8 Tanda Kerusakan Pada Komponen Power Supply Komputer Yang Harus Diketahui

Tanda Kerusakan Pada Power Supply – Power Supply atau yang biasa disebut dengan PSU adalah perangkat keras (hardware) komputer yang mempunyai peranan penting agar komputer bisa menyala. Fungsi utama Power Supply adalah tentunya untuk memberikan suplai listrik ke komputer. Agar semua perangkat dan sistem komputer bisa menyala serta beroperasi dengan baik dan normal, maka wajib hukumnya kondisi Power Supply harus baik. Kegunaan Power Supply bagi komputer adalah untuk mengubah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus listrik searah (DC). Arus listrik DC ini akan membuat seluruh komponen komputer seperti Motherboard, Hardisk, dan sebagainya bisa berjalan normal dan komputer siap untuk dioperasikan.

Baca Juga : Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

Sebetulnya Power Supply itu sangat beragam jenisnya. Hal ini sangat tergantung pada jenis dan tipe dari Motherboard komputer. Sekedar pengetahuan saja, jenis Power Supply itu terdapat tiga jenis, Power Supply AT, Power Supply ATX, dan Power Supply BTX. Power Supply AT digunakan untuk jenis Motherboard Advanced Technology yang memiliki 12 pin konektor. Untuk Power Supply jenis ATX biasa digunakan untuk jenis Motherboard Advanced Technology Extended. Power Supply jenis ATX memiliki 20 pin konektor dan sudah tidak menggunakan tombol on-off lagi. Terakhir Power Supply jenis BTX dimana kegunaannya untuk jenis Motherboard Balanced Technology Extended yang sudah menggunakan 24 pin konektor.

tanda-kerusakan-pada-power-supply

Mengingat Power Supply merupakan salah satu hardware vital komputer, maka tentu saja komputer tidak akan menyala jika Power Supply mengalami gangguan. Kerusakan pada Power Supply ini umumnya pengguna komputer tidak menyadarinya. Yang jelas ketika komputer tidak mau menyala maka mereka sama sekali tidak pernah menganggap kalau Power Supply adalah akar masalahnya.

Inilah 8 Tanda Kerusakan Pada Power Supply Yang Meski Anda Ketahui

Penting kalau pengetahuan tanda-tanda kerusakan pada Power Supply ini Anda ketahui. Jika Anda sudah tahu kalau Power Supply komputer yang bermasalah, maka Anda bisa membawa Power Supply tersebut ke tukang service tanpa harus membawa seluruh perangkat komputer. Atau mungkin Anda ingin mencoba memperbaikinya sendiri dirumah. Namun sebelumnya perhatikan dulu 8 tanda kerusakan pada Power Supply yang paling sering terjadi berikut ini :

1. Komputer Tidak Mau Menyala

Tanda ini adalah tanda yang paling umum dan paling mudah dikenali. Karena seperti yang sudah saya terangkan diatas kalau fungsi Power Supply adalah sebagai penghantar catudaya ke seluruh komponen komputer, maka tentu saja jika Power Supply bermasalah komputer sama sekali tidak mau menyala. Ketika komputer Anda tidak mau menyala, itu adalah mencerminkan bahwa Power Supply mengalami kerusakan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Gan komputer saya gak mau nyala padahal Mouse yang tersambung ke Motherboard sudah nyala tapi saat saya tekan tombol power komputer tidak mau nyala itu kira kira apa yang rusak

  2. gan, mau tanya..
    komputer pas ditekan tombol power kipas PSU dan heatsink berputar sebentar gak nyampe 3 detik, trus berenti. kira2 penyebabnya di PSU atau di komponen yang lain ya? Terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.