Home / Teknologi / Cara Jitu Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Yang Perlu Anda Ketahui!

Cara Jitu Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Yang Perlu Anda Ketahui!

Cara Jitu Merawat Keyboard Laptop – Di zaman yang serba modern ini, peran perangkat elektronik menjadi sangat penting bagi kegiatan kita sehari-hari. Dan salah satunya laptop. Saat menggunakan laptop kita juga tidak bisa terlepas dari sebuah keyboard yang menjadi komponen penting didalamnya. Lalu, bagaimana sih cara merawat keyboard laptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak?

Baca Juga : 5 Hal Penting Wajib Tahu Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Keyboard Laptop

Berikut 5 Cara Jitu Merawat Keyboard Laptop

Seperti yang kita ketahui, keyboard menjadi suatu komponen penting bagi sebuah laptop. Untuk itulah, kehadiran keyboard sendiri harus dijaga dengan baik dan sebisa mungkin dirawat agar keyboard yang ada dalam laptop yang Anda miliki tidak mudah rusak. Berikut ini merupakan 5 cara jitu yang bisa Anda praktekkan untuk merawat keyboard laptop Anda.

1. Gunakan Cover untuk Keyboard

Cara untuk merawat keyboard laptop Anda yang pertama adalah dengan menggunakan cover atau penutup untuk di letakkan diatas keyboard. Sebagai benda yang seringkali kita sentuh dan gunakan, keyboard mau tidak mau menjadi rawan akan kotoran dan juga minyak yang mungkin berasal dari tangan kita.

Nah, untuk menjaga agar keyboard tetap awet, Anda disarankan untuk memberikan sebuah cover atau penutup pada keyboard yang biasanya masih akan tetap terlihat huruf-huruf pada keyboard itu. Dengan adanya cover ini, keyboard laptop Anda akan aman dari kotoran dan minyak yang mungkin bisa menempel pada keyboard tersebut.

2. Hindari Menekan Keyboard Terlalu Kencang

Kebiasaaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah menekan keyboard terlalu kencang untuk mengetik, padahal, keyboard masih tetap akan memiliki sensitifitas yang tinggi walaupun kita menekannya dengan tidak terlalu keras. Justru, hal ini akan menyebabkan keyboard menjadi cepat mudah rusak jika Anda menekannya terlalu keras.

3. Jauhkan Keyboard dari Benda Cair

Anda pasti pernah menjumpai kasus keyboard tersiram air ataupun benda cair lainnya, yang menyebabkan keyboard laptop menjadi tidak berfungsi lagi atau rusak. Benda cair memang bisa menyebabkan kerusakan jika terkena ke perangkat elektronik termasuk laptop.

Dan banyak orang yang sering menyepelekan tentang hal ini, mereka dengan ceroboh selalu meletakkan benda cair dalam bentuk apapun itu didekat laptop mereka. Padahal, ketika air itu tumpah karena ketidak sengajaan, keyboardlah yang akan mengalami kerusakan paling besar karena air bisa masuk dengan mudah di sela-sela keyboard tersebut, maka dari itu, untuk merawat keyboard laptop yang Anda miliki, letakkan benda cair jauh dari jangkauan laptop Anda.

4. Bersihkan Keyboard Secara Rutin

Cara merawat keyboard laptop selanjutnya adalah dengan membersihkan keyboard secara rutin. Debu dan kotoran menjadi hal yang akan dengan mudah masuk kedalam keyboard laptop yang Anda miliki. Untuk itulah, membersihkan keyboard laptop menjadi hal yang wajib Anda lakukan secara rutin.

Caranya cukup mudah, Anda bisa menggunakan selotip untuk membersihkan bagian sela-sela keyboard atau juga bisa menggunakan kain microfiber.

5. Hindari Meletakkan Benda Berat diatas Keyboard Laptop

Dan cara terakhir adalah dengan menghindari untuk meletakkan benda berat diatas keyboard laptop Anda. Hal ini disebabkan, benda berat akan memberikan tekanan lebih kepada keyboard laptop Anda dan mengakibatkan keyboard Anda menjadi terbebani. Jika dibiarkan terus menerus, hal ini dapat berpotensi untuk merusak keyboard laptop.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

Pentingnya Merawat Keyboard Laptop

Keyboard menjadi komponen yang sangat penting bagi sebuah laptop ataupun komputer. Apalagi bagi laptop yang letak dari keyboard tersebut sudah menjadi satu dengan unit laptop itu sendiri, sehingga keyboard menjadi hal yang sangat penting bagi suatu unit laptop.

Selain sebagai alat mengetik, didalam keyboard juga mengandung beberapa tombol perintah penting yang akan digunakan untuk mengoperasikan suatu laptop. Maka dari itu, ketika sebuah keyboard menjadi rusak, maka hal ini juga akan mempengaruhi laptop itu sendiri secara keseluruhan.

Baca Juga : Cara Cek Keyboard Laptop Dan Komputer Secara Online & Bantuan Software

Oleh karena itulah, sebagai pemilik dari laptop, sudah sewajarnya Anda juga harus memperhatikan kesehatan dari keyboard laptop itu sendiri. Ingat, merawat keyboard laptop bukanlah suatu pekerjaan yang rumit dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya. Jangan sampai keteledoran Anda menyebabkan keyboard laptop yang Anda miliki menjadi rusak.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.