Home / Tips Trik / 6 Tips Membeli Laptop Disesuaikan Dengan Kebutuhan Lengkap Cara Perawatan

6 Tips Membeli Laptop Disesuaikan Dengan Kebutuhan Lengkap Cara Perawatan

Tips Membeli Laptop

Info Menarik – Tips membeli laptop yang akan dijelaskan di bawah ini perlu diperhatikan baik-baik, terutama bagi Anda yang hendak menentukan jenis laptop. Laptop itu sendiri ada berbagai macam jenis dan tipenya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Laptop desain pasti membutuhkan spesifikasi yang lebih andal daripada hanya untuk mengetik laporan sederhana.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

Berbeda lagi dengan laptop yang digunakan oleh mahasiswa informatika atau yang sudah bekerja di bidang itu, spesifikasi nya lebih tinggi lagi daripada yang lain. Selain itu, brand juga memberi pengaruh yang cukup besar karena kredibilitas brand menggambarkan kualitas produk yang dijualnya. Oleh karena itu, sebelum membeli produk laptop sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis dan spesifikasi nya.

Tips Membeli Laptop dan Cara Merawat Laptop yang Baru

Membeli laptop bukan hal yang bisa dilakukan dengan sekali pilih lalu beli dan langsung dibawa pulang. Sebelum itu, masih ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan karena harga sebuah laptop juga tidak murah, terutama untuk kebutuhan khusus. Nah, di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips untuk membeli laptop agar sesuai dengan kebutuhan Anda, antara lain:

6 Tips Membeli Laptop yang Disesuaikan Dengan Kebutuhan

1. Pastikan Alasan Membeli Laptop

Pastikan alasan Anda untuk membeli laptop sudah jelas dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai beli laptop hanya karena ikut-ikutan tren teman-teman di sekitar. Laptop merupakan perangkat yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan Anda. Tips membeli laptop yang pertama yaitu buat alasan yang masuk akal dan jangan beli hanya untuk main-main atau ikut-ikutan.

2. Tentukan Kebutuhan Penggunaan Laptop

Jika sudah yakin akan membeli laptop, selanjutnya tentukan laptop seperti apa yang dibutuhkan dan akan digunakan untuk aktivitas apa. Jika laptop tersebut hanya untuk membuat laporan sederhana dan mengetik ringan, maka laptop spesifikasi rendah sudah mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun, untuk seorang desainer grafis, butuh spesifikasi graphics yang lebih tinggi dan RAM yang lebih besar untuk membuka software grafis. Jika Anda desainer interior atau arsitek, RAM dan graphics yang dibutuhkan lebih besar lagi. Untuk pemain game, ada laptop khusus dengan spesifikasi yang kuat dan tahan lama. Itulah tips membeli laptop dari semua jenis dan fungsi atau kebutuhan yang berbeda-beda.

3. Cari Laptop di Tempat yang Terpercaya

Membeli laptop bisa di mana saja, bahkan di pinggir jalan juga sudah banyak toko-toko kecil yang menjual laptop dan aksesorisnya. Namun, yang perlu dipertanyakan apakah tempat atau toko penjualan laptop tersebut sudah terpercaya? Jika ingin yang benar-benar terpercaya, belilah langsung di gerai resmi. Namun, biasanya harga yang ditawarkan cukup ketat dan lebih mahal daripada di pasaran selain gerai resmi.

Pilihan lainnya, Anda bisa mengunjungi mall atau pusat perbelanjaan khusus menjual barang-barang elektronik dan bisa pilih-pilih di sana. Anda juga bisa membeli barang melalui marketplace, tetapi perhatikan tips membeli laptop secara online yaitu belilah pada toko/gerai berlabel resmi.

4. Jangan Tergiur Promo atau Harga Miring

Saat ini banyak toko yang menawarkan laptop dengan harga miring, jangan sampai Anda mudah tergiur. Tetap lakukan pengecekan tentang spesifikasi dan garansi dari laptop tersebut. Beberapa gerai non resmi terkadang memanfaatkan barang bekas yang diperbaiki dan dijual kembali, atau disebut barang refurbish. Hal ini tentu akan merugikan Anda karena biasanya lebih murah tetapi lebih cepat rusak.

