Home / Teknologi / Mengetahui 4 Penyebab Komputer Cepat Rusak dan Cara Mencegahnya!

Mengetahui 4 Penyebab Komputer Cepat Rusak dan Cara Mencegahnya!

Penyebab Komputer Cepat Rusak – Komputer menjadi salah satu perangkat elektronik yang sering kita gunakan sehari-hari untuk membantu mempermudah aktivitas dan pekerjaan kita. Dan karena peran pentingnya itulah komputer menjadi benda yang harus kita jaga dengan baik. Namun, apakah Anda tahu apa penyebab komputer cepat rusak?

Baca Juga : 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

Kenali 4 Penyebab Komputer Cepat Rusak

Komputer yang merupakan perangkat elektronik, tidak dapat kita pungkiri bisa mengalami kerusakan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Dan diantara banyaknya penyebab komputer cepat rusak tersebut adalah :

1. Debu yang Menumpuk

Penyebab komputer cepat rusak yang pertama adalah karena adanya debu yang menumpuk. Sebagai benda yang sering kali diletakkan di suatu ruangan, komputer yang kita gunakan memiliki potensi sangat besar untuk terkena debu dan juga kotoran. Apalagi jika komputer tersebut diletakkan pada lingkungan yang kotor, dan juga jarang untuk dibersihkan maka peluang debu menumpuk juga akan semakin besar.

Debu menumpuk ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa komputer yang Anda miliki menjadi cepat rusak.

2. Overheating

Penyebab komputer cepat rusak yang kedua adalah overheating atau panas berlebih. Kondisi overheating ini bisa terjadi ketika kita menggunakan komputer dalam jangka waktu yang sangat lama serta tidak disertai jeda. Parahnya lagi biasanya tanpa tambahan kipas komputer.

Kondisi overheating akan sangat berbahaya bagi komputer dan menyebabkan komputer menjadi cepat rusak. Selain itu bukan tidak mungkin akan menyebabkan komputer menjadi blank pada saat tertentu atau blue screen.

3. Virus

Kemudian, virus juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer cepat rusak. Seperti yang kita ketahui terdapat banyak sekali macam-macam dari virus yang bisa menyerang komputer kita. Dan virus tersebut bisa membuat komputer menajdi cepat rusak jika tidak ditangani dengan baik.

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

4. Listrik yang Tidak Stabil

Dan penyebab yang terakhir adalah aliran listrik yang tidak stabil. Aliran listrik sangat berperan penting terhadap suatu komputer. Untuk itulah ketika jaringan listrik tidak stabil, dan bisa mati mendadak, maka komputer pun akan cenderung lebih mudah untuk rusak.

Cara Mencegah Komputer Cepat Rusak

Lalu, bisakah komputer rusak dicegah? Maka jawabannya adalah bisa. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk mencegah komputer menjadi cepat rusak.

1. Bersihkan komputer secara berkala

Untuk mencegah penyebab komputer cepat rusak yang pertama adalah dengan membersihkan komputer dari debu dan kotoran secara berkala. Dengan membersihkan debu ini, komponen yang ada di dalam komputer bisa menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Anda bisa membersihkan komponen ini dengan menggunakan kain microfiber ataupun sikat fiber dengan permukaan yang halus.

2. Gunakan kipas

Gunakan kipas untuk mencegah overheating pada komputer. Overheating menjadi salah satu penyebab komputer cepat rusak. Oleh karena itu, dalam penggunaannya usahakan menggunakan kipas komputer agar tidak berada dalam kondisi yang overheating sehingga komputer Anda akan jauh lebih awet.

3. Pasang antivirus yang berkualitas

Langkah ketiga, bisa Anda tempuh dengan memasangkan software antivirus yang berkualitas pada komputer yang Anda miliki. Antivirus ini akan sangat berperan dalam menjaga komputer Anda dari dalam yaitu dari serangan virus yang bisa berpotensi merusak komputer Anda.

Terdapat banyak sekali macam software antivirus yang berkualitas. Dan Anda bisa memasangkan salah satu dari software yang berkualitas tersebut di dalam komputer Anda sehingga komputer yang Anda miliki menjadi lebih awet.

Baca Juga : 8 Antivirus Terbaik Untuk Laptop Yang Wajib Anda Miliki

4. Pastikan jaringan listrik stabil

Dan penyebab komputer cepat rusak yang terakhir bisa dicegah dengan memastikan bahwa aliran listrik atau jaringan listrik yang digunakan di rumah atau kantor Anda sudah dalam kondisi yang stabil. Hal ini untuk mencegah adanya kemungkinan komputer blackout karena pemadaman listrik dan aliran jaringan yang tidak stabil.

Yang mana seperti yang kita tahu listrik memainkan peranan yang sangat penting bagi sebuah komputer, jadi pastikan dahulu kestabilan listrik yang digunakan oleh komputer Anda.

Baca Juga : Terbukti Dengan Cara Ini Bisa Menghemat Tagihan Listrik Yang Membengkak

Nah itulah informasi lengkap mengenai penyebab komputer cepat rusak dan cara mencegahnya. Jangan lupa selalu rawat komputer Anda dengan baik ya!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Aliran listrik yang ga stabil memang betul bisa jdi penyebab barang elektronik khususnya komputer cpt rusak, harus pakai stabilizer brarti yaa biar awet hehe.

  2. terimakasih informasinya sangat mengedukasi setiap yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.