Cara Screenshot Panjang Di Android Dengan Bantuan Aplikasi Longshot

Cara Screenshot Panjang Di Android – Menangkap layar atau mengambil screenshot tampilan Android terkadang kita butuhkan. Contohnya jika profesi Anda seorang blogger yang aktifitas kesehariannya adalah membuat artikel jenis tutorial. Ketika mengambil tema artikel tutorial tentang Android, tentunya agar tutorial yang kita sampaikan mudah dipahami pembaca maka suka didukung dengan tampilannya atau screenshot.

Baca Juga : 5 Software Untuk Membuat Screenshot Animasi ~ Membuat Gambar Bergerak

Contoh lainnya screenshot kita butuhkan untuk mengambil bukti transfer ketika kita melakukan pembelian produk secara online. Selain itu masih banyak kebutuhan mengambil screenshot dan mungkin tidak akan saya bahas satu persatu disini.

Untungnya lagi untuk sekedar memenuhi kebutuhan menangkap layar tampilan atau istilahnya lainnya mengambil screenshot ini sudah tersedia didalam fitur smartphone Android. Dengan menggunakan kombinasi tombol-tombol tertentu, maka kita sudah bisa mengambil screenshot tampilan layar Android. Nantinya screenshoot tersebut secara otomatis akan tersimpan didalam kumpulan file gambar seperti Gallery dengan format .jpg ataun .png.

Untuk mengambil screenshot setiap HP Android berbeda-beda. Umumnya tergantung merk Android. HP Android Samsung biasanya dengan cara menekan tombol Home+Power secara bersamaan.

Sayangnya fitur pengambilan screenshot bawaan Android ini tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tangkap layar panjang. Artinya fitur screenshot bawaan hanya bisa mengambil gambar yang tampil saja. Kita tidak bisa mengambil sekaligus gambar yang panjang atau gambar yang harus di scroll terlebih dahulu.

Namun jangan khawatir, untuk memenuhi keperluan screenshot gambar panjang di Android ternyata saat ini bisa kita lakukan dengan mudah. Namun agar Android Anda bisa mengambil screenshot panjang harus menggunakan aplikasi lagi. Aplikasi ini bisa kita temuka di Google Play Store.

Berikut Cara Mudah Screenshot Panjang Di Android

Banyak sekali aplikasi screenshot gambar panjang yang dapat kita temuka Google Play Store. Disini saya hanya akan merekomendasikan satu aplikasi screenshot panjang yaitu Aplikasi Longshot.

Aplikasi Longshot dapat kita manfaatkan secara gratis dan hanya mempunyai ukuran file 4,4 MB saja. Artinya dengan menginstall aplikasi Longshot ini tidak akan memberatkan kinerja Android.

Silakan Anda cari dulu aplikasi Longshot di Google Play Store kemudian install seperti biasa.

Setelah sukses install aplikasi Longshot, silakan Anda buka aplikasi Longshot. Sebelum digunakan ada pengaturan dulu yang harus dilakukan. Anda centang/checklist Auto Scrool.

Ketika melakukan tindakan checklist Auto Scroll maka akan tampil popup peringatan, silakan Anda tap OK. Secara otomatis tampilan Android akan masuk ke tampilan Settings atau Pengaturan. Silakan scroll kebawah hingga menemukan Longshot. Secara default Accessibilty Longshot mati (off), silakan Anda aktifkan (on) dulu.

Kembali ke halaman Longshot. Sekarang saatnya untuk mempraktikkan menangkap gambar panjang. Ada 3 fitur yang disediakan di aplikasi Longshot untuk menangkap gambar panjang. Auto Scroll, Capture Web Page, dan Select Images.

Sebagai contoh disini saya akan menangkap layar tampilan halaman website. Setelah tap Capture Web Page selanjutnya ketikkan alamat website yang akan kita ambil screenshotnya. Contoh saya mengetik halaman website info-menarik.net.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.