Sabtu, 2 Desember 2023

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230: Panduan Blinking dan Resetter EPSON R230

Info Menarik – Pesan error yang tampil di setiap printer itu berbeda-beda. Itu semua tergantung jenis kerusakannya dan juga termasuk dari jenis printernya. Mungkin Kamu sudah tahu printer EPSON Stylus Photo R230. Printer EPSON yang satu ini umumnya sering kita gunakan untuk kebutuhan digital printing seperti cetak foto. Terkadang printer EPSON R230 itu terjadi error atau blinking seperti halnya printer pada umumnya sehingga kita harus meresetnya. Untuk reset printer EPSON R230 kita membutuhkan software khusus yaitu software resetter. Nah, pada artikel ini saya akan berbagi software resetter printer EPSON R230 yang dapat Kamu download secara gratis.

Baca Juga : Cara Mengatasi General Error EPSON TX101: Terbukti Ampuh!

Munculnya pesan error sehingga printer EPSON R230 tidak bisa kita gunakan memang sangat menjengkelkan. Dengan keterbatasan ilmu pengetahuan yang kita miliki, sering kali kita memutuskan untuk membawa ke tempat service printer.

Kemudian dari banyaknya kasus pesan error khususnya untuk printer EPSON Stylus Photo R230 salah satunya adalah muncul peringatan seperti ini:

“Parts inside your printer are near the end of their service life. See your printer documentation.”

Tampilnya pesan error seperti kasus di atas memang printer EPSON Stylus Photo R230 masih bisa kita gunakan dan tidak mempengaruhi pada hasil cetak printer. Kasus seperti ini seolah-olah printer tidak terdapat masalah apapun. Namun sebenarnya pesan error tersebut adalah sebuah peringatan bahwa sistem kerja normal printer akan segera berakhir. Artinya dalam waktu dekat printer EPSON Stylus Photo R230 akan tidak bisa kita gunakan.

Resetter Printer EPSON R230 01

Berbeda dengan kasus printer EPSON Stylus Photo R230 ketika tombol warna merah menyala terus (blinking). Maka ketika kasus seperti ini printer EPSON Stylus Photo R230 total tidak bisa kita gunakan sama sekali. Kita meski melakukan reset pada printer tersebut menggunakan software resetter.

Alasan Printer EPSON R230 Terjadi Blinking

Blinking pada printer EPSON Stylus Photo R230 adalah tanda bahwa terdapat masalah dengan printer tersebut. Beberapa alasan umum mengapa printer EPSON Stylus Photo R230 mengalami blinking antara lain:

1. Kertas Macet

Jika ada kertas yang macet di dalam printer, bisa menyebabkan blinking. Pastikan untuk memeriksa area kertas dan menghapus kertas yang terjebak dengan hati-hati. Pastikan tidak ada potongan kertas kecil yang tertinggal di dalam printer.

2. Tinta Habis

Kemudian ketika tinta pada salah satu atau beberapa cartridge printer habis, printer dapat memunculkan peringatan dan melakukan blinking sebagai indikasi bahwa perlu mengganti cartridge yang kosong.

3. Cartridge tidak Terpasang dengan Benar

Selanjutnya jika cartridge tidak terpasang dengan benar atau terlepas, printer mungkin akan mengalami blinking. Pastikan cartridge terpasang dengan benar dan kita kunci dengan aman.

4. Kesalahan Komunikasi

Kemudian kesalahan komunikasi antara printer dan komputer juga dapat menyebabkan blinking. Periksa koneksi antara printer dan komputer, pastikan kabel USB terhubung dengan baik dan tidak ada kerusakan pada kabel tersebut.

5. Masalah Perangkat Lunak

Selanjutnya terkadang, masalah perangkat lunak pada printer dapat menyebabkan blinking. Pastikan Kamu memiliki driver printer yang terbaru dan perangkat lunak printer yang terinstal dengan benar. Coba restart printer dan komputer untuk memperbaiki masalah ini.

