Rabu, 30 November 2022

Cara Mengubah Gambar Bawaan Gravatar atau Avatar WordPress Tanpa Plugin

Info Menarik – Gravatar adalah singkatan dari Globally Recognized Avatar, yakni foto profil yang digunakan oleh CMS WordPress. Foto profil avatar ini biasanya tampil ketika pengguna WordPress login di halaman Dashboard. Dan juga foto avatar akan muncul saat kita memberikan komentar pada website berbasis WordPress. Secara default gravatar sudah memiliki gambar avatar dan gambar ini bisa kita ubah sesuai keinginan. Nah pada artikel ini saya akan membahas cara mengubah gambar bawaan gravatar atau avatar WordPress.

Website yang menggunakan CMS WordPress tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gravatar. Ketika pengunjung berkomentar di website maka akan menampilkan foto profil avatar. Nah, untuk foto profil avatar ini terbagi menjadi dua jenis yaitu foto profil bawaan dari gravatar dan foto profil yang sudah disetting pengunjung di akun gravatar dia.

Selanjutnya foto profil bawaan gravatar ini akan berfungsi jika pengunjung tidak atau belum memiliki akun gravatar. Kemudian juga jika pengunjung belum mengubah atau mengupload gambar untuk dijadikan foto profil di akun gravatarnya. Dari kedua alasan ini maka nanti jika pengunjung berkomentar di website yang terintegrasi dengan WordPress maka sebagai gantinya adalah foto profil gambar avatar dari bawaan gravatar.

Secara default WordPress menyediakan tujuh gambar avatar atau gravatarnya. Untuk mengetahui gambar avatar bawaan, Kamu bisa melihatnya di halaman Dashboard WordPress > Settings > Discussion. Nanti Kamu akan melihat gambar avatar standar WordPress seperti berikut:

Cara Mengubah Gambar Bawaan Gravatar 2

Nah, maksud dari artikel ini adalah kita akan mengubah atau menambah gambar avatar bawaan gravatar tersebut. Nantinya gambar kita akan tampil pada deretan avatar standar WordPress. Yang selanjutnya gambar tersebut akan kita jadikan sebagai gambar avatar bawaan pengunjung yang berkomentar tidak memiliki foto profil gravatar atau email dia belum terdaftar di akun gravatar.

Cara Mengubah Gambar Bawaan Gravatar atau Avatar WordPress

Untuk mengubah gambar atau profil avatar bawaan gravatar ini tidak perlu menggunakan plugin. Jika Kamu tertarik dan ingin menerapkannya di website Kamu, silakan ikuti tutorial ini hingga selesai.

1. Buat Gambar atau Foto Profil

Langkah pertama tentunya kita harus sudah memiliki sebuah gambar yang nantinya akan kita jadikan sebagai gambar gravatar bawaan. Kamu bisa mencari gambar sesuai keinginan di internet, karena saat ini banyak website yang menyediakan gambar bagus untuk foto profil. Atau bisa juga dengan membuat sendiri di program pengolah gambar seperti Photoshop atau CorelDRAW.

Kemudian simpan gambar dengan dimensi persegi seperti 32×32, 52×52, 68×68, 72×72, dan 100×100. Dan jika gambar yang Kamu buat modelnya lingkaran, supaya transfaran silakan simpan dengan file format PNG. Hampir semua ekstensi dapat kita gunakan untuk mengubah foto profil bawaan avatar, seperti JPG, PNG, GIF, dan sebagainya. Dan jika Kamu ingin menggunakan gambar animasi, silakan simpan dalam format GIF.

Agar gambar tidak memberatkan loading website, silakan gunakan gambar yang memiliki dimensi 68 pixel 68 pixel.

Contoh gambar yang bisa kita jadikan untuk mengubah foto profil avatar bawaan gravatar:

Cara Mengubah Gambar Bawaan Gravatar 3

Download Avatar Info Menarik

2. Upload Gambar ke Root Direktori WordPress

Jika sudah memiliki gambar yang sesuai dengan keinginan, silakan upload gambar ke root direktori WordPress. Bagi pengguna hosting silakan bisa login ke halaman cPanel menggunakan username dan password yang Kamu miliki.

