Pelajari 10 Penyebab Penting Kenapa Bisnis Online Anda Sering Gagal

Penyebab Bisnis Online Sering Gagal

Info Menarik – Apakah Anda merasa sudah berusaha maksimal dalam jangka waktu yang lama tetapi bisnis online Anda masih belum berkembang. Atau malah usaha dan bisnis online milik Anda sudah gulung tikar tidak menyisakan apapun. Jangan cepat putus asa coba carilah terlebih dahulu apa penyebab bisnis online sering gagal agar bisa dilakukan antisipasinya lebih awal.

Baca Juga : 10 Kesalahan Strategi Pemasaran Online Sebaiknya Anda Hindari Mulai Saat Ini

Agar bisnis online bisa berjalan dengan baik dan membawa keuntungan Anda tidak harus menjadi ahli terlebih dahulu. Yang dibutuhkan hanya ketelatenan dan memahami apa saja yang harus dilakukan dan yang sebaiknya dihindari. Mengikuti workshop dan seminar tentang pemasaran online memang bisa menambah pengetahuan Anda tentang digital marketing. Tapi itu bukan segalanya.

Akan lebih baik kalau Anda sejak awal telah mengerti apa saja yang menjadi penyebab bisnis online sering gagal. Dengan begitu Anda akan bisa melakukan antisipasi terhadap kegagalan sebelum hal tersebut terjadi. Inilah beberapa hal yang sering menyebabkan bisnis online Anda gagal berkembang.

10 Penyebab Utama Bisnis Online Sering Gagal

1. Cara Mikir atau Mindset yang Keliru

Bagaimana cara Anda memikirkan sesuatu adalah kunci dari segalanya. Gagalnya bisnis online yang dijalani seringkali berawal dari pikiran yang keliru. Anggapan atau pendapat yang salah tentang sebuah bisnis akan berpengaruh pada hasilnya. Beberapa persepsi atau pola berpikir yang keliru tentang bisnis online yaitu :

  • Bisnis online adalah cara untuk menjadi kaya dengan cepat.
  • Bisnis online bisa sukses tanpa modal apapun.
  • Menganggap mudah atau menyepelekan bisnis online.

Pikiran-pikiran seperti itulah yang bisa membuat penyebab bisnis online sering gagal tanpa disadari.

2. Kurang Ilmu dan Pengetahuan

Anda tidak harus menjadi ahli tetapi bukan berarti Anda menjalankan bisnis online tanpa ilmu dan pengetahuan tentang hal tersebut sama sekali. Memang kesuksesan yang Anda raih bisa datang dengan belajar dari trial dan error yang Anda lakukan berkali-kali. Tetapi bukan berarti percobaan bisnis yang Anda lakukan tanpa menggunakan ilmu dan pengetahuan sama sekali.

Anda perlu mengetahui beberapa hal mendasar sebelum melakukan bisnis online sebagai pemula. Hal-hal tentang bisnis online yang sebaiknya diketahui tersebut contohnya adalah :

  • Jenis bisnis online apa yang akan dilakukan atau dijalankan.
  • Mengetahui bagaimana cara kerja dalam melakukan bisnis online.
  • Mampu menjalankan satu jenis bisnis online.

Yang disebutkan di atas hanyalah contoh pengetahuan yang sebaiknya Anda miliki agar tidak bertemu dengan faktor penyebab bisnis online sering gagal.

3. Tidak Fokus

Kebanyakan orang hanya iseng dalam menjalankan bisnis online. Mereka hanya menganggap bisnis online sebagai sambilan saja dan dilakukan dengan seenaknya. Sikap tidak fokus dan menganggapnya hanya sebagai sambilan saja inilah yang bisa menjadi penyebab bisnis online sering gagal. Tidak ada sesuatu yang bisa sukses kalau Anda tidak fokus dalam dan serius dalam menjalankannya.

Kebanyakan orang terutama mereka yang masih pemula ingin mencoba segala hal dan ingin bisa segera mendapatkan hasilnya. Akhirnya mereka menjalani beberapa jenis bisnis online secara bersamaan. Fakta yang sering terjadi adalah bukannya berhasil tetapi malah sebaliknya, bisnis online yang dijalankan berantakan dan gagal total.

Lebih baik fokuslah pada satu jenis bisnis yang disukai atau yang sesuai dengan minat dan hobi Anda. tujuannya adalah agar Anda bisa lebih nyaman dalam menjalankan bisnis online tersebut. Misalnya jika Anda berjiwa petualang bisnis peralatan naik gunung mungkin pas untuk dicoba.

