Home / Software / Cara Mengembalikan Data Hilang Di Hardisk Dengan EaseUS Data Recovery Wizard

Cara Mengembalikan Data Hilang Di Hardisk Dengan EaseUS Data Recovery Wizard

Cara Mengembalikan Data Hilang Di Hardisk – Software Recovery hardisk memang menjadi salah satu pilihan untuk melakukan pengembalian data pada sebuah disk drive yang rusak terformat (Flasdisk, Hardisk, Ssd dan ragam perangkat disk lainya).

Baca Juga : Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin

Jika Anda adalah satu orang yang mengalami kehilangan data, di mana data tersebut sangat penting dan tidak bisa Anda kembalikan dan keperluanya sangat genting sekali, maka hal tersebut sangat meyedihkan bagi Anda.

Contoh salah satu sobat yang sering kehilangan data adalah seorang fotografer, dimana data-data penting foto project yang di kerjakan tiba-tiba hilang dan sungguh di sesalkan perangkat disknya tidak normal seperti yang sewajarnya.

Jika sudah terjadi seperti hal di atas tentunya Anda harus mencari solusinya,  yaitu dengan menggunakan aplikasi atau sofware untuk membantu mengembalikan data sobat yang telah hilang tadi.

Salah satu aplikasi atau software yang sarankan dan  sering saya gunakan adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Aplikasi ini jika di gunakan untuk mengembalikan data menurut saya cukup mumpuni. Ukuran aplikasi ini cukup standart yaitu skitar 80 mb untuk Anda download dan install pada komputer Anda. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan di bawah ini.

EaseUS Data Recovery Wizard

Fitur utama yang ada pada aplikasi ini tentu saja adalah recovery data, sebenarya dari EaseUS ada aplikasi yang serupa yaitu EaseUS partition magic, yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengolah partisi.

Selanjutnya adalah penginstallan sekaligus cara untuk melakukan recovery data pada hardisk atau flashdisk milik Anda yang bermasalah, karena nanti malah berbicara yang panjang dan tidak ada intinya, lebih baik langsung saja berikut ini tutorialnya.

Cara Recovery Data Pada Hardisk Dengan EaseUS Data Recovery Wizard.

Perangkat yang di butuhkan untuk melakukan recovery adalah sebuah PC atau laptop yang masih dalam keadaan baik dan performa masih bagus.

Selanjutnya adalah hardisk, flasdisk ataupun microSD atau perangkat disk drive yang akan di recovery. Dan yang terakhir tentu saja aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. Silakan Anda download terlebih dahulu aplikasi  EaseUS Data Recovery Wizard di website resminya.

Jika aplikasi sudah Anda download, lakukan penginstalan aplikasi seperti biasanya, saya kira untuk melakukan penginstallan Anda sudah bisa melakukanya..

Jika Aplikasi sudah selesai di Install langsung saja buka aplikasinya. Dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Pada Gambar atau screenshot di atas terdapat sebuah MicroSD yang sudah terformat dan akan saya coba untuk mengembalikan beberapa datanya yang telah hilang.

Bisa Anda lihat untuk kotak yang pertama adalah microSd saya, dan untuk yang kedua adalah letak di mana file hasil Recovery, langsung saja klik tombol Recover.

Setelah itu Anda akan melihat proses recovery pada disk Anda, untuk waktu yang di perlukan tergantung dengan besarnya disk drive yang Anda recovery, semakin besar disk drivenya tentu saja akan semakin lama pula proses recoverynya. Jika perangkat yang coba Anda recovery lebih kecil dari 4 Gb, kemungkinan proses yang di perlukan skitar 10 menitan.

Nah masih pada gambar di atas, sengaja saya pause proses scan recoverynya sekedar untuk memberi contoh pada Anda langkah selanjutnya.  Di screenshot 2 terlihat hasil file yang sudah berhasil di scan, dan tinggal melakukan recovery. Lihatlah kotak-kotak merah tersbut, saya kira Anda sudah bisa menerkanya tanpa perlau saya jelaskan.

Langsung saja jika file yang Anda ingin lakukan recovery sudah terpilih langsung saja klik recover pada tombol yang berwarna kuning tua di bawah seperti gambar di atas.

Tentukan dimana letak file hasil recovery yang Anda inginkan. Jika sudah klik ok dan proses hasil recovery akan segera berlangsung.

Jika proses sudah selesai silakan buka hasil folder recovery, dan Anda bisa melihat hasil file data yang telah berhasil Anda kembalikan dengan menggunakan aplikasi ini.

Itulah tutorial Cara Mengembalikan Atau Recovery Data Hilang di diskdrive dengan EaseUS data recovery wizard.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer Ga Pake Ribet

Mungkin ada kesalahan kata, atau penulisan semoga Anda berkenanan untuk memberitahukanya kepada kami agar segera untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat sampai jumpa di postingan saya selanjutnya. Terimaksih.

Tohirun

Pemuda yang ingin berbagi informasi agar Indonesia lebih melek teknologi. Penulis adalah admin blog Toletole.NET yang mengenal menulis semenjak dari kelas 1 SD.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.