Home / Microsoft Office / Cara Mudah Membuka Dan Membuat File CSV Di Office Excel Lengkap Gambar

Cara Mudah Membuka Dan Membuat File CSV Di Office Excel Lengkap Gambar

Cara Membuka Dan Membuat CSV Di Excel – Apa itu CSV, bagaimana cara membuka file CSV, bagaimana cara membuat file CSV? Disini akan saya kupas habis sehingga Anda bisa memahaminya. Comma Separated Value yang kemudian disingkat CSV adalah format data sederhana untuk memudahkan pengguna melakukan proses penginputan data ke database. CSV juga bisa digunakan dalam standar file ASCII yang dimana setiap rekaman dipisahkan dengan tanda koma (,) atau tanda titik koma (;).

Baca Juga : Cara Mudah Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG Dengan CorelDRAW

Ketika Anda menerima file dengan memiliki format CSV, biasanya file ini bertuliskan .csv, maka file ini bisa terbuka menggunakan software Office Excel. Atau jika Anda tidak mempunyai Office Excel, Anda juga bisa membuka file format CSV menggunakan Google Spreadsheets secara online.

Membuka file format CSV tidak sama seperti ketika membuka file format pada umumnya. Meskipun Anda menggunakan Office Excel, jika file CSV Anda buka hanya dengan cara klik dua kali pada file maka tampilannya akan berantakan. File tidak sesuai dengan kolom-kolom yang terdapat pada Office Excel. Hal ini karena memang file CSV pada dasar pembuatannya tidak menggunakan kolom, melainkan file CSV menggunakan tanda koma (,) atau titik koma (;). Tentunya sesuai dengan nama filenya yaitu Comma Separated Value.

File format CSV umumnya digunakan oleh perusahaan besar, sekolah, yayasan, atau perusahaan besar lainnya. Alasannya merekalah yang mempunyai data besar sehingga penggunaan file format CSV ini memungkinkan pencarian data bisa menjadi lebih mudah.

Kemudian juga banyak aplikasi faktur yang digunakan kasir yang secara otomatisnya menyimpan data menggunakan file format CSV. Bahkan format pelaporan Kantor Pajak seperti SPT melaui e-Filing menggunakan format CSV. Itulah sebabnya banyak perusahaan yang memilih menggunakan file format CSV.

Berikut Cara Membuka File Format CSV Dengan Office Excel

Untuk yang pertama kalinya membuka file CSV tentunya akan bingung, karena ketika file dibuka tampilannya akan berantakan. Padahal untuk membuka file CSV ada cara tertentu. Berikut adalah caranya :

Disini saya anggap kalau Anda saat ini sudah mempunyai file CSV. Untuk membukanya silakan Anda buka Office Excel. Disini saya menggunakan Microsoft Office Excel 2007.

Pada halaman Office Excel, silakan Anda klik pilih Data kemudian klik From Text.

Anda cari file CSV yang akan dibuka di Office Excel, kemudian klik pilih tombol Import.

Pada Original data type, silakan Anda pilih Delimited lalu klik Next.

Untuk Delimiters silakan Anda sesuaikan dengan file CSV yang hendak dibuka. Ini untuk memisahkan kolom file CSV yang akan kita buka di Office Excel. Disini saya hanya memilih Tab dan Comma, artinya setiap koma di file CSV akan dipisahkan menjadi bentuk kolom. Selanjutnya setelah Anda menentukan Delimiters, klik Next untuk melanjutkan.

Disini Anda bisa menyesuaikan format pada masing-masing kolom yang akan dibuat berdasarkan file CSV. Silakan Anda tentukan format dari masing-masing kolom sesuai kebutuhan. Secara default format kolom adalah General. Misal untuk kolom tanggal, Anda bisa menentukannya menjadi Date. Jika sudah selesai menentukan format kolom, selanjutnya Anda klik Finish.

Disini Anda cukup memilih tombol Ok saja.

Selesai! Sekarang tampilan file CSV tidak berantakan lagi. Masing-masing baris yang dipisahkan dengan tanda koma secara otomatis akan membentuk kolom di Office Excel. Disini Anda menambahkan data, memodifikasi data, memberi border tabel, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Cara Membuat File Format CSV Menggunakan Office Excel

Untuk membuka file CSV bagaimana mudah bukan? Selanjutnya disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat file CSV. Atau misalnya file format CSV yang telah Anda buka dan lakukan perubahan seperlunya selanjutnya akan Anda simpan lagi dalam format CSV.

Untuk membuat file CSV dengan Office Excel caranya mudah. Setelah file yang akan diubah file formatnya Anda buka di Office Excel, langkah selanjutnya Anda cukup klik Office Button lalu pilih Save As.

Sebelumnya melakukan penyimpanan file, Anda tentukan terlebih dahulu type file yang akan disimpan. Dalam contoh disini kita akan membuat file CSV, untuk itu sialakan Anda pilih type CSV (Comma delimited).

Setelah menentukan type file, sekarang Anda tentukan nama filenya pada kolom File Name. Terakhir klik tombol Save dan selesai.

Selesai! Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu file CSV, bagaimana cara membuka dan membuat file CSV di Office Excel?

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi File Office Excel Tidak Bisa Dibuka File Rusak (Corrupt)

Dan mungkin artikel Cara Membuka Dan Membuat CSV Di Excel dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.