Cara Mudah Membuat Konten Berkualitas Untuk Pengembangan Website

Cara Mudah Membuat Konten Berkualitas

Info Menarik – Di era digital saat ini hampir segala urusan dilakukan secara online dengan alasan kepraktisan dan kecepatan. Media yang digunakan juga sudah tidak lagi berupa fisik melainkan dalam bentuk digital seperti website, blog atau vlog. Konten merupakan nyawa yang akan sangat berpengaruh pada media digital apakah efektif atau tidak. Sehingga penting diketahui bagaimana cara membuat konten yang berkualitas.

Baca Juga : Artikel Yang Bisa Cepat Terindex Oleh Google

Sebagai pengguna internet sekaligus bagian dari masyarakat digital kita memang tidak bisa lepas dari keberadaan media tersebut. Sadar atau tidak hampir setiap hari kita sebenarnya mencari konten-konten itu dengan mengetikkan sebuah kata kunci tertentu pada mesin telusur. Google adalah mesin pencarian yang paling umum digunakan orang dan disanalah efektivitas konten akan diuji.

Agar website atau situs, blog atau vlog bisa ditemukan oleh lebih banyak pengguna internet, konten harus berkualitas. Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Konten Yang Berkualitas Sekaligus Menarik Minat Pembaca

1. Buatlah Konten yang Original

Jangan pernah melakukan copy paste dari konten atau artikel yang sudah ada karena hal tersebut akan menurunkan reputasi Anda di mata pengunjung. Tulislah konten yang memang merupakan hasil dari pemikiran Anda sendiri bukan hanya menyalin milik orang lain. Kalau masih bingung apa yang akan Anda tuangkan dalam konten carilah informasi terkait sebanyak-banyaknya terlebih dahulu.

Boleh membaca konten hasil karya orang lain tetapi pergunakan sebagai referensi saja jangan disalin sepenuhnya. Konten original karya Anda tidak harus sempurna selama topik atau temanya pas, orang akan menyukainya. Original juga diartikan jangan memposting konten dengan tema yang sama berkali-kali. Hal tersebut justru akan menurunkan rating situs sekaligus reputasi website Anda.

2. Buatlah Judul atau Headline yang Menarik

Judul juga merupakan salah satu bagian dari cara membuat konten yang berkualitas. Mengapa demikian? Judul saja bisa membantu menaikan statistik pengunjung dari website atau situs Anda. Karena pada faktanya sekitar 80% orang yang melakukan pencarian sebuah halaman hanya membaca judul atau headline saja. Baru sisanya sekitar 20% membaca keseluruhan isi konten.

Jangan lupakan bahwa berminat tidaknya orang membaca atau mengunjungi website Anda tergantung juga pada judulnya. Kebanyakan orang tertarik untuk membaca sebuah artikel karena judulnya membuat penasaran. Kalau belum bisa membuat keseluruhan isi konten secara berkualitas setidaknya buatlah judul yang menarik pengunjung.

3. Memiliki Tujuan yang Jelas

Konten berkualitas adalah yang memiliki tujuan jelas bukan asal bikin tanpa ada ujung pangkal dan value yang bisa diambil. Sangat disarankan jika ingin konten Anda berkualitas pakailah “kacamata” orang lain  yang akan mengunjungi web atau blog Anda. Terlebih jika konten tersebut merupakan sarana digital marketing dari bisnis Anda.

Konten yang bagus dan berkualitas akan mampu mempengaruhi cara pandang orang yang telah membaca atau melihatnya. Dengan begitu persepsi mereka akan terbentuk oleh apa yang Anda tuangkan dalam konten tersebut. Jika Anda membuat konten untuk menawarkan dagangan maka harus jelas apa saja kelebihan dari produk tersebut.

