Selasa, 20 Februari 2024

Cara Edit Foto di Photoshop Agar Terlihat Bagus Seperti Hasil Studio Untuk Pemula

Cara Edit Foto di Photoshop

Info Menarik – Apakah Kamu saat ini memikirkan bagaimana cara edit foto di Photoshop agar terlihat bagus layaknya hasil studio foto? Pada artikel ini saya akan memberikan berbagai macam trik untuk keperluan tersebut. Silakan Kamu simak artikel ini hingga selesai.

Sebuah foto terlihat bagus itu memiliki banyak faktor. Salah satunya adalah hasil olahan software komputer yaitu Photoshop.

Bagi pengguna komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu software editing foto seperti Photoshop. Tidak salah jika Photoshop menjadi salah satu software desain grafis paling populer. Pasalnya program ini telah membawa sejumlah fitur untuk memudahkan pengguna dalam hal editing serta manipulasi gambar atau foto.

Baca Juga: 8 Kelebihan Photoshop Sebagai Aplikasi Editing Grafis Dibanding Software Lainnya

Selain hasil olahan Photoshop, faktor yang menunjang agar foto terlihat bagus adalah dari segi kualitas kamera itu sendiri. Kemudian pengambilan suasana yang tepat dalam pengambilan foto juga menjadi faktor pendukung kualitas foto yang kita hasilkan.

Pada artikel ini saya tidak akan membahas secara rinci semua faktor pendukung agar menghasilkan foto yang bagus. Namun pada artikel ini saya hanya akan coba membagikan trik mengedit foto di Photoshop saja. Karena jika kita paham cara mengedit foto di Photoshop maka meskipun foto tersebut agak kurang berkualitas dapat mengubah foto menjadi seperti hasil studio foto atau fotografer profesional.

Cara Edit Foto di Photoshop Agar Terlihat Bagus Seperti Hasil Studio

Adobe Photoshop memang lengkap, namun dari kelengkapan ini terkadang membuat kita bingung. Terutama untuk pemula mungkin bingung bagaimana cara menggunakannya.

Nah, atas dasar itu untuk membantu Kamu yang belum paham bagaimana cara menggunakan Photoshop pada artikel ini saya akan coba membahasnya. Pada artikel ini saya hanya akan fokus terhadap mengedit foto saja supaya terlihat bagus.

1. Menentukan Gelap dan Terang Pada Foto

Terkadang foto yang kita dapatkan karena kondisi tertentu akan terlihat terlalu gelap atau bahkan terlalu terang. Untuk mengatasi foto seperti ini dengan mudah dapat kita selesaikan menggunakan Photoshop.

Photoshop telah menyediakan beberapa fitur untuk menentukan gelap dan terang pada foto. Silakan untuk caranya bisa Kamu lihat pada artikel saya tentang cara menentukan gelap terang pada foto.

2. Menghaluskan Wajah pada Foto

Terkadang kita akan melihat foto yang tersebar di dunia maya yang kenyataannya tidak sama dengan wajah orang aslinya. Artinya foto yang kita lihat di internet hasilnya lebih bagus terutama pada bagian wajah akan terlihat lebih mulus. Hal ini sangat berbeda dengan wajah asli dari si-pemilik foto tersebut.

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi praktis terlebih aplikasi Android, namun di Photoshop-pun kita bisa mengedit wajah pada foto agar terlihat lebih halus lagi.

Jika Kamu tidak mau ribet karena mengedit foto di Photoshop itu memerlukan keuletan dan skill, silakan gunakan aplikasi otomatis. Tetapi jika ingin coba menggunakan Photoshop silakan bisa Kamu simak beberapa artikel saya tentang pengeditan wajah pada foto di Photoshop.

3. Membuat Foto Menjadi Hitam Putih

Untuk kebutuhan tertentu terkadang juga kita memerlukan foto hitam putih. Saat ini masih banyak persyaratan tertentu yang harus menggunakan foto hitam putih. Atau mungkin Kamu ingin membuat foto dengan style berbeda yaitu mengubah foto menjadi hitam putih.

Nah, di Photoshop ini kita bisa dengan mudah membuat foto kita menjadi hitam putih. Langkah-langkahnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Photoshop sendiri sudah menyedia fitur khusus dan kita tinggal menggunakannya.

Silakan untuk caranya bisa Kamu lihat artikel cara membuat foto menjadi hitam putih.

