Home / Android / Cara Merawat Smartphone Android ~ Tips Android Yang Bikin Smartphone Awet

Cara Merawat Smartphone Android ~ Tips Android Yang Bikin Smartphone Awet

Cara Merawat Smartphone Android – Pada saat ini smartphone adalah barang yang wajib dimiliki. Setiap orang memiliki smartphone. Mereka menggunakannya setiap saat, bahkan sampai tidak aturan. Artinya pengguna smartphone mampu menghabiskan waktu selama seharian penuh untuk bermain. Terkadang ada smartphone yang tidak kuat sehingga rusak. Buat smartphone Anda agar terhindar dari kerusakan, carilah cara smartphone membuat Android supaya awet.

Baca Juga : 7 Tips Pengguna Android Yang Wajib Diketahui Agar Android Awet Tidak Cepat Rusak

Secara umum cara membuat Android awet bisa dilakukan dengan menjaga dan merawat smartphone. Baik secara internal maupun eksternal. Untuk perawatan eksternel agar smartphone tetap awet yaitu memberikan lapisan pelindung pada layarnya, memasang silikon untuk melindungi body smartphone dan masih banyak lainnya. Sedangkan cara merawat smartphone Android secara internel bisa dilihat disini.

Cara Merawat Smartphone Android Awet Tahan Lama

Jangan hanya menggunakan smartphone saja. Imbangi dengan perawatan supaya smartphonenya awet. Bila smartphone tidak dirawat maka bisa menyebabkan kinerjanya turun serta rusak. Sayang sekali jika smartphone rusak, karena Anda rugi besar. Oleh karena itu lakukan perawatan smartphone sejak dini. Berikut merupakan cara merawat smartphone Android agar awet.

1. Baterai

Sebelum digunakan pastikan baterai smartphone terisi penuh. Usahakan Anda melakukan pengisian baterai minimal tersisa 10%. Hal yang perlu diperhatikan saat mengisi baterai yaitu jangan mengisinya sambil bermain game, saat mengisi harus dimatikan, gunakan charger original untuk mengisi baterai dan pastikan mengisi baterai hingga penuh terlebih dahulu sebelum dicabut.

Baca Juga : Punya Android Tapi Boros Baterai? Inilah 7 Cara Menghemat Baterai Android

2. Menggunakan antivirus khusus smartphone

Virus tidak hanya menyerang PC namun juga dapat masuk ke smartphone. Masuknya virus ke dalam smartphone bisa dari internet, bluetooth, dan file. Pasang antivirus pada smartphone Anda, terdapat antivirus khusus yang dapat di donwload sebagai pengaman smartphone. Selesai memasang antivirus, lakukan scaning smartphone. Antivirus juga harus selalu di update supaya kinerjanya maksimal.

Baca Juga : 7 Solusi Ampuh Untuk Mengatasi HP Android Kena Virus Agar Kembali Normal

3. Install software aplikasi terpercaya

Cara merawat smartphone Android berikutnya yaitu menginstall software aplikasi yang terpercaya. Apabila Anda install software kurang terpercaya, bisa menyebabkan dampak negatif seperti rusaknya smartphone. Software abal-abal berpotensi besar berisi virus yang dapat merusak smartphone. Oleh sebab itu Anda sebaiknya hati-hati jika ada yang menawarkan software tidak memiliki lisensi resmi.

4. Rawat speaker dan kamera smartphone

Speaker dan kamera smartphone rawan bermasalah. Keduanya tidak bisa didekatkan pada air, benda logam, benda ujung tajam dan medan magnet. Smartphone yang didekatkan pada benda tersebut menjadi mudah rusak dan suara yang dihasilkan tidak bagus lagi. Mulai sekarang jauhkan smartphone Anda dari benda berbahaya tadi.

Untuk kamera smartphone harus diberi perawatan ekstra terhadap lensanya. Lensa kamera bisa dibersihkan setiap hari dengan menggunakan lap khusus. Supaya lebih aman, lindungi lensa kamera smartphone dengan antigores agar terhindar dari goresan.

5. Backup dan restore

Melakukan backup dan restore menjadi keharusan bagi pengguna smartphone. Anda harus tahu kalau suatu saat smartphone rusak maka dilakukan perbaikan, setelah perbaikan sebagian data hilang. Data tidak akan hilang jika Anda melakukan backup dan restore. Backup data bisa disimpan pada laptop, flashdisk, hardisk, atau memory smartphone.

6. Mematikan smartphone apabila tidak dipakai

Anda tidak boleh membiarkan smartphone menyala terus. Seperti manusia, smartphone juga butuh istirahat. Tujuan mematikan smartphone agar komponennya seperti processor, RAM, dan lainnya bisa dingin. Saat sudah dingin, Anda dapat menggunakannya kembali. Ingat gunakan smartphone secara bijak, karena menggunakannya secara berlebihan bisa membuat smartphone cepat panas.

7. Restart smartphone

Melakukan restart menjadi salah satu cara merawat smartphone Android agar tidak mudah rusak. Restart smartphone mampu membuat fresh jaringan internet dan sistem Android. Hal ini mempengaruhi sistem Android dapat berjalan normal.

8. Scanning pada RAM yang penuh

RAM smartphone penuh membuat kinerjanya lambat. Cara meningkatkan kinerja smartphone dengan menghapus data yang tidak terpakai atau bisa melakukan scanning.

Baca Juga : Punya Masalah Dengan RAM Android Yang Sering Penuh? Inilah Cara Mengatasinya

Demikian cara merawat smartphone Android supaya tetap awet. Biasanya perawatan yang dilakukan oleh pengguna smartphone kurang maksimal, padahal perawatan tidak maksimal menyebabkan smartphone mudah rusak. Awal mulanya tanda kerusakan smartphone yaitu sering hang, aplikasi tidak merespon, macet, dan mati sendiri. Segera lakukan service jika terjadi seperti itu pada smartphone Anda.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.