Home / Android / 4 Cara Memperbaiki Google Play Store Yang Bermasalah Bisa Dikerjakan Sendiri

4 Cara Memperbaiki Google Play Store Yang Bermasalah Bisa Dikerjakan Sendiri

Cara Memperbaiki Google Play Store – Seperti yang kita tahu, Google Play Store merupakan sebuah platform penting yang digunakan sebagai tempat untuk mendownload berbagai macam aplikasi di smartphone dengan sistem Android. Namun, ada beberapa kasus jika Google Play Store juga bisa mengalami masalah. Lalu, bagaimana cara memperbaiki Google Play Store ketika sedang bermasalah tersebut?

Mengenal Google Play Store

Seperti yang telah kita ketahui, sebagai para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android pasti sudah tidak asing dengan Google Play Store yang merupakan tempat untuk mendownload segala macam aplikasi bagi sistem operasi Android. Nah, ketika aplikasi ini terdapat masalah bagaimana cara memperbaiki Google Play Store ini?

Baca Juga : Cara Mudah Mematikan Update Otomatis Google Play Store Pada HP Android

Perlu diketahui juga bahwa, masalah yang dimaksudkan disini adalah hadirnya beberapa kerusakan pada Google Play Store yang menyebabkan kita sebagai pengguna tidak bisa mendownload suatu aplikasi pada Google Play Store tersebut. Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi ketika kita selalu gagal untuk mengupdate atau memperbarui beberapa aplikasi pada Google Play Store tersebut.

Sebagai suatu aplikasi yang dikembangkan langsung oleh google, Google Play Store ini sangat populer di seluruh dunia dan digunakan diberbagai negara yang khususnya merupakan pengguna smartphone dengan sistem operasi Android. Walaupun populer, nyatanya Google Play Store ini masih bisa terkena kerusakan dan masalah loh!

Dan jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang mengalami kerusakan pada Google Play Store berikut ini merupakan informasi selengkapnya.

4 Cara Memperbaiki Google Play Store yang Bermasalah

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami masalah pada Google Play Store nya, agaknya bisa menggunakan 4 cara memperbaiki Google Play Store berikut ini :

1. Restart Smartphone Anda

Cara memperbaiki Google Play Store yang pertama adalah dengan melakukan restart pada smartphone Anda. Biasanya ketika terjadi masalah di Google Play Store, masalah tersebut bisa selesai dan sembuh ketika kita melakukan restart pada smartphone. Dan cara ini merupakan cara yang paling umum untuk digunakan oleh banyak orang yang sedang mengalami masalah serupa pada Google Play Store mereka.

2. Pastikan Sambungan Internet

Cara memperbaiki Google Play Store yang kedua adalah dengan memeriksa sambungan internet yang sedang Anda gunakan. Hal ini menjadi penting karena bisa saja Google Play Store Anda yang bermasalah ternyata diakibatkan dari sambungan internet itu sendiri.

Maka sebelum melakukan download atau update aplikasi, pastikan dahulu koneksi internet yang Anda miliki sebelum memutuskan untuk mendownloadnya.

3. Bersihkan Cache Google Play Store

Cara memperbaiki Google Play Store yang selanjutnya adalah dengan melakukan pembersihan cache pada Google Play Store Anda. Cara yang harus Anda tempuh cukup mudah, Anda hanya perlu membuka menu pengaturan di smartphone kalian dan kemudian temukan pilihan Apps & Notifications, cari Google Play Store, kemudian klik pilihan storage dan tulisan clear cache atau bersihkan cache. Klik pilihan tersebut, dan kemudian buka kembali Google Play Store Anda.
Dalam beberapa kasus, biasanya masalah pada Google Play Store akan selesai dengan menggunakan cara seperti ini.

4. Melakukan Factory Reset

Dan cara memperbaiki Google Play Store yang terakhir ini adalah dengan melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Cara ini bisa Anda tempuh ketika semua cara yang lain sudah Anda lakukan untuk memperbaiki Google Play Store akan tetapi gagal.

Perlu diingat juga jika cara ini akan mengakibatkan smartphone Anda kembali pada pengaturan awal ketika membelinya dan semua data yang ada bisa langsung hilang. Untuk itu disarankan agar memback up data terlebih dahulu dan mempertimbangkan dengan matang apakah benar-benar menggunakan cara ini.
Jika sudah yakin untuk menggunakan cara ini, cukup buka aplikasi atau menu pengaturan pada smartphone Anda.

Cari dan temukan menu back up & reset pada menu pengaturan tersebut. Setelah itu, klik factory data reset. Biasanya setelah itu smartphone Anda akan memasuki mode restart dan memakan waktu beberap menit tergantung tipe smartphone Anda.

Baca Juga : Penting! Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Download Aplikasi di Google Play Store

Dan ketika selesai dan kembali menyala, maka smartphone Anda akan berada dalam kondisi yang baru lagi dan Google Play Store pun bisa berjalan tanpa masalah.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.