Senin, 18 Oktober 2021

Cara Mengetahui Tanggal Lahir Lengkap Dari Data NIK Di Excel Dengan Cepat

Cara Mengetahui Tanggal Lahir di Excel 01

Cara Mengetahui Tanggal Lahir di Excel – NIK adalah Nomor Induk Kependudukan yang berisi nomor identitas dan memiliki sifat unik dan tunggal. NIK melekat pada seseorang yang sudah terdaftar sebagai warga penduduk Indonesia.

NIK terdiri dari 16 angka atau digit yang isinya disusun berdasarkan kode provinsi, kabupaten, kecamatan, tanggal lahir, dan nomor urut registrasi. Atas dasar itu dari NIK kita dapat mengetahui sejumlah data seseorang, misalnya tanggal lahir.

Baca Juga : Cara Menentukan Jenis Kelamin Berdasarkan NIK di Excel Dengan Mudah dan Cepat

Sebagai contoh, kita akan mengetahui informasi dari NIK 3203182008110002, maka penjelasannya adalah sebagai berikut :

Kode Keterangan
32 Kode Provinsi Jawa Barat
03 Kode Kabupaten Cianjur
18 Kode Kecamatan Pagelaran
20 Tanggal Lahir, dan untuk Perempuan ditambah 40
08 Bulan Lahir
11 2 Digit Terakhir dari Tahun Lahir
0002 Nomor Urut Registrasi Kependudukan

Setelah melihat penjelasan NIK diatas, tentunya Kamu sekarang bisa dengan mudah mengetahui sejumlah informasi berdasarkan NIK tersebut. Misalnya untuk mengetahui tanggal lahir, contoh NIK diatas maka tanggal lahirnya adalah 20 Agustus 2011. Kamu juga bisa mengetahui informasi Provinsi, Kabupaten, dan Kecamatan dari NIK.

Khusus untuk jenis kelamin perempuan, tanggal lahirnya ditambah 40. Dengan begitu Kamu juga dapat mengetahui jenis kelamin seseorang hanya dengan melihat NIK saja. Jika tanggal lahirnya lebih dari 40 maka jenis kelaminnya adalah perempuan, namun jika kurang dari 40 maka laki-laki.

Rumus Excel Untuk Mengetahui Tanggal Lahir Berdasarkan NIK

Jika NIK yang harus diketahui tanggal lahir jumlahnya banyak, tentu saja Kamu akan kerepotan dalam mengerjakannya. Tenang saja, jika kasusnya seperti demikian maka Kamu bisa menggunakan rumus Excel. Fungsi yang dapat Kamu gunakan untuk mengetahui tanggal lahir dari NIK adalah fungsi MID.

Dengan fungsi MID, Kamu dapat dengan mudah menentukan tanggal lahir seseorang berdasarkan NIK. Fungsi MID sendiri biasa digunakan untuk menampilkan karakter tertentu dari string teks. Penulisan fungsi MID sendiri adalah sebagai berikut :

=MID(text;start_num;num_chars)

Penjelasannya adalah :

Text = adalah teks untuk membuat karakter yang selanjutnya ingin diekstrak;

Start_Num = adalah posisi karakter pertama yang akan diekstrak;

Num_Chars = adalah jumlah karakter yang akan dikembalikan.

Cara Mengetahui Tanggal Lahir Berdasarkan NIK di Excel

Sebelum dimulai, dan agar mudah dipahami silakan Kamu perhatikan dulu posisi dari karakter NIK berikut :

NIK 3 2 0 3 1 8 2 0
Posisi 1 2 3 4 5 6 7 8
NIK 0 8 1 1 0 0 0 2
Posisi 9 10 11 12 13 14 15 16

Setelah melihat tabel diatas, maka Kamu akan mengetahui posisi tanggal lahir, bulan lahir, dan tahun lahir dari NIK tersebut. Tanggal lahir berada di posisi 7 dan 8, bulan lahir berada diposisi 9 dan 10, dan tahun lahir berada diposisi 11 dan 12.

