Home / Kesehatan / 8 Cara Mengurangi Minyak Di Wajah Secara Alami Paling Ampuh

8 Cara Mengurangi Minyak Di Wajah Secara Alami Paling Ampuh

Cara Mengurangi Minyak Di Wajah – Minyak di wajah sebenarnya merupakan reaksi wajar dari pori-pori kulit dalam sistem pengeluaran kelenjar minyak yang menghasilkan minyak. Hal tersebut sebenarnya bermanfaat bagi kulit dalam menjaga kelembapan dan mencegah kulit menjadi kering.

Baca Juga : 6 Fakta Kulit Wajah Berminyak Yang Mencengangkan Dan Penting Harus Diketahui

Namun, jika wajah Anda mengalami kelebihan minyak secara tidak wajar (minyak berlebih di wajah), tentu hal tersebut tidaklah baik. Apakah Anda mengalami hal tersebut? Jika iya, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengurangi minyak di wajah secara alami yang cukup ampuh dan dapat Anda coba sendiri di rumah.

Cara Mengurangi Minyak Di Wajah Secara Alami Yang Patut Di Coba

1. Mencuci Wajah

Mencuci wajah dengan menggunakan air bersih sangat efektif mengurangi minyak berlebih yang ada di wajah Anda. Para ahli Dermatology juga menganjurkan setidaknya mencuci muka 2-3 kali dalam sehari menggunakan air bersih. Di samping dapat mengurangi minyak di wajah, membersihkan muka juga dapat mengatasi terjebaknya kotoran dan partikel lainnya yang berdampak pada penyumbatan pori-pori dan munculnya jerawat.

2. Gunakan Kulit Jeruk Nipis

Salah satu buah yang dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi keluaran minyak berlebih yaitu jeruk nipis. Tetapi untuk mengurangi keluaran minyak Anda cukup menggunakan kulitnya saja. Hal ini dikarenakan jeruk nipis kaya akan vitamin C dan zat asam sitrat yang berperan aktif dalam mengurangi minyak berlebih pada bagian wajah. Caranya yaitu tempelkan kulit jeruk nipis di seluruh bagian wajah dan diamkan selama 20 menit. Lakukan hal ini secara rutin maka hasilnya akan terlihat nyata dalam seminggu saja.

3. Mentimun

Buah ini memiliki mineral yang sangat tinggi dan sudah lama terbukti sebagai andalan untuk perawatan wajah. Salah satu fungsinya yaitu mengontrol keluaran minyak berlebih pada wajah. Caranya yaitu irislah mentimun dengan tipis. Kemudian, oleskan secara menyeluruh di bagian wajah. Diamkan selama 45 menit lalu bersihkan dengan air bersih. Akan lebih baik jika Anda melakukan saat akan tidur, kemudian bersihkan saat bangun keesokan harinya.

4. Tomat

Buah ini mengandung vitamin C yang baik merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan, kandungan asamnya sangat ampuh dalam menyerap minyak berlebih di wajah. Caranya sama dengan mentimun yaitu iris dengan ukuran agak tipis lalu oleskan secara merata di area wajah. Diamkan sekitar 45 menit lalu bersihkan menggunakan air hingga bersih.

5. Lidah Buaya

Tanaman ini memiliki kandungan anti-mikroba jahat yang sangat ampuh mengontrol minyak di wajah Anda. Kandungan ini juga sangat aktif membasmi dan menyerap minyak. Cara mengurangi minyak di wajah menggunakan lidah buaya sangat mudah. Anda cukup menggunakan lendir lidah buaya sebagai masker dengan cara mengoleskan lendir tersebut ke seluruh wajah secara merata. Kemudian, diamkan selama 30 menit dan bilaslah dengan air hingga bersih.

6. Daun Seledri

Salah satu daun yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah adalah daun seledri. Cara perawatan menggunakan daun seledri sangat mudah yaitu memotong terlebih dahulu daun seledri menjadi kecil. Kemudian, rendam potongan daun tersebut selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, Anda dapat menggunakan rendaman daun seledri tersebut dengan cara mengoleskan pada bagian wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 25 sampai 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Agar mendapat hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan perawatan ini setiap 2 hari sekali.

7. Susu

Cara mengurangi minyak di wajah selanjutnya yaitu dengan susu. Anda dapat melakukan perawatan ini sebelum tidur. Caranya yaitu menggunakan susu untuk membersihkan wajah. Hal ini dikarenakan susu bermanfaat untuk membersihkan wajah dari debu dan juga kotoran yang menutup pori-pori kulit wajah Anda. Dengan demikian, penyumbatan kotoran di pori-pori dapat diatasi sehingga menjauhkan wajah Anda dari masalah jerawat.

8. Putih Telur

Anda juga dapat menghilangkan minyak berlebih di wajah dengan mengaplikasikan putih telur sebagai masker. Caranya yaitu dengan mengoleskan putih telur pada wajah Anda lalu diamkan kurang lebih 15 – 20 menit. Kemudian, bilas wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda dapat menambahkan madu dan air lemon pada putih telur. Kemudian, aduk campuran tersebut hingga rata dan oleskan pada wajah hingga merata. Diamkan sampai mengering kurang lebih 15 – 20 menit. Terakhir, bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih. Anda dapat melakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebelum tidur. Dengan perawatan rutin tersebut, minyak berlebih di wajah Anda dapat dikurangi.

Baca Juga : 13 Penyebab Keringat Berlebih Diwajah Yang Bisa Mengganggu Aktivitas Anda

Ok mungkin artikel Cara Mengurangi Minyak Di Wajah dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya serta salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.