Ukuran Kertas F4 Di Word, CorelDraw, Photoshop, dan Printer Satuan Cm

Membuat Ukuran Kertas F4 1

Info Menarik – Entah kenapa sebabnya secara default komputer Windows tidak menyediakan ukuran kertas F4. Yang ada hanya ukuran kertas standar saja seperti A3, A4, A6, Letter dan lain-lain. Untuk masalah ini entah di Operasi Sistem, Program, atau mungkin Printer. Namun yang jelas ketika kita membutuhkan ukuran jenis kertas F4 meski membuatnya secara manual. Padahal jenis kertas ini bagi yang terbiasa membuat dokumen sekolah sangat sering digunakan.

Baca Juga : Cara Setting Print Canon MX300 Untuk Mencetak Dokumen Ukuran Kertas F4

Menurut WikiPedia, bahwa ukuran kertas F4 hanya sebutan bagi orang Indonesia saja …

Sekilas kita mengira kalau jenis F4 sama dengan ukuran kertas Legal. Padahal kenyataannya kedua ukuran kertas ini berbeda jauh. F4 mempunyai ukuran sendiri, dan tidak bisa digantikan dengan kertas Legal atau Folio.

Maka dari itu agar tidak salah lagi dan untuk menghemat waktu dalam print dokumen, kita harus menyimpan secara permanen ukuran dari jenis F4. Agar ketika kita butuhkan tinggal memanggil saja.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Dalam Satuan Centimeter

1. Membuat Ukuran F4 Di Office Word

Sebetulnya berapa sih ukuran jenis F4 itu? F4 memiliki ukuran dalam satuan mm 215 x 330, satuan cm 21,5 x 33, dan satuan inchi 8,268 “ x 12,992 “.

Untuk menentukan jenis kertas di Office Word klik menu Page Layout. Dalam praktek disini saya menggunakan Office Word 2007.

Membuat Ukuran Kertas F4 2

Nanti akan tampil kotak dialog Page Setup. Disini Anda bisa mengatur apapun yang berhubungan dengan ukuran dan jenis kertas. Klik Paper dan perhatikan pada submenu Paper Size. Disana terdapat kolom isian untuk menentukan lebar ukuran kertas Width dan tinggi Height. Dalam kasus kali ini kita akan membuat ukuran kertas F4, maka pada kolom Width kita isikan 21,5 cm dan kolom Height 33 cm. Terakhir Anda klik OK dan sekarang layar kerja Office Word sudah berubah menjadi jenis kertas F4.

Membuat Ukuran Kertas F4 3

Untuk di Office Excel langkahnya masih sama dengan langkah di Office Word. Silakan Anda coba dan praktekkan sendiri dan semoga berhasil!

2. Membuat Ukuran F4 Di CorelDRAW

Silakan Anda buka program CorelDRAW yang sudah terpasang di komputer Windows Anda. Disini saya menggunakan CorelDRAW X4.

Perhatikan Property Bar CorelDRAW, jika Anda mengaktifkan Pick Tool (gambar panah pada Toolbox) maka akan tampil pengaturan untuk membuat ukuran kertas. Disini Anda harus menentukan dulu units atau satuan yang akan digunakan. Contoh saya menggunakan satuan centimeters (cm) saja. Maka pada kolom Width saya beri nilai 21,5 cm dan Height 33,0 cm. Dan selesai sudah menentukan ukuran kertas F4 di CorelDRAW. Bagaimana mudah bukan?

Membuat Ukuran Kertas F4 4

3. Membuat Ukuran F4 Di Adobe Photoshop

Caranya setelah Adobe Photoshop aktif, silakan Anda klik Menu File > New. Nanti akan tampil kotak dialog seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3. Silakan Anda isi kolom Width dan Height dengan ukuran dari jenis kertas yang akan Anda buat. Prosesnya masih sama dengan kedua cara diatas. Dan saya tidak perlu berbicara panjang lebar lagi. Oh iya jika koleksi ukuran kertas di Photoshop Anda ingin dilengkapi, saya pernah menulisnya dengan lengkap di artikel Cara Membuat Ukuran Foto Dengan Action Photoshop.