Kamu upload gambar pada root public_html > wp-content >themes > [nama tema yang Kamu gunakan] > images. Jika tema yang Kamu gunakan belum mempunyai folder images, silakan Kamu buat dulu folder baru dan kemudian beri nama images.

Sebagai contoh, gambar avatar yang saya upload bernama gravatarbaru.png.

3. Login di Dashboard WordPress

Selesai upload gambar seperti yang sudah saya contohkan di atas, selanjutnya silakan Kamu login di halaman Dashboard WordPress. Karena kita sekarang harus menyisipkan script atau kode khusus agar gambar avatar tadi bisa muncul otomatis di kotak komentar.

Di halaman Dashboard silakan Kamu klik menu Appereance kemudian klik sub-menu Editor. Selanjutnya Kamu buka functions.php. Kemudian copy paste kode berikut ke dalamnya:

add_filter( 'avatar_defaults', 'newgravatar' );
function newgravatar ($avatar_defaults) {
$myavatar = get_bloginfo('template_directory') . '/images/gravatarbaru.png';
$avatar_defaults[$myavatar] = "Info Menarik";
return $avatar_defaults;
}

Pada kode di atas terdapat keterangan:

'/images/gravatarbaru.png'

Kode tersebut merupakan letak dan nama gambar avatar yang sudah kita upload di root public_html. Jika Kamu menggunakan nama gambar lain, silakan ubah dan sesuaikan dengan nama dan ekstensi gambar yang Kamu gunakan.

Jika semua setting di atas sudah Kamu sesuaikan, klik tombol Update File untuk menyimpan semua proses pengaturan.

4. Pilih Gambar Avatar Default Baru

Sekarang Kamu pergi ke menu Settings kemudian Discussion. Jika sukses, seharusnya sekarang gambar default avatar WordPress baru sudah bertambah. Yang awalnya berjumlah 7 dan setelah kita menambah gambar default baru maka menjadi 8.

Pada tahap ini kita cukup memilih gambar avatar default baru tersebut untuk kita jadikan bagi pengunjung yang berkomentar namun tidak memiliki foto profil gravatar. Klik tombol Save Changes untuk menyimpan.

Baca Juga: Cara Menambahkan Foto Profil dengan Foto Sendiri di Email Domain atau Hosting

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

17 comments

  1. Muhammad Nuhan Nahidl

    wah… mudah sekali ya kalau kita pake self hosted…. , tapi kalau saya sendiri masih bingung gan soal Wp self hostet

    • Bingung kenapa gan? Mungkin saya bisa bantu semampunya … Dengan domain TLD kita bisa lebih bebas berkreasi, dicoba gan … :)

  2. Mantabh Mas, saya pake yang standar-standar aja sih. Palingan ganti icon aja..

  3. Kalau mengubah avatar penulis tanpa plugin bisa gak?

  4. Kalau mengubah avatar penulis tanpa plugin bisa gak yah?

  5. Valentino Febrian Saputra | Official Website

    Wah mantap nih mas,, jadi lbih unik klo bsa diubah2

  6. Valentino Febrian Saputra | Official Website

    Dan juga tentunya akan lebih menarik kalau diubah gk cma default sja.. thanks

  7. Saya jadi ingat waktu ingin mengubah gambar avatar penulis, syukurnya ada lugin wordpressnya.

  8. Siph, ketemu juga tutornya. Thanks..

  9. ntr dicoba deh, pake plugin bagus juga, cuman loading tema kdg jadi berat sih, gambar medsosnya di upload satu-satu ya mas ? mksh

  10. trimakasih infonya mas…saya masih newbie jadi bermanfaat banget buat saya :)
    saya coba di website saya nanti.

  11. trimakasih infonya mas…saya masih newbie jadi bermanfaat banget buat saya :)
    saya coba di website saya nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.