Sabtu, 21 Januari 2023

Download Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah Format Word Bisa Kamu Edit

Download Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah

Info Menarik – Demi untuk meningkatkan kinerja serta mutu Madrasah maka sebaiknya setiap Madrasah wajib memiliki Evaluasi Diri Madrasah. Untuk Kamu yang bingung tidak tahu format Evaluasi Diri Madrasah, pada artikel ini saya akan membagikan contohnya yang dapat Kamu download secara gratis. Lampiran file download yang saya lampirkan adalah format Office Word atau dokumen. Sehingga nanti bisa Kamu ubah disesuaikan dengan kondisi Madrasah masing-masing.

Baca Juga: Download SK Kelulusan Madrasah Berikut Kriteria Kelulusan dan Berita Acara

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah sebuah mekanisme untuk mengevaluasi Madrasah secara internal. EDM ini dilakukan oleh kepala Madrasah dan juga pendidik atau guru kemudian komite Madrasah dan juga orang tua dengan bantuan pengawas Madrasah.

Hasil finish dari EDM tersebut Madrasah manfaatkan sebagai bahan acuan untuk menyusun program pengembangan Madrasah yang lebih lanjut lagi. Setiap Madrasah penting melaksanakan EDM, hal ini sebagai satu kebutuhan untuk lebih meningkatkan lagi kinerja serta mutu Madrasah yang secara berkelanjutan.

Penyusunan laporan EDM Madrasah gunakan untuk menindaklanjuti beberapa temuan melalui sebuah instrumen yang merujuk kepada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP), yaitu:

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Lulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pembiayaan
  7. Standar Pengelolaan
  8. Standar Penilaian

Manfaat Evaluasi Diri Madrasah bagi Pengembangan Madrasah

Pada prinsipnya EDM merupakan sebuah penilaian atau evaluasi yang dilakukan oleh warga Madrasah itu sendiri. Penyusunan EDM harus dengan penuh kesadaran serta kejujuran yang mempunyai maksud untuk perbaikan mutu pendidikan pada Madrasah.

1. Pencapaian Kinerja Madrasah

Untuk manfaat EDM yang pertama adalah Madrasah akan mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian kinerjanya selama ini. Hal ini Madrasah dapat mengukur kinerjanya melalui 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

2. Mengetahui Kondisi Madrasah

Melalui penyusunan EDM maka Madrasah bisa mengetahui kelemahan, kekuatan serta tantangan yang Madrasah miliki. Madrasah dapat menggunakan analisis Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) yang merupakan sebuah proses analisis dalam membuat perencanaan.

3. Madrasah Memiliki Peluang Perbaikan

Manfaat selanjutnya adalah melalui EDM maka Madrasah dapat mengetahui peluang apa saja kedepannya untuk memperbaiki mutu pendidikan. Kemudian Madrasah dapat menilai sebuah keberhasilan serta dapat melakukan penyesuaian dengan program yang ada.

4. Mengetahui Kebutuhan Madrasah

Selanjutnya dengan EDM maka Madarasah akan mengetahui jenis kebutuhan apa saja yang Madrasah perlukan demi untuk perbaikan mutu Madrasah.

5. Program Prioritas madrasah

Salah satu fungsi dari EDM adalah sebuah proses untuk melakukan penilaian terhadap program-program yang Madrasah lakukan selama satu tahun. Sehingga dengan Evaluasi Diri Madrasah kita dapat mengidentifikasi program atau kegiatan yang menjadi prioritas untuk meningkatkan kinerja madrasah.

6. Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM)

Selanjutnya manfaat Evaluasi Diri Madrasah yang terakhir adalah sebagai bahan untuk penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM). Tahapannya sebelum menjadi RKAM maka Madrasah perlu untuk menyusun Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) yang rinciannya dari Rencana Kegiatan Jangka Menengah (RKJM).

Download Contoh Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah

Selanjutnya jika Kamu bingung bagaimana cara membuat Evaluasi Diri Madrasah terutama tingkat Madrasah Ibtidaiyah, maka di bawah saya akan berbagi contoh file EDM dalam format dokumen (.doc). Silakan Kamu pelajari sendiri bagian mana yang tidak sesuai dengan fakta dilapangan Madrasah Ibtidaiyah Kamu.

Karena file EDM ini format .doc tentunya Kamu bisa melakukan edit ulang secara mudah. Kamu tinggal membukanya pada program pengolah kata seperti Microsoft Office Word.

Contoh EDM ini lengkap dan gratis bisa Kamu dapatkan. EDM ini terdiri dari file halaman kaper/judul, pengesahan, dan isi EDM.

Download Evaluasi Diri Madrasah Ibtidaiyah

Mungkin hanya itu saja artikel ini silakan Kamu download untuk Kamu jadikan patokan dalam penyusunan EDM di Madrasah.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. saya mau tau tak coba download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.