4. Membuat Ukuran Kertas F4 Di Semua Jenis Printer

Sebetulnya jika Anda sudah melakukan langkah keempat ini, maka ketiga langkah diatas tidak perlu dilakukan lagi. Kenapa? Karena setelah menyimpan ukuran jenis kertas F4 di settingan printer maka koleksi ukuran kertas akan tampil otomatis di semua program komputer Anda.

Penasaran ingin segera mencobanya? Baiklah kita mulai saja caranya dan tidak perlu berbicara basa-basi lagi. Pertama silakan Anda buka Device Printer yang terpasang di komputer Windows Anda dari Start > Device and Printers. Disini saya masih menggunakan Operasi Sistem Windows 7.

Sekarang yang tampil adalah daftar driver printer yang sudah terhubung dengan komputer Windows Anda. Disini saya akan membuat atau menyimpan permanen ukuran jenis kertas F4 melalui printer HP Laserjet Professional P1102. Klik kanan pada gambar printer lalu pilih Printer properties.

Dari tab General Anda klik Preferences. Dalam hal ini kita akan masuk kedalam Device Printer yang telah kita pilih dari awal.

Klik Tab Paper/Quality dan Anda pilih Custom… karena disini ceritanya kita akan membuat ukuran jenis kertas lain yang tidak ada didalam deretan/list jenis kertas default. Setelah kotak dialog Custom Paper Size tampil silakan Anda buat ukuran jenis kertas F4 yang terdiri dari Widht dan Height.

Biasanya satuan yang digunakan adalah satuan mili meter (mm). Namun jika ingin menggunakan satuan inch, maka Anda klik Use Inches. Anda tentukan pada kolom Width 215,0 mm dan kolom Height 330,0 mm. Kemudian Anda bisa menentukan nama jenis kertasnya, isi kolom Name dengan F4 dan klik Save untuk menyimpan.

Sekarang daftar atau list jenis kertas komputer Windows Anda sudah bertambah dengan jenis kertas F4. Silakan buktikan saja dengan mengecek salah satu program, misal di program Office Word.

Baca Juga : Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel Untuk Mencetak Hasil Kerja Excel

Mungkin hanya itu saja artikel cara membuat ukuran kertas F4 khusus untuk komputer Windows. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya dan selamat mencoba.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

11 comments

  1. Terimakasih, tutorialnya bermanfaat banget …

    Sekarang ini hampir setiap pekerjaan menuntut kita untuk menggunakan komputer dan berbagai software penunjang. Mulai dari software pengolah kata, angka, program, dan desain grafis.

  2. Izin Coba ya Agan tutorialnya…
    ini yg saya cari-cari selama ini…
    Terima Kasih Banyak….
    (~_~)
    Good Luck.

  3. Ane baru tau klo ukuran kertas f4 dengan legal beda, pantasan jga sh klo ngeprint gk sesuai dengan previewnya.
    Thanks gan infonya sngat membantu

  4. Terima kasih atas infonya. Berguna & manfaat….
    Jadi pengetahuan bertambah.
    Sekali lagi ,terima kasih atas ilmunya.

  5. Aku baru belajar komputer, bagaimana cara menulis comment agar masuk dlm comment pada sebuah artikel. Sebab pernah aku coba, sering kali tak bisa masuk. Bagaimana caranya?

  6. Sekedar info, F4 berbeda dengan Folio. Kertas Folio di Indonesia berukuran 215 x 330 mm, sedangkan F4 ukuran 210 x 330. Perbedaannya kecil, tapi kalo kita paham dan kita terapkan, hasil cetak akan lebih sesuai dengan yg kita inginkan. Terima kasih.

  7. bgaimana klo office 2016 bro karna ekselnya g bisa kostum size tidak bisa manual hanyan terdapat dua pilihan yakni later dan f4 mohon pencerahannya

  8. emang kertas f4 kadang kadang buat kita bingung karena hampir sama dengan kertas a4 namanya. ane sendiri biasanya kertas f4 udah di set dari ms word langsung jadi gk perlu di set di printer lagi

  9. Terimakasih, tutorialnya bermanfaat banget … saya suka bingugn kalau setting ukuran f4 di printer, sekarang udah tau karna ada artikel ini. Nice

  10. Thank untuk ilmunya semoga menjadi amal baik santun siang senang bisa berkunjung disini arigatou gozaimasu.

  11. Terimakasih, tutorialnya sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.