Sabtu, 21 Januari 2023

Tutorial Cara Membuat Huruf atau Tulisan Efek Air Dengan Photoshop

Info Menarik – Untuk Kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuat huruf atau tulisan efek air di Photoshop silakan simak artikel ini sampai selesai. Pada artikel ini saya akan membahas hingga tuntas sehingga Kamu nantinya bisa praktik sendiri.

Baca Juga : Cara Cepat Mewarnai Rambut Dengan Photoshop

Tutorial ini hanyalah contoh langkah-langkahnya saja, dan untuk kreatifitas silakan Kamu kembangkan lagi. Dalam tutorial Photoshop membuat huruf atau tulisan efek air ini saya menggunakan efek Blending Options. Kemudian Photoshop yang saya gunakan dalam membuat tutorial ini adalah Photoshop CS3.

Berikut contoh hasilnya huruf yang yang sudah saya edit menjadi seolah-olah tulisan air:

Cara Membuat Huruf Efek Air di Photoshop 2

Dan berikut adalah gambar background yang akan saya jadikan praktek dalam tutorial ini:

Cara Membuat Huruf Efek Air di Photoshop 3

Untuk mendapatkan gambar seperti contoh di atas, silakan Kamu download dengan cara klik link di bawah ini:

Cara Membuat Huruf atau Tulisan Efek Air di Photoshop

1. Buka Program Photoshop di Komputer

Setelah sukses download gambar background di atas, silakan buka program Photoshop yang sudah Kamu install sebelumnya di komputer.

2. Buat Huruf atau Teks di Photoshop

Langkah selanjutnya silakan di Photoshop buat huruf atau tulisan di atas gambar yang sudah Kamu download tadi menggunakan Horizontal Type Tool, contoh INFO-MENARIK. Jenis Font yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah BARNABY dan untuk ukuran huruf silakan sesuaikan saja.

Untuk membuat huruf di Photoshop bisa Kamu lihat pada tulisan saya sebelumnya Cara Mudah Membuat Efek Api Dengan Photoshop

Cara Membuat Huruf Efek Air di Photoshop 4

3. Ubah Nilai Fill pada Layers Text

Langkah selanjutnya pada Palette Layers Teks INFO-MENARIK tentukan nilai Fill menjadi 0%. Nanti jika kita sudah memberikan nilai Fill 0%, maka otomatis huruf atau tulisan di canvas menjadi tidak terlihat.

Cara Membuat Huruf Efek Air di Photoshop 5

4. Ubah Style Teks di Blending Options

Sekarang klik kanan pada Layers Text kemudian pilih Blending Options….

Nah untuk membuat huruf atau tulisan efek air di Photoshop itu pada tahap inilah kuncinya. Kamu bisa mencoba-coba hasil efek yang dihasilkan dari pengaturan yang kita tentukan di Style Blending Options.

Ada tiga style yang perlu kita setting di jendela Blending Options, yaitu:

1. Drop Shadow

Sebagai contoh pada style Drop Shadow silakan Kamu setting seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

2. Inner Shadow

Kemudian untuk semua pengaturan pada Inner Shadow lakukan juga seperti gambar di bawah ini:

3. Bevel and Emboss

Style terakhir adalah Bevel and Emboss. Untuk memudahkan, silakan Kamu setting juga seperti yang terihat pada gambar di bawah ini:

5. Simpan Style Efek Air

Setelah semua pengaturan pada kotak dialog Blending Options selesai kita lakukan selanjutnya untuk memudahkan jika kedepannya kita memerlukan pengaturan efek air lagi, silakan simpan. Untuk menyimpan Style caranya adalah klik tombol New Style….

Kemudian Kamu beri nama yang nantinya mudah Kamu ingat, misalnya “Efek Air” lalu klik tombol Ok. Maka nanti secara otomatis efek style baru ini akan tersimpan atau bertambah pada deretan Style Photoshop Kamu dengan nama yang sesuai.

6. Selesai

Sekarang silakan lihat hasil karya Kamu tersebut, apakah sekarang efek huruf atau tulisan tersebut sudah berubah menjadi seperti tulisan air? Jika efeknya kurang terlihat nyata, silakan Kamu sesuaikan lagi dari pengaturan Blending Options seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Bagaimana mudah bukan?

Selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan seputar materi artikel ini bisa Kamu sampaikan di kolom komentar di bawah ini. Atau mungkin Kamu mempunyai ide lain tentang pengaturan di Blending Options, silakan bisa share di kolom komentar.

Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Setelah saya coba, ternyata cantik juga hasilnya, huruf yang dibuat seperti air dan transparan..
    Makasi Gan..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.