Ketahuilah berapa harga resmi dari laptop yang ingin Anda beli, kemudian bandingkan dengan harga yang ditawarkan. Jika harganya sangat jauh, maka cobalah menanyakan apa yang membuatnya menjadi murah. Biasanya orang-orang lupa melihat spesifikasi secara lengkap, padahal ini merupakan tips membeli laptop yang utama dan bisa digunakan sebagai perbandingan.

5. Pilihlah Merek atau Brand yang Terpercaya

Brand atau merek adalah salah satu penentu kualitas laptop itu sendiri. Meski beberapa laptop memiliki spesifikasi yang sama, namun kualitas produk brand satu dengan yang lain pasti beda. Beberapa brand yang sudah dipercaya memiliki kualitas bagus seperti Acer, Asus, Samsung, Toshiba, HP, Dell, Apple dan lain sebagainya. Namun, Anda harus tetap memperhatikan spesifikasi detail nya.

6. Adanya Garansi dan Jasa Service

Brand yang terpercaya pasti memastikan produk mereka tahan lama dan tidak ada kerusakan. Dengan begitu, mereka akan dengan mudah memberikan garansi jika terjadi kerusakan diluar pemakaian ang tidak benar. Garansi tersebut akan membantu Anda mendapatkan jasa service langsung dari gerai resmi dan tanpa biaya. Jangan membeli laptop yang garansi nya tidak jelas, karena bisa jadi kualitasnya tidak bagus.

Baca Juga : 5 Cara Sederhana Membuat Laptop Tetap Prima Meskipun Laptop Jadul

4 Tips Merawat Laptop yang Masih Baru biar Laptop Awet

Jika sudah membeli produk dengan bantuan tips membeli laptop di atas, apa yang selanjutnya harus dilakukan? Jawabannya adalah perawatan yang baik dan benar. Se mahal apapun laptop yang Anda beli jika tidak dirawat dengan baik maka akan cepat rusak. Di bawah ini ada beberapa tips untuk merawat laptop sejak pemakaian pertama, antara lain:

1. Beri Pelindung Layar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi pelindung layar agar tidak mudah tergores dan aman juga untuk kesehatan mata Kita. Pelindung layar umumnya sudah satu paket dengan pembelian laptop, namun Anda perlu menanyakannya.

Apabila tidak termasuk dalam paket pembelian maka segeralah membeli dan memasangnya. Selain itu, gunakan tas pelindung saat membawa laptop ke luar rumah agar aman dari benturan.

2. Jangan Lupa Install Antivirus

Setelah mempelajari tips membeli laptop dan berhasil membawa pulang laptop yang sesuai, langsung install antivirus untuk menghalau serangan virus/malware. Hal ini sangat diperlukan karena penggunaan laptop pasti tidak luput dari koneksi internet di mana akan banyak virus yang tersebar di sana.

Baca Juga : Cara Melindungi Komputer dan Laptop Dari Serangan Virus

3. Hindari File atau Aplikasi tak Dikenal

Saat berselancar di internet, biasanya banyak sekali file atau aplikasi yang muncul tiba-tiba dan otomatis di download. Nah, jangan langsung yes atau OK jika muncul file seperti ini. Hal ini sangat mencurigakan dan bisa saja mengandung virus atau malware berbahaya yang dapat merusak isi laptop Anda.

4. Shutdown Setelah Selesai Digunakan

Jangan terbiasa membiarkan laptop dalam keadaan hidup jika sudah tidak digunakan. Hal ini akan membuat perangkat laptop tetap bekerja saat menyala dan terbebani. Matikan saja jika sudah tidak digunakan lagi, Anda bisa menghidupkan kembali jika diperlukan.

Baca Juga : 5 Cara Shut Down Komputer Atau Laptop OS Windows Yang Lain Dari Biasanya

Itulah beberapa tips membeli laptop serta bagaimana merawatnya sejak pemakaian pertama. Semoga informasinya bermanfaat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.