Home / Teknologi / Mobil Listrik, Pilihan Transportasi Masa Depan Sebagai Bukti Kecanggihan Teknologi

Mobil Listrik, Pilihan Transportasi Masa Depan Sebagai Bukti Kecanggihan Teknologi

Teknologi Mobil Listrik Masa Depan

Mobil Listrik, Pilihan Transportasi Masa Depan – Seperti yang telah kita ketahui bahwa transportasi menjadi suatu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Transportasi yang semakin beragam baik dari segi teknologi maupun kecanggihan diiringi dengan tingkat kebutuhan akan transportasi yang semakin besar setiap tahunnya. Namun, bagaimana jika terdapat inovasi yang membawa kita ke masa depan? Inovasi tersebut terwujud dalam teknologi mobil listrik.

Baca Juga : Inovasi Masa Depan, Ini Dia 5 Mobil Tercanggih Di Dunia Dengan Harga Fantastis

Mobil listrik juga bukan merupakan barang baru di Indonesia yang mana warga Indonesia sendiri juga berpacu turut mengembangkan penggunaan mobil tenaga listrik di Indonesia. Namun sebenarnya bagaimana sih seluk beluk mengenai mobil listrik? Dan apasaja kelebihan dari teknologi mobil listrik ini?

Sekilas Tentang Mobil Listrik

Pada dasarnya mobil listrik dapat diartikan sebagai sebuah mobil yang digerakkan atau bahan penggerak utamanya berasal dari energi listrik. Energi listrik tersebut diletakkan di dalam sebuah model baterai atau model penyimpanan energi lainnya dan menjadi motor penggerak utama dari mobil tersebut dan bukan lagi bahan bakar minyak. Teknologi mobil listrik ini terbilang sangat menarik untuk dibahas lebih lanjut.

Menurut beberapa sumber, teknologi mobil listrik ini mulai populer pada sekitar awal abad ke-20. Krisis energi yang terjadi di dunia membuat manusia harus berinovasi untuk mencari sebuah mode transportasi yang bisa digerakkan dengan sebuah energi terbarukan. Dan hal inilah yang mendasari lahirnya penemuan mengenai mobill listrik.

Ada berbagai model mobil listrik yang telah dijual secara luas dipasaran yaitu adalah Tesla Roadster, Nissan Leaf, BYD e6, Renault Fluence, Tazzari Zero, dan Smart ED. Bukan tanpa pembeli, minat masyarakat terhadap mobil listrik ini juga terbilang tinggi dengan dibuktikan angka penjualan yang tergolong tinggi untuk ukuran teknologi baru.

Di Indonesia sendiri, seperti yang telah disinggung sebelumnya, perkembangan teknologi mobil listrik tidak dapat dikatakan sangat pesat akan tetapi juga tidak bisa dikatakan tanpa perkembangan. Tercatat telah ada beberapa upaya nyata yang dilakukan oleh pemerintah untuk turut mendorong masyarakat agar mau menggunakan mobil listrik dan memperkenalkan ke seluruh masyarakat Indonesia.

Wujud nyata dari upaya ini adalah pada tahun 2012 pemerintah Indonesia bahkan sampai mengucurkan anggaran dana sekitar 100 milliar rupiah untuk membiayai riset teknologi mobil listrik. Upaya tersebut masih dilakukan hingga saat ini walaupun upaya yang dilakukan untuk produksi mobil listrik masih berupa purwarupa atau prototype akan tetapi memang patut diacungi jempol dari upaya pemerintah dan pihak terkait.

Kelebihan Teknologi Mobil Listrik

Teknologi Mobil Listrik Masa Depan

Teknologi mobil listrik sendiri memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan yang sangat berpotensi jika dibandingkan mobil yang digerakkan dengan pembakaran minyak biasa. Keunggulan yang pertama dan menjadi highlight dari mobil listrik adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor.

Dengan tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor, maka penggunaan teknologi mobil listrik akan sangat baik untuk berkontribusi dalam upaya pengurangan emisi gas rumah kaca yang sangat berpotensi besar untuk mempercepat laju pemanasan global atau global warming.

Selain itu, dengan penggunaan dan penerapan dari mobil listrik ini juga akan menurunkan tingkat ketergantungan kita terhadap bahan bakar minyak yang merupakan energi yang tidak terbarukan dan suatu saat nanti bisa habis sumber energinya. Bahkan beberapa negara maju di dunia telah berhasil menurunkan tingkat ketergantungan mereka terhadap bahan bakar minyak karena telah menemukan kelebihan pada teknologi mobil listrik ini.

Namun, diantara kelebihan tersebut mobil listrik juga tidak terlepas dari sisi kelemahan. Kelemahan yang paling mencolok dari penggunaan teknologi mobil listrik ini adalah fakta bahwa biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan atau memproduksi mobil listrik ini secara massal masih amat tinggi jika dibandingkan dengan produksi mobil pada umumnya.

Baca Juga : Mencengangkan! Ini Dia 5 Teknologi Canggih Rumah Masa Depan

Mahalnya biaya produksi tersebut juga tidak dapat terlepas dari komponen dalam mobil listrik tersebut yang memang berbeda dengan jenis mobil biasa dan hanya bisa diperoleh dengan biaya yang cukup mahal. Selain itu, kelemahan lain dari teknologi mobil listrik ini adalah masih sedikitnya stasiun bahan bakar listrik yang ada di Indonesia. Yang mana akan menjadi suatu ketakutan tertentu bagaimana jika bahan bakar atau listrik dari mobil tersebut habis ditengah perjalanan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.