Home / Teknologi / 6 Langkah Jitu Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Harus Membawa Ke Tempat Service

6 Langkah Jitu Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Harus Membawa Ke Tempat Service

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Laptop lemot menjadi suatu masalah yang bisa dibilang sangat mengganggu, terutama jika laptop yang Kita gunakan merupakan bagian dari aktivitas penting dalam keseharian Kita. Dan ketika laptop yang Kita pakai atau miliki lemot tentu akan sangat tidak menyenangkan. Lalu bagaimana jika laptop Kita sudah berada dalam fase lemot? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi laptop lemot?

Baca Juga : Komputer Anda Lelet Kinerjanya? Lakukan 5 Tips Berikut Agar Kinerja Komputer Meningkat

Mengatasi laptop lemot bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra untuk secara rutin melakukannya karena perawatan agar peforma laptop kembali stabil dan tidak lemot. Memang harus dilakukan secara rutin, konstan, dan membutuhkan kesabaran ekstra. Dan berikut ini merupakan 6 langkah jitu yang bisa Anda lakukan.

6 Langkah Mengatasi Laptop Lemot

Seperti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop lemot. Dan berikut ini merupakan rangkuman 6 langka jitu yang bisa Anda praktekkan kepada laptop Anda.

1. Lakukan upgrade atau peningkatan RAM

Salah satu bagian penting pada sebuah laptop adalah RAM. Pada dasarnya setiap aktivitas yang Kita lakukan di laptop akan direkam dan kerjakan oleh RAM, dan ketika kapasitas RAM yang dimiliki laptop Kita terbilang kecil, maka hal inilah yang akan membuat laptop Kita menjadi lemot atau bahkan sering hang.

Maka dari itulah, mengatasi laptop lemot bisa dilakukan dengan cara mengupgrade atau meningkatkan kapasitas RAM yang dimiliki oleh laptop Kita. Pada saat ini, laptop dengan kapasitas minimal RAM agar tergolong tidak lemot adalah 4 GB, dan jika Anda ingin melakukan upgrade RAM, maka minimal kapasitas yang harus Anda gunakan adalah 4GB supaya laptop setidaknya terbebas dari kata lemot.

Baca Juga : Cara Memperbaiki RAM (Memori) Komputer / Laptop Yang Rusak / Error / Mati Total

2. Ganti hard disk dengan SSD

Ketika menggunakan hard disk, proses booting atau proses sistem yang terjadi dari laptop Kita akan cenderung lebih lambat. Dan banyak ahli yang sudah menyarankan agar menghindari lemot, maka sebaiknya Kita mengganti hard disk pada laptop yang Kita miliki dengan SSD.

Hal ini dikarenakan penggantian kepada SSD tersebut bisa mengatasi laptop lemot dengan proses sistem dan pemindahan data yang lebih cepat oleh SSD tersebut.

Baca Juga : 7 Faktor Utama Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak Yang Harus Anda Hindari

3. Melakukan pembersihan dan perawatan hardware secara rutin

Hardware atau perangkat keras yang dimiliki oleh laptop Kita juga perlu mendapatkan perhatian ekstra dari Kita. Untuk mengatasi laptop lemot, usahakan untuk selalu melakukan pembersihan dan perawatan dari hard ware yang Kita miliki.

Baca Juga : Dengan Mencuci Motherboard Dapat Memperbaiki Motherboard Yang Rusak Mati Total

4. Install ulang Windows

Install ulang Windows bisa menjadi solusi paling ampuh untuk mengatasi laptop lemot. Hal ini disebabkan, Windows yang sudah error atau pemakaian yang tidak optimal bisa menyebabkan laptop yang Kita gunakan menjadi lemot dan peformanya menjadi menurun. Apalagi jika sudah parah, install ulang Windows akan sangat direkomendasikan.

Baca Juga : 10 Software Wajib Install Di Komputer & Laptop Setelah Install Ulang Windows

5. Uninstall software yang tidak terpakai dan tidak terlalu penting

Kebiasaan dari banyak orang yang salah, adalah membiarkan banyak software yang sudah tidak terpakai atau sudah tidak penting masih terinstall di laptop mereka. Padahal, kebiasaan semacam ini justru akan memicu laptop menjadi lemot dan peforma laptop tersebut menjadi menurun.

Mengatasi laptop lemot, bisa dilakukan dengan cara menguninstall software atau game yang sudah tidak terpakai atau tidak penting lagi dari laptop Anda. Hal ini akan membuat laptop Anda bertambah ruang penyimpanannya dan membantu meringankan kinerja laptop yang Anda miliki.

Baca Juga : Tutorial Singkat Cara Uninstall Program Di Windows Sampai Bersih Ke Akarnya

6. Rutin upgrade antivirus dan lakukan full scan virus dengan anti virus

Anti virus yang ada di laptop Anda, juga berperan sangat penting dalam menjaga peforma laptop. Bisa jadi, lemot yang terjadi dalam laptop Anda disebabkan oleh adanya virus dan hal ini arus dibasmi dengan anti virus. Lakukan upgrade atau pembaruan anti virus yang Anda pasang di laptop Anda secara berkala untuk mengatasi laptop lemot.

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Selain itu, Anda juga harus melakukan full scan di laptop Anda secara rutin untuk melihat apakah laptop Anda terdapat virus didalamnya yang bisa berpotensi membuat laptop Anda menjadi lemot sehingga harus segera dibasmi virus tersebut.

Itulah keenam langkah dalam mengatasi laptop lemot yang mungkin kerap kali Anda alami. Lakukanlah beberapa hal di atas agar laptop kembali berjalan dengan normal.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. artikel yang menarik dan informatif , terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.