Kamis, 5 Agustus 2021

Cara Gampang Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk Yang Wajib Anda Tahu

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk – Dari sejak pertama kali mengenal Flashdisk hingga sekarang memang kelemahannya adalah Flashdisk sangat rentan terinfeksi virus. Sebetulnya bukan hanya Flashdisk saja, setiap media eksternal seperti hardisk eksternal dan yang lainnyapun sangat mudah disinggahi virus. Dari banyaknya jenis virus, Virus Shortcut kerap kali menyerang setiap media penyimpanan eksternal seperti Flashdisk. Flashdisk baru yang masih bersih dari virus ketika dicolokkan ke USB komputer atau laptop yang terdapat virusnya maka akan sangat cepat menginfeksi Flashdisk, begitupun sebaliknya.

Baca Juga : Cara Sederhana Dan Singkat Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software (Kebal Virus)

Jika Flashdisk Anda terlanjur terinfeksi virus seperti virus shortcut maka Anda wajib untuk menghapusnya. Karena jika terus dibiarkan maka virus shortcut ini akan menyebar ke komputer atau laptop lain ketika ditancapkan. Untuk menghilangkan virus shortcut pada Flashdisk Anda bisa mengformatnya. Namun bagaimana jika didalam Flashdisk tersebut terdapat data-data penting? Mungkin bukan langkah bijak untuk format flashdisk, karena tentunya bukan hanya virus shortcut saja yang akan hilang tapi data penting Anda juga akan ikut raib.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk (1)

Jika awalnya komputer terlindung dari virus maka tentunya Flashdisk tidak akan terinfeksi oleh virus. Atau mungkin dengan meningkatkan kekebalan Flashdisk dari virus maka tentunya Flashdisk akan sedikit terminimalisir oleh serangan virus.

Ok sebelum kita lanjut bagaimana cara menghilangkan virus shortcut di Flashdisk, kita pelajari dulu bagaimana ciri-ciri Flashdisk terkena virus shortcut.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk (2)

Ada 5 ciri-ciri Flashdisk terinfeksi virus shortcut, yaitu :

  1. Virus shortcut secara otomatis ketika masuk ke Flashdisk akan membuat folder inf yang nantinya akan bekerja untuk menyebarkan virus ke komputer/laptop;
  2. Virus shortcut juga akan otomatis membuat file db. Namun jangan sampai terkecoh dengan file thumbs.db, karena file ini sudah ada di drive komputer yang merupakan file cache komputer/laptop;
  3. Jika virus shortcut sudah berhasil masuk ke komputer/laptop Anda maka secara otomatis juga akan membuat file mdb. Biasanya file ini akan bertengger di folder My Documents;
  4. Pada Task Manager akan ada file exe untuk menjalankan system komputer;
  5. Virus shortcut akan membuat file yang berekstensi .ink seperti Microsoft.ink. Jika kita klik file tersebut maka kita telah mengaktifkan virus dan akhirnya akan terus menyebar ke system komputer/laptop.

Berikut Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk Tanpa Software

Untuk menghilangkan virus shortcut pada Flashdisk secara manual sebetulnya tidak sulit. Kita cukup meluangkan waktu sebentar saja untuk menghapus virus shortcut ini. Berikut cara lengkapnya :

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Yang lebih sederhana menggunakan yang attrib sih, kalau yang unhide protected itu banyak file-file yang ga ke close.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.