Rabu, 30 November 2022

Cara Membuat Foto Fokus Dengan Efek Radial Blur di Photoshop

Info Menarik – Terkadang ketika kita mengambil foto menggunakan kamera lupa mengaktifkan efek fokus sehingga ketajaman gambar antara objek dan background sama. Terlebih lagi jika kamera yang kita gunakan tidak memiliki pengaturan efek fokus otomatis. Nah, jika demikian maka silakan gunakan program Photoshop untuk mengeditnya. Karena di Photoshop kita bisa mengubah atau mengedit foto menjadi fokus terhadap objek tertentu.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Foto di Photoshop dengan Cepat dan Mudah

Berikut contoh foto fokus terhadap objek tertentu yang sudah saya edit di Photoshop:

Cara Membuat Foto Fokus 01

Foto di atas tentu sudah memiliki perbedaan ketajaman gambar antara objek dan background. Foto objek jelas terlihat sedangkan background menjadi blur.

Membuat foto fokus bisa kita setting langsung di kamera sebelum melakukan pemotretan. Namun tidak semua jenis kamera yang menyediakan efek fokus otomatis. Hal ini tergantung dari jenis kamera dan tentunya harga dari kamera tersebut yang membedakan antara memiliki pengaturan foto fokus dan tidak.

Cara Membuat Foto Fokus di Photoshop

Baik, jika Kamu memiliki koleksi foto dan ingin Kamu edit agar memiliki efek fokus silakan gunakan program Photoshop untuk mengubahnya.

Namun sebelum saya mulai tutorialnya, untuk memudahkan dalam praktek membuat foto fokus silakan Kamu download gambar yang serupa dengan tutorial. Kamu bisa download pada tombol yang sudah saya sediakan di bawah ini:

1. Buka Program Photoshop

Setelah download foto atau gambar yang sesuai dengan tutorial, silakan Kamu buka program Photoshop yang sudah terinstall di komputer atau laptop. Pada artikel ini saya menggunakan Photoshop CS3.

2. Buka Foto atau Gambar

Setelah Photoshop terbuka, selanjutnya silakan Kamu buka foto atau gambar yang akan kita edit menjadi foto fokus. Dalam contoh kali ini saya menggunakan foto Valentino Rossi sedang menggunakan motor.

Untuk membuka foto atau gambar di Photoshop silakan klik menu File kemudian Open. Atau bisa juga dengan menakan tombol Ctrl + O pada keyboard secara bersamaan. Selain itu bisa juga dengan klik ganda atau double klik pada area kosong Photoshop.

3. Buat Layer Baru

Setelah foto atau gambar terbuka di Photoshop, langkah selanjutnya silakan Kamu buat layer baru. Untuk membuat layer baru di Photoshop Kamu klik tombol Create a new layers yang terdapat di Pallet Layers. Kemudian ubah nilai Opacity Layer menjadi 20% atau 40%.

Cara Membuat Foto Fokus 02

4. Tandai Foto dengan Brush

Setelah membuat layer baru dan mengubah nilai opacity sesuai dengan yang saya contohkan di atas, langkah selanjutnya tandai atau seleksi foto. Karena kita akan memisahkan foto objek atau foto Valentino Rossi dengan background, maka silakan Kamu seleksi pada bagian Valentino Rossi dan motornya.

Untuk menandai atau menyeleksi foto silakan gunakan Brush Tool. Aktifkan Brush Tool kemudian Kamu setting pada Mode menjadi Normal dan nilai Opacity menjadi 100% serta Flow juga 100%.

Setelah melakukan pengaturan seperti yang sudah saya jelaskan di atas, silakan tandai foto Valentino Rossi menggunakan Brush Tool. Kamu gosok-gosokkan pada area foto atau objek yang nantinya akan kita abaikan atau tidak akan dibuat blur.

Nanti jika Kamu sudah menandai foto dengan Brush Tool, maka pada Pallet Layers akan tampak seperti gambar berikut ini:

Cara Membuat Foto Fokus 03

5. Aktifkan Seleksi pada Foto

Selesai menandai foto objek dengan Brush Tool, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan seleksi. Sekarang Kamu arahkan kursor mouse di Layer 1, tepatnya pada bagian hasil tanda Brush Tool. Tekan Ctrl pada keyborad dan klik bersamaan tepat di bagian Brush Tool Layer 1. Tindakan ini akan membentuk seleksi bagian tanda Brush Tool yang ada di Canvas.

Selanjutnya kita harus memindahkan posisi seleksi yang awalnya seleksi mengarah ke dalam atau ke foto objek ubah posisinya menjadi seleksi ke luar atau mengarah ke background.

Untuk memindahkan bagian yang terseleksi, klik menu Select > Inverse. Karena jika Kamu tidak melakukan Inverse, maka nanti yang blur malah objek yang seharusnya kita tonjolkan ketajaman warnanya. Sedangkan dalam hal ini kita akan memberikan efek blur pada background.

Cara Membuat Foto Fokus 04

Kemudian Kamu aktifkan Layer Background pada Pallet Layers.

Cara Membuat Foto Fokus 05

6. Gunakan Radial Blur Agar Foto Objek menjadi Fokus

Ok sekarang tugas kita adalah memberikan efek blur pada background. Hal ini agar foto objek atau foto Valentino Rossi menjadi fokus jelas terlihat.

Untuk membuat blur pada background silakan aktifkan menu Filter > Blur > Radial Blur. Dalam hal ini silakan Kamu sesuaikan pengaturan Radial Blur dengan resolusi foto. Untuk foto yang saya contohkan disini adalah saya memberikan nilai 10 pada Amount. Blur Method saya pilih Zoom dan Quality saya pilih Best.

Langkah selanjutnya jika kita sudah selesai memberikan efek Radial Blur pada background, hapus Layer 1 pada Pallet Layers.

Selesai! Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat bereksperimen dan semoga sukses serta sesuai dengan yang Kamu harapkan. Jika menemukan kesulitan, silakan Kamu sampaikan pada kolom komentar. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

9 comments

  1. wah, mantap tutorialnnya. pernah nyoba photosop tapi komputernya kurang canggih jadinya lemmot :(

    • memang program design grafic seperti Adobe Photoshop memerlukan speak komputer yang tinggi, tapi jangan patah semangat mas karena bisa memilih versi Adobe Photoshop yang sesuai dengan speak komputernya …

  2. Canggiiih. Saya tuh ga telaten buat bikin selectionnya Mas. Hahaha

    • padahal dalam hal edit photo kunci dasarnya adalah ketelatenan dalam seleksi photo … hihihihi

      • sangat cocok buat saya yg ilmunya hasil dari coba-coba (otodidak). tutorialnya sangat bermanfaat sekali. terima kasih sukses selalu

  3. Photoshop udah ga ada lagi di notebokk,
    padahal hasil foto bisa dimacem-macemin ya, keren.

    • sayang mas kalau notebooknya tidak ada program photoshopnya, dengan photoshop kita bisa berkreasi lebih akan koleksi photo kita.

  4. Adakah tutorial untuk membuat foto yg agak kabur menjadi fokus ? Pengen tau caranya ne mas. Atau tau nma softwrenya?

    • Jika foto yang dihasilkan dari kamera resolusi rendah memang sulit mba untuk diperjelas sekalipun menggunakan program Adobe Photoshop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.