Panduan Lengkap: Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus di Komputer / Laptop

Cara Mengembalikan Data 1

Info Menarik – Apapun alasannya ketika data terhapus di komputer atau laptop akan membuat kita panik. Kepanikan ini semakin memuncak jika ternyata data tersebut adalah data yang sangat penting. Awalnya mungkin kita santai saja atau sebelum menyadari bahwa file tersebut sudah tidak ada di komputer. Setelah sadar, ketika akan membutuhkan file itu dengan seketika kita kaget, karena ternyata data tersebut sudah tidak berada di tempatnya lagi. Tunggu dulu, Kamu tidak perlu panik! Karena pada artikel ini saya akan memberikan tutorial cara mengembalikan data terhapus tersebut.

Baca Juga : Cara Terbaru Mengembalikan Data Terhapus di Facebook

Sebelum memvonis bahwa data tersebut sudah benar-benar hilang dan beranggapan bahwa tidak mungkin kita kembalikan lagi, sebaiknya Kamu lakukan dulu cara yang akan saya bahas pada artikel ini. Karena umumnya kasus terhapus file di komputer bisa kita kembalikan.

Sebenarnya ketika kasus data terhapus di komputer atau laptop itu tidaklah benar-benar hilang. Dalam hal ini kita bisa melakukan trik khusus untuk mengembalikan data yang terkesan hilang tersebut. Bahkan banyak tersedia software yang bertugas khusus menangani kasus kehilangan file di komputer. Dengan begitu hilangnya data penting di komputer tersebut bukan berarti hilang data secara permanen atau tidak bisa kita kembalikan lagi.

Kasus hilang data dari komputer bisa terjadi dari berbagai macam kasus. Contoh sederhananya kita tidak sengaja menekan tombol Delete pada keyboard atau bisa juga karena kita salah memilih file untuk kita hapus.

Cara Mengembalikan Data Terhapus di Komputer atau Laptop

Sebelum memutuskan bahwa data tersebut tidak bisa kita kembalikan lagi, silakan Kamu simak dan lakukan cara berikut sebagai solusi dalam mengembalikan file terhapus di komputer atau laptop.

1. Periksa Recycle Bin Komputer atau Laptop

Apakah Kamu sudah tahu keberadaan dan fungsi dari Recycle Bin? Setiap komputer atau laptop yang menggunakan Operasi Sistem Windows secara default sudah terpasang aplikasi Recycle Bin. Kegunaan Recycle Bin ini adalah tempat berkumpulnya file-file yang sudah kita hapus, dengan kata lain Recycle Bin ini adalah bagaikan tempat sampah.

Cara Mengembalikan Data 2

Recycle Bin biasanya akan tersimpan otomatis di desktop komputer dan kita tidak bisa menghapus keberadaan Recycle Bin ini.

Gunakan Recycle Bin untuk memeriksa data yang terhapus tersebut. Karena cara kerja penghapusan data di komputer setelah kita menghapus file maka akan berpindah kedalam folder Recycle Bin.

Silakan Kamu lihat apakah data tersebut ada di dalam Recycle Bin? Jika Kamu temukan, klik kanan pada data yang ingin Kamu selamatkan lalu klik pilih Restore. Dengan begitu data tersebut otomatis akan pindah ke tempat semula dan Kamu sudah bisa menggunakan lagi data itu.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengembalikan Data Terhapus di Recycle Bin

2. Manfaatkan Fitur Windows Restore Previous Versions

Langkah ini Kamu lakukan jika memang setelah Kamu memeriksa file di dalam Recycle Bin tidak Kamu temukan. Pepatah mengatakan banyak jalan menuju Roma, dengan begitu Kamu jangan dulu panik.

Coba Kamu buka Folder yang awalnya tempat data tersebut berada. Kamu klik kanan di Folder tersebut dan klik pilih Restore previous versions. Dengan langkah ini bisa memungkinkan kita untuk mengembalikan data terhapus. Windows akan melakukan restore data secara mundur ke tanggal sebelum data terhapus.

blank

3. Memeriksa File di Dalam Data Backup File

Coba ingat kembali apakah Kamu sebelumnya pernah melakukan backup data ke dalam media cadangan eksternal seperti Hard disk, Flash disk, CD/DVD, dan sebagainya. Jika pernah silakan Kamu cek seluruh media eksternal tersebut karena kemungkinan data yang terhapus di komputer atau laptop dapat Kamu temukan di dalam eksternal data.

Namun sebaliknya jika tidak Kamu temukan atau bahkan tidak pernah melakukan backup data, maka hal ini bisa Kamu jadikan pembelajaran kedepannya agar Kamu menjadi rajin melakukan backup file komputer.

