Inilah Cara Menggunakan Font Face Di WordPress

Inilah Cara Menggunakan Font Face Di WordPress – Dalam hal merubah jenis font di blog baik CMS WordPress khusus untuk domain TLD dapat dikelompokkan menjadi dua cara. Menggunakan font internal dan font eksternal. Font internal artinya dengan memanfa’atkan font umum yang sudah diinstal di komputer. Font umum contohnya seperti : Arial, Times New Roman, Georgia, Verdana. Namun masalahnya bagaimana jika kita ingin menentukan font diluar font umum tersebut? Maka yang kita butuhkan adalah menggunakan jenis font eksternal.

Baca Juga : Cara Membuat Related Post Tanpa Plugin Di WordPress

Font eksternal yang akan saya bahas kali ini adalah dengan menggunakan perintah @font-face. Selain dengan perintah @font-face, font eksternal juga bisa kita tentukan dengan bantuan Google Font. Caranya silakan Anda baca di tulisan Cara Cepat Mengganti Font Blog WordPress.

Namun kelemahannya jika kita menggunakan font face, kita harus sedikit tahu jenis-jenis format font. Kenapa? Karena dengan banyaknya jenis web browser, maka setiap web browser berbeda-beda mendukung setiap format font.

Jenis Format Font Agar Bisa Dikenali WEB Browser

1. Jenis Format Font EOT (Embedded Open Type)

Jenis format font EOT ini khusus agar font bisa digunakan di Web Browser Internet Explorer.

2. Jenis Format Font SVG  (Scalable Vector Graphic)

Jenis format font SVG digunakan agar bisa dijalankan di IOS Safari. Format font SVG menghasilkan gambar vector, artinya kualitas gambar tidak diragukan lagi. Karena gambar vector ini jika di zoom tidak akan berubah kualitasnya.

3. Jenis Format Font TTF  (True Type) dan OTF (Open Type)

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis format font TTF dan OTF. Karena jenis format font ini paling banyak digunakan. Karena sebagian besar Web Browser sudah mendukung dengan penggunaan jenis format font ini. Dan juga ekstensi TTF dan OTF digunakan di komputer OS Windows. Anda bisa cek di C:\Windows\Fonts.

4. Jenis Format Font WOFF (Web Open Font Format)

Ini adalah jenis format font yang terakhir, dalam praktek menggunakan font face di WordPress. Jenis format font WOFF fungsinya hampir sama dengan format font TTF dan OTF. Karena jenis format font ini sudah banyak yang mendukung di beberapa Web Browser. Diantaranya : Firefox, Chrome, Opera, Safari.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

10 comments

  1. makasih infonya gan, besok kalau dah punya wordpress bisa coba dipraktekkan

  2. pas banget yg pake wordpress
    makasih mas

  3. saya masih pakai blogcepot kang, jadi blm ngerti akan hal ini, ijin bookmark dulu ya kang, siapa tau jika nanti saya beralih ke wp, tips ini bsa bermanfaat. mksh infonya ,. ,

  4. sayang ga bisa buat blogspot ya mas :)
    tapi di wp juga sy lebih suka pakai google font si, biar bisa ganti2 tanpa upload dulu ke folder themenya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.