Cara Memperbaiki Kursor Error dan Bergerak Sendiri di Laptop atau PC

Cara Memperbaiki Kursor Bergerak Sendiri 01

Info Menarik – Apakah Kamu saat ini mengalami masalah bahwa kursor error dan dapat bergerak sendiri? Padahal seharusnya kursor itu hanya bergerak jika kita operasi kan saja. Kursor hanya akan bergerak dan akan mengikuti gerakan mouse yang kita lakukan saja. Kursor bergerak sendiri bukan hal yang wajar dan itu sebuah tanda bahwa terdapat kelainan. Pada artikel ini saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara memperbaiki kursor yang bisa bergerak sendiri.

Baca Juga: Penasaran Dengan Fungsi Tombol Tengah Pada Mouse? Inilah Penjelasannya

Kursor adalah tanda panah atau indikator yang menunjukkan posisi dari mouse yang tampil pada layar laptop atau PC. Kursor akan bergerak mengikuti dari gerakan mouse.

Terkadang kursor mouse ini akan mengalami masalah yaitu dia bergerak sendiri padahal mouse tidak sedang kita gerakkan. Tentu saja hal ini dapat merugikan kita ketika kita sedang mengoperasikan laptop atau PC.

Penyebab Kursor Mouse Bisa Bergerak Sendiri

Terdapat beberapa penyebab sehingga kursor mouse dapat bergerak sendiri, diantaranya adalah:

  • Touchpad atau mouse yang Kamu gunakan sudah bermasalah;
  • Sistem operasi laptop atau PC mengalami error;
  • Menggunakan mousepad yang tidak cocok dengan mouse;
  • Menggunakan laptop sambil di charger dan daya tidak sesuai.

Cara Memperbaiki Kursor Mouse yang Bergerak Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, mari kita bahas satu persatu cara memperbaiki kursor mouse yang error tersebut.

1. Periksa Charger Laptop

Cara Memperbaiki Kursor Bergerak Sendiri 02

Terkadang masalah kursor error ini penyebabnya adalah dari daya baterai laptop. Ciri-ciri jika masalah ada di daya baterai adalah kursor error ketika laptop Kamu charger dan Kamu gunakan.

Hal ini terjadi karena tegangan pada charger tidak sesuai dengan yang sudah ditentukan dari batasan tegangan laptop. Untuk mengatasi hal ini Kamu harus menggunakan charger original laptop. Atau jika tidak ada, ketika laptop di charger maka laptop jangan dulu Kamu gunakan.

2. Periksa Mousepad

Cara Memperbaiki Kursor Bergerak Sendiri 03

Mousepad adalah alas mouse agar nyaman ketika mouse kita gunakan. Terkadang jika kita menggunakan alas mouse yang tidak sesuai dengan mouse dapat memberikan masalah yaitu kursor bergerak sendiri. Silakan Kamu periksa mousepad yang Kamu gunakan.

Sebelum mengganti dengan alas mouse yang lain, silakan Kamu bersihkan mousepad dari kotoran dan debu. Jika sudah Kamu bersihkan namun masalah tetap ada, coba ganti alas mouse dengan yang lain. Solusi, Kamu bisa menggunakan buku atau benda lain yang memiliki tekstur halus dan bersih.

3. Periksa Mouse

Cara Memperbaiki Kursor Bergerak Sendiri 04

Bisa saja kursor bergerak sendiri tersebut karena memang kondisi mouse yang Kamu gunakan sudah bermasalah. Terlebih jika Kamu menggunakan mouse wireless. Jika baterai pada mouse sudah habis, terkadang kursor akan bergerak sendiri hingga kursor tidak bergerak sama sekali.

Untuk meyakinkan bahwa mouse sudah rusak, silakan gunakan dulu mouse lain. Jika ternyata benar, solusi satu-satunya adalah Kamu meski mengganti mouse dengan yang baru.

Satu lagi jika Kamu menggunakan mouse wireless, coba periksa USB mouse apakah sudah Kamu pasang dengan benar atau belum. Mungkin juga USB mouse kotor berdebu. Coba Kamu bersihkan dulu dengan kuas cat bersih atau kertas tissu.

4. Matikan Touchpad

Untuk touchpad tentu saja hal ini bagi Kamu yang khusus menggunakan laptop. Jika Kamu menggunakan mouse eksternal, silakan matikan dulu touchpad bawaan laptop.

Karena bisa saja kursor mouse eksternal bergerak sendiri tersebut touchpad laptop sudah bermasalah.

Cara menonaktifkan touchpad, setiap laptop memiliki cara yang berbeda. Kamu harus menggunakan kombinasi tombol keyboard tertentu.

Berikut saya sediakan tabel untuk menonaktifkan touchpad setiap merek laptop saat ini. Silakan Kamu sesuaikan sendiri …

Merk Laptop Tombol Kombinasi
Dell Fn + F7
Acer Fn + F7
Asus Fn + F3 / F7 / F9
Toshiba Fn + F9
Mac Fn + F2
Lenovo Fn + F6

5. Restart Komputer

Kursor mouse bisa error bisa saja penyebab utama nya adalah file sistem laptop atau PC mengalami error. Hal ini biasanya karena laptop atau PC Kamu gunakan dalam waktu yang lama.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah. Kamu tinggal restart laptop atau PC atau Kamu istirahat kan dulu perangkat beberapa jam.

6. Laptop atau PC Perlu di Servis

Jika semua cara di atas sudah Kamu lakukan dan kursor masih bergerak sendiri, langkah terakhir adalah servis laptop atau PC.

Untuk pengguna PC biasanya masalah ini terdapat pada konektor USB atau port PS2. Konektor ini yang menempel pada motherboard komputer. Namun bisa saja untuk komputer penyebabnya dari daya kelistrikan yang dihasilkan dari Power Supply.

Baca Juga: 8 Tanda Kerusakan Pada Komponen Power Supply Komputer Yang Harus Diketahui

Sedangkan untuk laptop biasanya masalah tersebut bisa terjadi dari konektor touchpad atau kabel yang menyambungkan mouse ke motherboard. Kamu bisa mengganti konektor tersebut dengan yang baru.

Ok, semoga artikel solusi untuk memperbaiki kursor mouse yang bergerak sendiri ini dapat membantu Kamu yang mengalami masalah serupa. Jika Kamu mempunyai pengalaman lainnya, dapat Kamu sampaikan di kolom komentar agar berguna bagi orang lain.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. thanks keren banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.