4. Menghapus Background pada Foto

Pernahkah Kamu memikirkan bagaimana cara menghapus latar belakang atau background pada foto? Seperti halnya menghaluskan wajah, untuk keperluan ini juga saat ini sudah banyak aplikasi otomatis. Mulai dari aplikasi Android hingga website online yang dapat kita operasikan menggunakan komputer atau laptop.

Terkadang juga kita memerlukan foto yang harus kita ubah latar belakangnya menjadi transparan. Contoh untuk pas foto background merah atau biru. Awalnya mungkin kita di foto tidak menggunakan background merah atau biru sehingga kita harus mengedit kembali foto tersebut agar background-nya menjadi merah atau biru.

Di Photoshop dapat dengan mudah juga untuk memenuhi kebutuhan hapus latar belakang. Bagi Kamu yang bingung tidak tahu caranya, silakan Kamu simak beberapa artikel berikut:

5. Edit Warna Rambut dan Mata pada Foto

Banyak hal yang dapat kita lakukan di Photoshop untuk kebutuhan pengeditan foto seperti mewarnai rambut dan mata. Dengan begitu kita dapat mengeksplorasi lagi pada foto agar lebih terlihat unik dan menarik. Kita tidak perlu repot-repot mewarnai rambut asli menggunakan pewarna. Cukup menggunakan program Photoshop maka keperluan kita ini dapat terpenuhi secara sempurna.

Jika Kamu tertarik, silakan simak artikel berikut ini:

6. Membuat Foto Menjadi Lebih Fokus

Karena kita lupa mengaktifkan pengaturan fokus pada kamera maka foto yang kita hasilkan menjadi tidak memiliki fokus. Meskipun pengaturan ini otomatis namun terkadang menjadi tidak aktif pada kondisi tertentu. Terlebih lagi jika kamera yang kita miliki belum memiliki pengaturan untuk membuat foto lebih fokus.

Tenang, karena dengan Photoshop kita bisa mengubah foto menjadi memiliki titik fokus tertentu. Objek yang tidak kita inginkan menjadi blur dan foto menjadi fokus terhadap objek yang akan kita tonjolkan. Silakan Kamu simak caranya pada artikel cara membuat foto lebih fokus.

7. Cara Edit Foto Agar Menggunakan Jas Resmi

Apakah Kamu membutuhkan foto resmi yang mengharuskan menggunakan jas? Sedangkan Kamu tidak memiliki foto tersebut dan karena sesuatu hal tidak memungkinkan untuk melakukan pemotoan. Tenang, masalah ini dapat kita atasi menggunakan Photoshop. Kita bisa edit foto menjadi menggunakan jas cukup mengandalkan program Photoshop.

Syarat utama untuk melakukan hal ini adalah Kamu harus sudah memiliki template jas yang akan kita terapkan pada foto.

Jangan khawatir, saya sudah memiliki artikel khusus yang membahas tentang edit foto dengan template jas. Pada artikel tersebut saya juga sudah melampirkan template jas yang dapat Kamu gunakan secara gratis.

8. Membuat Bingkai Pada Foto

Salah satu cara agar foto terlihat bagus dan menarik adalah foto kita edit menjadi menggunakan bingkai atau frame. Lagi-lagi di Photoshop juga Kamu bisa membuat foto seperti ini.

Kita bisa dengan bebas membuat bingkai atau frame di Photoshop yang kita sesuaikan dengan kondisi foto tentunya. Foto menjadi terlihat bagus layaknya foto hasil olahan fotografer profesional.

Silakan untuk caranya bisa Kamu baca pada artikel cara membuat bingkai pada foto.

9. Membuat Ukuran Foto Agar Sesuai dengan Bingkai atau Frame

Dalam membuat ukuran pada foto itu tidak boleh sembarangan. Terlebih jika foto tersebut akan kita terapkan pada bingkai atau frame. Ukuran foto itu memiliki ukuran standar yang sudah ditentukan.

Silakan Kamu simak kedua artikel berikut agar kita tidak salah kaprah dalam membuat ukuran pada foto:

10. Cara Mempercepat Proses di Photoshop

Untuk bonus, terdapat beberapa trik agar proses pengeditan foto di Photoshop menjadi lebih cepat lagi. Karena dengan mengetahui trik tersebut tentu saja bisa lebih menghemat waktu kita ketika pengeditan di Photoshop.

Trik-trik apa saja yang saya maksud? Untuk mengetahuinya Kamu bisa lansung menyimak artikel cara mempercepat proses di Photoshop.

Demikian artikel cara edit foto di Photoshop ini dan semoga bisa membantu Kamu yang khususnya masih pemula dalam hal menggunakan software Photoshop. Sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.