6. Masalah Hardware

Kemudian jika semua langkah di atas sudah Kamu lakukan dan printer masih mengalami blinking, mungkin ada masalah dengan hardware printer itu sendiri. Dalam kasus seperti ini, saya sarankan untuk menghubungi pusat layanan EPSON atau seorang teknisi printer profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Ingatlah bahwa ini hanya beberapa alasan umum mengapa printer EPSON Stylus Photo R230 bisa mengalami blinking. Setiap kasus bisa berbeda, dan solusinya tergantung pada kondisi dan permasalahan spesifik yang ada.

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230: Resetter Printer EPSON R230

1. Download Resetter Printer EPSON R230

Sebagai langkah jika semua solusi sudah Kamu lakukan dan printer EPSON R230 masih blinking, silakan coba atasi dengan software resetter. Silakan Kamu download resetter printer EPSON R230 pada tombol yang saya sediakan di bawah ini:

Download Resetter EPSON R230

2. Install Resetter Printer EPSON R230

Setelah sukses download silakan Kamu install aplikasi resetter tersebut di komputer. Kemudian Kamu aktifkan aplikasi SSC Service Utility jika sudah sukses Kamu install.

3. Nyalakan Printer EPSON R230

Langkah selanjutnya silakan Kamu nyalakan printer EPSON Stylus Photo R230 kemudian Kamu klik tab Configuration pada aplikasi SSC Service Utility. Kamu tentukan di Installed Printers dan Printer Model menjadi Epson Stylus Photo R220/R230.

Resetter Printer EPSON R230 02

Sebetulnya aplikasi resetter SSC Service Utility ini bukan hanya untuk melakukan reset printer EPSON Stylus Photo R230 saja. Kamu bisa mengetahuinya pada list printer model, disana terdapat banyak pilihan printer model yang bisa kita gunakan untuk reset printer yang blinking.

4. Pastikan Printer sudah Terhubung dengan Software

Sekarang kita pilih tab Ink monitor untuk mengecek apakah printer R230 sudah tersambung dengan aplikasi SSC Service Utility atau belum. Kamu klik Printer Report kemudian klik Refresh dan klik juga Head Ink Shorts serta Refresh. Jika printer sudah tersambung, maka akan muncul gambar tinta dalam satuan persen seperti pada gambar di bawah ini:

Resetter Printer EPSON R230 03

5. Close Resetter EPSON

Selanjutnya Kamu tutup kotak dialog SSC Service Utility ini dengan memilih close sehingga SSC Service Utility akan berpindah ke Taskbar.

Resetter Printer EPSON R230 04

6. Lakukan Reset Counter

Selanjutnya silakan Kamu klik kanan pada icon SSC Service Utility yang muncul di Taskbar tersebut lalu Kamu pilih Reset counters dan Reset all counters. Lakukan juga pada Reset all color counters dan masing-masing klik OK.

7. Lakukan Clear Counter

Kemudian Kamu lakukan juga hal serupa pada Protection counter > Reset protection counter dan juga pada Clear counter overflow.

8. Restart Printer EPSON R230

Selanjutnya matikan printer EPSON Stylus Photo R230 kemudian nyalakan lagi. Begitu printer Kamu nyalakan maka printer akan melakukan Cleaning Tinta secara otomatis, tunggu sampai proses cleaning selesai.

Sekarang Kamu coba melakukan print dokumen atau apa saja. Seharusnya printer EPSON Stylus Photo R230 Kaamu sudah berjalan normal dan tidak lagi muncul peringatan “Parts inside your printer are near the end of their service life. See your printer documentation”.

Baca Juga: Cara Reset Epson L3110 Lengkap dengan Download Resetter Gratis Tinggal Pakai

Selamat mencoba dan semoga sukses bermanfaat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. ferris zebua

    Saya sudah mencoba langkah di atas namun setelah saya close muncul ssc service utility : access violation at address dan seterus, cara mengatasinya bagaimana min.

    • Mungkin agan menggunakan komputernya bukan status Administrator. Coba gunakan hak akses status Administrator dulu, semoga sukses!

  2. Yulia

    saya mencoba berulang-ulang teta[i tetap tidak bisa mereset, selalu muncul aware “printer off, or some other problem” pdahal printer sudah menyala, saya matikan lalu nyalakan lagi tetap sama. bagaimana cara mengatasinya?

    • eine

      Nah… sama… keluar notif “printer off, or some other problem”….
      Udah di on/off printernya & di restart kompu nya… tetep aja…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.