Selasa, 20 Februari 2024

Panduan Lengkap Cara Root Android Tanpa Komputer dengan Aplikasi Terpercaya

Cara Root Android Tanpa Komputer

Info Menarik – Apakah Kamu ingin memaksimalkan potensi perangkat Android Kamu dengan mengakses fitur yang tersembunyi dan menghapus batasan yang diberlakukan oleh produsen? Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan me root perangkat Android Kamu. Rooting Android memungkinkan Kamu untuk mendapatkan akses penuh ke sistem operasi dan menginstal aplikasi khusus yang tidak tersedia untuk perangkat yang tidak di-root. Namun, banyak orang ragu untuk melakukannya karena khawatir akan kehilangan garansi atau merusak perangkat mereka.

Kami akan membahas cara root Android tanpa komputer menggunakan aplikasi terpercaya dalam panduan ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar, Kamu dapat melakukan root perangkat Android Kamu dengan aman dan tanpa risiko yang berlebihan. Mari kita mulai!

Apa itu Rooting Android?

Rooting Android adalah proses menghilangkan pembatasan yang diberlakukan oleh produsen dan operator seluler pada perangkat Android. Ini memungkinkan Kamu untuk mengakses direktori sistem perangkat dan membuat perubahan yang lebih dalam yang tidak mungkin dilakukan oleh pengguna biasa. Kemudian, rooting Android juga memberi Kamu kontrol penuh atas perangkat Kamu, memungkinkan Kamu menginstal versi kustom dari sistem operasi, menghapus aplikasi bawaan yang tidak Kamu inginkan, dan mengoptimalkan kinerja perangkat.

Persiapan Sebelum Melakukan Rooting

Sebelum Kamu mulai melakukan rooting, ada beberapa persiapan yang harus Kamu lakukan:

1. Buat Cadangan Data

Pertama, pastikan Kamu membuat cadangan semua data penting dari perangkat Kamu, termasuk kontak, foto, dan dokumen. Rooting dapat mengakibatkan penghapusan data jika tidak kita lakukan dengan benar.

2. Baterai Cukup

Kemudian, pastikan baterai perangkat Kamu memiliki cukup daya. Rooting memerlukan waktu dan bisa menguras baterai dengan cepat.

3. Izinkan Sumber Tidak Dikenal

Selanjutnya, di perangkat Kamu, pergilah ke Pengaturan > Keamanan > Izin Instalasi dari Sumber Tidak Dikenal dan aktifkan opsi ini. Ini memungkinkan Kamu menginstal aplikasi yang tidak berasal dari Google Play Store.

4. Unduh Aplikasi Terpercaya

Kemudian, temukan aplikasi rooting terpercaya seperti “KingRoot,” “KingoRoot,” atau “Magisk.” Pastikan Kamu mengunduhnya dari sumber yang tepercaya.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Android Kena Virus: Panduan untuk Memulihkan Kembali Normal

Langkah-langkah Rooting Android Tanpa Komputer

1. Instal Aplikasi Rooting

Pertama, setelah Kamu mengunduh aplikasi rooting terpercaya, instal aplikasi tersebut di perangkat Android Kamu.

2. Buka Aplikasi

Kemudian, buka aplikasi rooting yang telah Kamu instal.

3. Mulai Proses Rooting

Selanjutnya, di dalam aplikasi, Kamu akan menemukan opsi untuk memulai proses rooting. Tekan tombol tersebut, dan proses rooting akan dimulai.

4. Tunggu Proses Selesai

Kemudian, proses rooting akan memakan waktu beberapa menit. Pastikan perangkat Kamu tetap terhubung ke jaringan Wi-Fi dan memiliki daya yang cukup selama proses ini.

5. Reboot Perangkat

Selanjutnya, setelah proses selesai, Kamu akan diminta untuk me-reboot perangkat Kamu. Lakukan itu dengan mengikuti petunjuk yang Kamu ketahui.

6. Mengecek Status Rooting

Kemudian, untuk memastikan bahwa perangkat Kamu telah di root dengan sukses, Kamu dapat mengunduh aplikasi Root Checker dari Google Play Store dan menjalankannya. Aplikasi ini akan memberi tahu Kamu apakah rooting berhasil.

Baca Juga: Cara Mengatasi Android Tidak Bisa di Root yang Wajib Kamu Tahu

Aplikasi Root Android Terpercaya

Saat ini, ada beberapa aplikasi yang sudah terpercaya untuk melakukan rooting pada perangkat Android. Namun, ingatlah bahwa melakukan rooting dapat menghilangkan garansi perangkat Kamu dan berpotensi merusaknya jika tidak kita lakukan dengan hati-hati. Selalu pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum mencoba melakukan rooting. Berikut adalah beberapa aplikasi root Android terpercaya yang sering digunakan:

1. Magisk

Magisk adalah salah satu aplikasi root paling populer dan terpercaya. Ini memiliki metode root yang sistemless, yang berarti perangkat Kamu tetap dapat menerima pembaruan sistem resmi. Kemudian, Magisk juga memiliki fitur Magisk Manager yang memungkinkan Kamu mengelola modul tambahan dan menyembunyikan status root dari aplikasi tertentu.

2. KingRoot

KingRoot adalah aplikasi rooting yang mudah kita gunakan dan telah banyak pengguna Android yang menggunakan aplikasi ini. Selanjutnya, ini dapat melakukan rooting dengan cepat tanpa memerlukan koneksi internet.

3. SuperSU

SuperSU adalah salah satu aplikasi root Android klasik. Namun, pengembangan aktif untuk SuperSU telah dihentikan, dan sekarang lebih saya sarankan untuk menggunakan alternatif seperti Magisk.

4. Kingoroot

Kingoroot adalah aplikasi rooting sederhana yang mendukung banyak perangkat Android. Kemudian, aplikasi ini memiliki tampilan yang ramah pengguna dan dapat melakukan rooting dengan beberapa klik.

5. iRoot

iRoot adalah aplikasi root Android yang populer yang memungkinkan Kamu melakukan rooting perangkat dengan cepat dan mudah. Selanjutnya, aplikasi ini memiliki dukungan untuk berbagai perangkat Android.

6. TWRP (Team Win Recovery Project)

Meskipun TWRP bukan aplikasi root dalam arti tradisional, ini adalah pemulihan kustom yang sering digunakan bersama dengan Magisk atau SuperSU. Kamu dapat menginstal TWRP pada perangkat Kamu dan menggunakan ini untuk mem-flash file root atau memulihkan perangkat Kamu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Android Bootloop: Solusi untuk HP Android yang Macet di Logo

Kesimpulan

Rooting Android tanpa komputer menggunakan aplikasi terpercaya dapat menjadi cara yang aman untuk mengambil kendali penuh atas perangkat Kamu. Namun, ingatlah bahwa rooting dapat menghilangkan garansi perangkat Kamu dan berpotensi merusaknya jika tidak kita lakukan dengan hati-hati. Selalu ikuti panduan dan instruksi yang diberikan oleh aplikasi rooting yang Kamu gunakan, dan pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum memulai proses.

Kemudian, rooting Android memungkinkan Kamu untuk mengeksplorasi berbagai fitur kustom dan meningkatkan kinerja perangkat Kamu, tetapi lakukan dengan bijak dan tanggung jawab. Dengan mengikuti panduan ini, Kamu dapat memahami cara root Android tanpa komputer dengan aman dan efektif.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.