4. Gunakan Software Khusus yang Mempunyai Fungsi Sebagai Recovery File

Jika semua langkah sebelumnya tidak membuahkan hasil, maka silakan Kamu lakukan langkah terakhir ini yaitu menggunakan software. Seperti yang sudah saya singgung pada pembahasan sebelumnya bahwa saat ini tersedia banyak software yang mempunyai fungsi untuk mengembalikan data terhapus. Banyak juga software yang dapat kita nikmati secara gratis. Bahkan ada software portable, artinya kita menggunakan software tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu di komputer atau laptop.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Data TerFormat Permanen di Komputer Menggunakan EaseUS

Sebagai rekomendasi Kamu bisa menggunakan software Recuva untuk mengembalikan data yang hilang. Software ini bisa kita nikmati dalam versi portable. Kita bisa dengan bebas menggunakan software ini yang kita simpan di flash disk tanpa harus menginstallnya. Software Recuva terbukti sangat ampuh dalam mengembalikan data terhapus baik sengaja atau tidak kita sengaja dengan melakukan seleksi untuk mencari file di seluruh hard disk secara menyeluruh.

Kemudian Kamu juga bisa menggunakan software EaseUS Data Recovery WizardΒ seperti yang sudah saya bahas pada artikel ini. Dengan EaseUS sudah teruji sama saya sendiri ketika data di komputer tidak sengaja terhapus dengan klik Format. Dan alhamdulillah semua data bisa saya kembalikan.

Selanjutnya solusi lain Kamu bisa menggunakan software MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.

Ok mungkin hanya itu saja artikel ini. Semoga ada manfaatnya dan bisa menyelematkan file terhapus Kamu. Jika semua langkah tadi hanya mendapatkan hasil nihil, sebaiknya mulai saat ini juga Kamu harus rajin melakukan backup file.

About Info Menarik

blank
Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

31 comments

  1. blank

    Jangan khawatir apabila tidak sengaja men-delete dokumen ya kalau gitu…bisa balik lagi tanpa software khusus. salam.

    • blank
      Adnan

      Permisi suhu, data sy hilang gara2 mensave data dgn nama yg sdh jd ketimpa gitu trus file yg satux hilang, tolong pencerahanx suhu

    • blank
      Zainal

      Saya udah gunain recuva tapi Yang berhasil di bakup hanya file seperti foto lagu dan software nya ga ada yg masuk sama sekali

  2. blank
    NILA

    bang ini saya menghapus data namun lewat 2 hari failnya tidak ada di tempat sampah lagi dan itu terhapus sendiri coba bantu saya dulu

  3. blank

    Untuk mengembalikan data yang terhapus biasanya saya menggunakan tune up, mas. tp dah lama sekali ga install. Mau pakai salah satu cara di atas, kebutulan saya menemukan tipsnya .
    Sering sekali saya kehilangan data setelah tanpa sengaja meng-empty recycle bin.

  4. blank
    Fani

    Udah coba cara diatas, tapi gk bisa mas… 😟
    Terakhir x saya ngeliat file2 itu sebelum menginstal dan menscan komputer dengan Avira. Trus stelah saya scan all item di laptop, saya gk periksa adapun lagi. Saya pikir pasti udh aman, udah gk ada gangguan apa2 lagi. Saya baru nyadar ada yang hilang, stelah saya dpt film dari kawan. Saya panik, udh coba restore berkali2, udh coba juga tips diatas, tapi gk ngaruh. Kasih solusi donk mas.. Pliiss..

  5. blank
    irma

    Saya yg kehapus aplikasi pada deskop ilang semua tinggal this pc sama recyle. Pas tak liat di reycle nggak ada. Gimana caranya agar aplikasi pada laptop saya kembali . Saya pake windows 8

    • blank
      agus setiawan

      Itukan aplikasi yg sudah terinstal di laptop dan hanya di pindahkan di dekstop, cara untuk memindahkan aplikasi, tinggal anda pilih gambar ini windows dari dekstop atau juga dari keyboard, dan pilih aplikasi mna yg mauk di pindahkan ke dekstop, terus klik kanan dan pilih send to dan pilih dekstop

  6. blank

    Caranya cukup mudah, Min. Tapi kalo gada di Recycle Bin, kita mesti pake Recovery Apk supaya datanya balik ya?