Rumus Mengetahui Tanggal Lahir dari NIK

Sebagai contoh NIK berada di sel A2, maka rumus untuk mengetahui tanggal lahir berdasarkan NIK adalah :

=MID(A2;7;2)

Rumus diatas hanya akan berfungsi baik pada NIK berjenis kemalin laki-laki. Untuk jenis kelamin perempuan akan sedikit aneh, karena perempuan ditambah 40. Maka daripada itu agar rumus bekerja baik pada jenis kelamin laik-laki dan juga perempuan harus digabung dengan fungsi IF. Fungsi IF ini akan bekerja untuk memeriksa tanggal lahir apakah lebih dari 40 atau kurang dari 40. Sebaiknya gunakan rumus berikut untuk mengetahui tanggal lahir :

=IF(–MID(A2;7;2)>40;MID(A2;7;2)-40;MID(A2;7;2))

Contoh gambar adalah sebagai berikut :

Cara Mengetahui Tanggal Lahir di Excel 02

Kamu perhatikan sebelum MID disitu terdapat simbol (–) atau double negatif. Ini berfungsi agar rumus bekerja dengan baik. Hasil dari ekstrak MID berupa string atau teks, sedangkan disitu terdapat operator pembanding (< dan >). Sedangkan operator kurang dari dan lebih dari hanya bekerja untuk format angka saja. Maka daripada itu untuk mengubah format teks ke angka diperlukan tanda (–) sebelum MID.

Rumus Mengetahui Bulan Lahir dari NIK

Setelah mengetahui rumus mengetahui tanggal lahir, sekarang adalah untuk mengetahui bulan lahir. Rumusnya sangat sederhana dan Kamu tidak perlu menambahkan tanda (–) sebelum fungsi MID. Berikut adalah rumusnya :

=MID(A2;9;2)

Setelah Kamu menggunakan rumus diatas pada sel yang ingin diketahui bulan lahirnya, maka bulan lahir akan tampil secara otomatis disitu. Kamu lihat gambar contoh berikut :

Cara Mengetahui Tanggal Lahir di Excel 03

Rumus Mengetahui Tahun Lahir dari NIK

Sekarang adalah bagaimana untuk lahirnya? Rumus untuk mengetahui tahun lahir berbeda dengan rumus tanggal dan bulan lahir. Rumus yang harus Kamu gunakan adalah sebagai berikut :

=IF(–MID(A2;11;2)+2000>YEAR(TODAY());19&MID(A2;11;2);20&MID(A2;11;2))

Maka hasilnya akan seperti gambar berikut :

Lagi-lagi fungsi MID harus digabung dengan fungsi IF. Masalahnya karena tahun lahir yang ditampilkan pada NIK hanya 2 digit terakhir saja. Sedangkan kita ingin mengetahui tahun lahir seseorang dengan lengkap.

Fungsi IF disini berguna untuk memeriksa tahun lahir di NIK yang 2 digit tersebut ditambah 2000. Jika hasilnya lebih dari tahun sekarang maka data yang ditampilkan adalah 19 & 2 digit. Namun jika lebih kecil dari tahun sekarang maka data yang akan ditampilkan adalah 20 & 2 digit. Dan fungsi ini hanya akan berlaku bagi orang yang usia maksimalnya 100 tahun saja.

Rumus Cara Menggabungkan Tanggal Lahir Lengkap

Jika tadi penjelasan hanya mengetahui tanggal, bulan, dan tahun lahir saja dalam sel terpisah. Sekarang pertanyaannya bagaimana cara menggabungkan tanggal, bulan, tahun lahir tersebut dalam satu sel? Kamu harus menggabungkan ketiga fungsi tersebut dalam satu sel. Dan juga agar data tanggal lahir menjadi format yang benar, maka Kamu harus menambahkan fungsi DATE.

Rumus yang digunakan untuk mengetahui tanggal lahir secara lengkap dalam satu sel adalah sebagai berikut :

=DATE(IF(–MID(A2;11;2)+2000>YEAR(TODAY());19&MID(A2;11;2);20&MID(A2;11;2)); MID(A2;9;2); IF(–MID(A2;7;2)>40;MID(A2;7;2)-40;MID(A2;7;2)))

Maka hasilnya akan terlihat seperti contoh gambar berikut :

Baca Juga : 150+ Download Gratis Kumpulan Rumus Excel Siap Pakai Lengkap Dengan Contoh

Supaya lebih jelas tutorialnya, silakan Kamu download projek Excel dari artikel yang sudah saya jelaskan diatas.

Download Projek Excel

Ok mungkin hanya itu saja artikel cara mengetahui tanggal lahir berdasarkan NIK dengan rumus Excel. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.