagian paling bawah. Bila tampilan ekstrak sudah muncul, berarti file plugin sudah berhasil untuk dimasukkan.

5. Cek Di Dashboard

Langkah terakhir, Anda hanya tinggal melihat pada dashbord. Cek pada dashboard WordPress yang Anda miliki. Bila sudah terinstal, maka akan muncul tampilan ikon plugins pada bagian kiri dashboard. Klik saja pada ikon plugins tersebut. Setelah di klik, maka akan muncul tulisan yang mengkonfirmasi bahwa proses yang Anda lakukan sudah selesai dan plugin sudah terinstal dan bisa digunakan. Jika ternyata masih belum terinstal, coba cek langkah-langkah yang Anda lakukan. Apakah memang sudah tepat atau Anda melewatkan hal penting yang harus dilakukan.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Sekarang Anda telah mengetahui cara instal plugin WordPress di cPanel. Lakukan langkah-langkah yang ada di atas secara urut dan perlahan. Banyak yang beranggapan cara manual ini sedikit sulit. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan langkah-langkah yang ada di atas. Semoga langkah-langkah yang tertulis di atas bisa membantu Anda dalam menginstal plugin dari cPanel.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. terima kasih banyak untuk artikel kamu :)

    cpanel sangat mudah digunakan!!

    Maafkan saya bahasa Indonesia saya tidak terlalu baik! tapi itu bahasa yang menarik minat saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.