4. Kurang Serius

Kalau ingin bisnis online bisa mendatangkan hasil yang memuaskan Anda juga harus menggunakan segenap tenaga dan pikiran dalam menjalankannya. Yang menjadi penyebab bisnis online sering gagal karena Anda tidak serius dan mengerjakannya dengan sambil lalu saja. Anda hanya akan bersemangat ketika hasilnya penjualan dan keuntungannya tinggi saja.

Sebaliknya ketika hasil penjualan sedang kurang dan keuntungan yang didapatkan menurun akan menjadi malas. Orang yang tidak serius dalam melakukan bisnis online biasanya akan memilih untuk bermalas-malasan atau berhenti sama sekali jika menghadapi situasi tersebut. Serius dalam menjalankan bisnis online artinya juga mau mencari terobosan baru agar tidak usang dimakan zaman.

Baca Juga : 3 Hal Penting Strategi Berjualan Online Agar Mencapai Kesuksesan

5. Malas Melakukan Upgrade Skill

Skill atau keahlian dalam berbisnis online juga harus selalu di upgrade. Setiap hari kondisi berubah termasuk masalah dan tantangan dalam bisnis online tersebut. Itulah gunanya mengapa ilmu bisnis harus selalu diperbarui agar bisa mengikuti perkembangan yang ada. Kemalasan untuk terus mengasah dan menambah ilmu bisa menjadi penyebab bisnis online sering gagal karena masalah baru yang datang.

6. Kurang Memiliki Inovasi

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa setiap hari kondisi berubah otomatis tantangan yang dihadapi juga akan mengalami perubahan. Begitu juga dalam menjalankan bisnis online setiap saat akan ada hal-hal yang harus dirubah agar diterima pasar. Datangnya pesaing baru dengan bisnis online yang lebih inovatif akan menggilas Anda kalau tidak melakukan perubahan apapun.

Beberapa contoh inovasi yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis online misalnya dengan membuat website. Inovasi modern seperti website untuk bisnis online tersebut akan membuat jangkauan pada konsumen menjadi lebih luas tak terbatas. Atau gunakan sosmed seperti WA untuk melakukan komunikasi intensif dengan calon konsumen.

7. Ingin Hasil yang Cepat

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama bahwa pola pikir keliru tentang bisnis online akan menjadi penyebab bisnis online sering gagal. Salah satunya adalah pikiran yang menganggap bisnis online mudah dilakukan dan hasilnya bisa cepat didapatkan. Jika dari awal orang melakukan bisnis online dengan persepsi seperti itu nantinya ketika faktanya tidak sama maka akan mudah menyerah.

Sayangnya hingga saat ini masih banyak orang yang melakukan bisnis online dengan mindset yang seperti itu. Mereka hanya ingin mendapatkan hasil lumayan dengan cara yang mudah dan waktu yang cepat. Pemikiran seperti itu pada akhirnya hanya akan membuat orang jadi mudah menyerah saat masalah datang.

8. Terbatasnya Waktu Belajar Bisnis dan Prakteknya

Diakui atau tidak mayoritas pelaku bisnis online melakukannya sebagai pekerjaan sambilan. Kebanyakan mereka sudah memiliki pekerjaan utama yang cukup menyita waktu. Ini yang membuat mereka tidak punya cukup waktu untuk fokus melakukan bisnis online seperti yang telah dipelajari lewat seminar dan sebagainya. Hasilnya? Kegagalan dalam bisnis online.

9. Mental Gratisan

Mental juga akan berpengaruh pada sukses tidaknya bisnis yang dilakukan oleh seseorang. Salah satu faktor penyebab bisnis online sering gagal adalah adanya mental gratisan. Yang dimaksud disini adalah beranggapan bahwa melakukan bisnis online bisa sukses tanpa modal apapun hanya tinggal posting saja di sosial media yang ada.

Baca Juga : Suka Belanja Online? Berikut Tips & Trik Agar Belanja Online Aman Tidak Mudah Tertipu

10. Target yang Terlalu Tinggi

Memiliki cita-cita dan impian yang tinggi memang bagus tetapi harus dilihat juga bagaimana kondisi saat ini dan kemampuan kita. Anda memang boleh memiliki targat tertentu dalam melakukan bisnis online karena itu juga akan menjadi motivasi yang bagus. Hanya saja sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan saat ini jangan terlalu tinggi. Target yang tidak realistis hanya akan menjadi penyebab bisnis online sering gagal.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.