Home / Software / 5 Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop. Stop Dibawa Ke Tempat Service!

5 Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop. Stop Dibawa Ke Tempat Service!

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop – Pernahkah Anda ketika mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas yang penting namun laptop Anda tiba-tiba mati dan muncul warna biru dengan seketika? Kondisi itu dinamakan sebagai Blue Screen atau yang lebih lengkapnya adalah Blue Screen of Death yang menyebabkan data atau tugas yang sedang Anda kerjakan menjadi hilang. Lalu bagaimana cara mengatasi Blue Screen?

Mengatasi blue screen bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan akan tetapi juga bukan perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan ketika laptop kita mengalami blue screen, maka ada suatu masalah yang terjadi pada software atau hardware dan itu membutuhkan penanganan yang benar agar laptop terhindar dari bahaya lebih jauh lagi. Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

Sebenarnya, apa sih Blue Screen itu?

Jadi, pada dasarnya blue screen atau Blue Screen of Death (BSOD) merupakan sebuah kondisi dimana laptop yang sedang Anda gunakan tiba-tiba mati dan muncul warna biru secara total dilayar Anda dengan beberapa tulisan yang menunjukkan bahwa dalam laptop Anda telah terjadi crash sistem. Mengatasi blue screen harus Anda lakukan ketika laptop Anda mengalami masalah seperti ini.

Mengapa mengatasi blue screen menjadi begitu penting? Hal ini dikarenakan ketika laptop Anda berada dalam kondisi blue screen maka dapat dipastikan telah adanya masalah yang terjadi pada hardware atau software yang ditanamkan di laptop Anda. Blue screen akan secara otomatis terjadi ketika Windows  dan Error Stop bertemu yang akan menyebabkan kegagalan atau crash kritis yang terjadi pada laptop Anda dan menyebabkan laptop Anda berhenti bekerja.

Tentu saja masalah tersebut harus segera diatasi dengan cepat. Selain itu, mengatasi blue screen juga penting untuk dilakukan karena ketika laptop Anda berada dalam kondisi blue screen maka data atau tugas yang sedang Anda kerjakan menjadi hilang tanpa tersisa. Tentunya ini merupakan hal yang sangat menyebalkan apalagi jika itu merupakan tugas atau data yang bersifat penting dan mendesak. Untuk itulah blue screen harus segera diatasi.

5 Cara Mengatasi Blue Screen

Lalu jika memang blue screen harus segera diatasi, cara apa yang bisa dilakukan? Maka berikut ini merupakan 5 langkah atau cara yang bisa Anda lakukan atau tempuh untuk mengatasi blue screen yang terjadi pada laptop Anda :

1. Scan Malware

Cara mengatasi blue screen yang pertama adalah dengan scan malware. Ketika blue screen terjadi, maka secara otomatis atau default laptop Anda atau windows pada laptop Anda akan melakukan restart, dan ketika restart telah selesai maka akan sangat disarankan untuk Anda melakukan scan terhadap segala malware atau bahaya yang ada dalam laptop Anda menggunakan antivirus.

Baca Juga : Waspada Malware Di Android Bisa Mencuri Data Login Media Sosial Anda!

Dengan melakukan scan terhadap malware, Anda bisa mengetahui dan menghilangkan kemungkinan virus lain yang akan menyerang laptop Anda sehingga blue screen bisa dicegah dikemudian hari.

2. Booting ke Safe Mode

Cara mengatasi blue screen yang kedua adala dengan melakukan booting ke safe mode. Anda bisa masuk ke dalam safe mode. Dalam safe mode, Windows akan secara otomatis mengambil beberapa driver utama yang penting. Hal inii bisa dilakukan terutama ketika blue screen yang terjadi disebabkan karena Anda salah menginstall driver hingga menyebab blue screen.

3. Periksa Hardware pada Laptop

Blue screen yang terjadi pada laptop tidak hanya disebabkan oleh adanya masalah software akan tetapi juga  masalah software. Dan salah satu cara mengatasi blue screen adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap hardware. Anda bisa melakukannya dengan cara membuka Memory Diagnostic Tool pada start menu.

4. Install Update Driver

Blue screen dapat disebabkan karena kesalahan install driver atau driver tersebut tidak diupdate. Mengatasi blue screen dapat dilakukan dengan cara menginstall driver terbaru atau mengupdatenya.

5. Install Ulang Windows

Install ulang secara total windows dari laptop Anda menjadi pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami masalah blue screen. Dengan cara ini maka sistem yang berjalan di laptop Anda akan terbangun seperti awal lagi.

Baca Juga : 6 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menginstall Windows Di Komputer

Ok mungkin artikel Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkan.

 

META

Judul            : 5 Cara Mengatasi Blue Screen pada Laptop

Deskripsi      : berikut ini merupakan informasi lengkap mengenai cara mengatasi blue screen pada laptop Anda.

Keyword       : mengatasi blue screen

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.