4. Berisi Informasi yang Akurat

Kunci dan cara membuat konten yang berkualitas selanjutnya adalah berikan hanya informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Jangan asal menulis atau mencomot informasi tanpa melakukan konfirmasi apakah hal tersebut benar atau tidak. Keakuran sebuah informasi bisa Anda dapatkan dengan mencari referensi yang tepat dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebagai contoh jika blog Anda membahas tentang kesehatan maka buatlah konten dengan referensi dari ahlinya. Tentu saja yang dimaksud disini adalah dokter dan paramedis lainnya. Cari referensi yang memang berasal dari paramedis tersebut sehingga informasi di dalamnya bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

5. Pergunakan Sumber Referensi yang Kredibel

Poin ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya tentang akurasi data dan informasi yang dituliskan dalam konten. Konten berkualitas adalah yang bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dan akurasinya bukan asal bicara. Untuk itulah Anda membutuhkan sumber informasi dan data yang mendukung keakuratan konten.

Dalam cara membuat konten yang berkualitas Anda bisa mengambil data dan informasi yang berasal dari halaman seperti berikut ini.

  • Jurnal yang ditulis berdasarkan penelitian seperti skripsi dan sejenisnya.
  • Postingan berupa analisis data.
  • Data dari situs resmi pemerintah.
  • Situs yang sangat terkenal reputasinya.
  • Postingan yang ditulis oleh orang terkenal atau wartawan.

6. Sertakan Gambar yang Sesuai

Ada beberapa jenis konten terutama yang berupa artikel sebaiknya disertakan gambar di dalamnya. Tujuannya adalah agar pembaca atau pengunjung lebih mudah memahami apa yang Anda tuliskan. Gambar tidak bisa disepelekan begitu saja dalam cara membuat konten yang berkualitas. Terlebih jika artikel atau konten berupa tutorial.

Gambar dalam konten bukan hanya sebagai pemanis saja melainkan memang memiliki fungsi yang penting. Gambar yang ada pada konten akan bermanfaat sebagai :

  • Untuk lebih memperjelas sebuah konsep yang sulit dalam konten.
  • Untuk tambahan wawasan atau pengetahuan.
  • Untuk menghadirkan data yang tidak bisa dijelaskan hanya lewat tulisan.

Itulah beberapa cara atau tips yang bisa Anda lakukan kalau ingin membuat konten dengan kualitas yang bagus.

7. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Hal yang tak kalah penting dalam cara membuat konten yang berkualitas adalah pemilihan bahasa yang digunakan. Jangan membuat bingung pembaca dengan istilah-istilah yang tidak umum yang hanya bisa dimengerti oleh kalangan tertentu. Lebih baik pergunakan istilah dan bahasa yang umum agar mudah dipahami dan dimengerti oleh semua kalangan masyarakat.

Baca Juga : Cara Praktis Publish Artikel Ke Social Media

Nah, sebenarnya bagaimana seharusnya karakter dari sebuah konten yang bagus dan berkualitas tersebut? Silahkan Anda simak dalam penjelasan di bawah ini.

Bagaimanakah Seharusnya Sebuah Konten Itu?

1. Bisa Mengatasi Masalah

Latar belakang orang melakukan browsing dengan internet di mesin telusur salah satunya karena mereka memiliki sebuah permasalahan. Untuk itulah mereka membuka Google agar bisa mendapatkan solusi dari masalah yang sedang dia hadapi tersebut. Jadi cara membuat konten yang berkualitas salah satunya adalah berikan solusi pada permasalahan yang sering dihadapi orang banyak.

2. Menginspirasi Pembaca atau Pengunjung

Bisa dikatakan bahwa konten yang bagus akan mampu mempengaruhi cara berpikir seseorang dan membentuk persepsinya tentang sesuatu. Banyak orang yang awalnya ragu untuk melakukan sebuah aktivitas atau tindakan menjadi mau bergerak hanya gara-gara membaca konten tertentu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa membentuk sebuah persepsi juga termasuk dalam cara membuat konten yang berkualitas. Apalagi jika Anda adalah seorang digital marketer, pembentukan persepsi pengunjung website atau blog adalah hal penting. Persepsi yang Anda bentuk akan membuat mereka bergerak menjadi pelanggan produk Anda.

3. Memiliki Nilai Edukasi

Masukkan unsur atau sesuatu yang mengandung nilai edukasi atau pendidikan saat membuat konten. Hal tersebut bertujuan agar website Anda bisa memiliki reputasi yang bagus dan akan sering dibicarakan oleh masyarakat. Nilai edukasi penting dalam cara membuat konten yang berkualitas jadi jangan ditinggalkan begitu saja.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.