    • blank
      Viris lestari

      Menyimpan smua data di Data d tp windows eror cpu diperbaiki namun data hilang adakah cara untuk mengembalikan smua data di data d.mohon bantuannya

  7. blank
    darmawan

    saya ngga sengaja mengklik tombol hapus.. padahal baru awal menginstall xampp . bagaimana yah min tolong pencerahan nya..
    stlah trhapus bagian dalam folder.
    apache dan mysql sya gak mau runnning.. plis mastah mastah

  8. blank
    fahrul

    apa msih bsa jika data di restore lwat software jka pc sudah di install ulanv berturut turut .. mhon pencerahan nya min

  9. blank
    TamaPutra

    Terimakasih banyak gan, sy gak sengaja ngehapus file pnting untung dsini ada bantuannya dan file sy sdh kembali lg

  10. blank
    tari

    Min kalau software seperti WinRar yang tidak sengaja terhapus/terformat itu gimana yah min,,, apa bisa dikembalikan lagi min,, saya kurang paham min atas penjelasan di atas mohon penjelasannya yang lebih rinci min kalo bisa ada videonya min agar saya lebih paham saya pakai windows 10,, makasih min

  11. blank
    Nisa

    Saya ingin tanya gimana caranya agar saya tahu di mana file yang telah di-restore itu tersimpan…
    Saya me-restore sekitar 3 file yang berformat JPEG dari Recycle Bin, tapi saya tidak tahu file itu kembali ke folder mana karna saking banyaknya folder (btw, ini komputer teman saya yang sudah meninggal, bukan komputer saya)…
    Mohon pencerahannya…
    Terimakasih…

  12. blank
    nowaf

    gan saya mau nanya, klo buat ngebalikin data yang udah kehapus permanen yg udh ganti window bisa ga? dlu saya pke window 7 trus mau d upgrade k window 8 nah datanya tuh ga keburu d back up jdi hilang, skrg saya d downgrade lg k wndow 7.apa datanya bisa dikembalikan lgi? mohon bantuannya gan, makasih

  13. blank
    St saudah

    Barusan sy menghapus data satu persatu tampa sengaja ada data penting terhapus juga,direclebin tidak muncul gmn caranya mengembalikan data tersebut?

  14. blank
    indah

    misi min.. kalo file yang tidak sengaja terhapus pada saat kita sedang sharing dengan komputer orang lain bisa dibalikin lagi ga ya kak?

  15. blank
    sky

    saya udah coba buat pake aplikasi saya crack terus pas saya udah recover dibilang corrupt tapi di applikasinya ada

  16. blank
    setyawati

    data penting saya awalnya gk bisa di buka, tpi excell yg lain bisa, kmudian tiba2 ada fil yg namanya sma setelah saya cek trnyata ukuranya cuma 10 kb sdang kan file lain 1000an
    apakah filenya ke delete saya tidak tau, gimana cara mengembalikan data yang hilang di folder sharing ya?

  17. blank
    aardini86

    kalo misalnya kehapusnya udah beberapa hari,trus leptopnya udah dimatiin berkal kal.masih bisa dipulihim datanya ga kak?

    • blank

      Asal hapusnya belum permanen masih bisa di back up dari folder Recycle Bin. saya juga sering gitu walau udah berhari-hari dengan tanda kutip hapusnya tidak permanen.

  18. blank
    Lia Anggraini

    kalau filenya disimpan ke data D Lalu tbtb hilang nahpas di search di data D Lagi , eh rupanya ada pas dipencet dia ada tulisan shorcut ? nah itu gimana yh biar bs balikkin filenya? fast resoon ya

  19. blank
    Saraiha aurora

    Gan dulunya saya pake win 7 kemudian mengcutting photo ke hardisk eksternal , dikira dah masuk semua ternyata tidak ada di hardisk . Pas di recovery setelah paje win 8 photo kembali namun sebagian banyak nggak bisa di buka , video pun seperti itu ga bisa di buka . Itu dokumen photo video nikahan , ada yg bisa bantu akang – akang , abang – abang ? Pelis :( πŸ˜«πŸ˜”πŸ˜“πŸ˜₯😧😭😒😭

  20. blank
    Irawansyah

    Maaf Suhu, saya mau tanya. folder yang isinya file sangat penting saat saya pindah kan ke Harddisc Internal dengan CUT saya gak sengaja menghapus sampah file didalam Bak Sampah. Mohon Petunjuk cara pengembaliannya suhu…..
    Terima Kasih

  21. blank
    RAFI RETNO SARI

    Kerreeenn, terharu bgt saya
    Terima kasih banyak …… data sudah diketemukan dengan cara 2,
    semoga manfaat untuk banyak orang yang baru belajar komputer

  22. blank

    Mantap gan, akhirnya data saya bisa kembali lagi setelah saya mencoba cara di atas, kemarin ada data penting yang sempet kehapus soalnya.

  23. blank

    Terima kasih informasinya, ternyata ada cara yang cukup mudah. Sempat bingung karena masalah ini

  24. blank

    thanks, saran yang sangat membantu

  25. blank

    Memang file yang udah dihapus bisa dikembalikan lagi, tapi terkadang ada juga file yang tidak bisa dikembalikan lagi meski menggunakan aplikasi recovery berbayar. Apalagi jika file sudah lama terhapus, pasti akan semakin sulit. Terima kasih infonya ya mas.

  26. blank

    Kalau file yang terhapus, bisa kah dengan cara tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.