Home / Photoshop / Cara Sederhana Membuat Kartu Nama Keren Dengan Menggunakan Photoshop

Cara Sederhana Membuat Kartu Nama Keren Dengan Menggunakan Photoshop

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop – Akhir-akhir ini lagi senang membahas seputar pembuatan kartu nama. Mulai dari berbagi file CDR kartu nama, template kartu nama PSD, membuat kartu nama dengan Office Publisher dan Word, sampai membuat kartu nama dengan web online. Rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas pembuatan kartu nama dengan Photoshop. Maka daripada itu pada kesempatan baik ini saya akan berbagi cara membuat kartu nama dengan Photoshop.

Baca Juga : Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik Tanpa Photoshop Atau CorelDRAW

Tidak hanya dengan program CorelDRAW saja, kartu nama bisa kita buat juga dengan menggunakan program Adobe Photoshop. Anda bisa lihat hasilnya contoh sederhana kartu nama yang saya buat menggunakan Photoshop pada gambar dibawah ini :

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (1)

Jika tertarik atau sekedar ingin mencoba membuat kartu nama sendiri di Photoshop silakan Anda ikuti tutorial ini sampai selesai.

Berikut Cara Sederhana Membuat Kartu Nama Keren Di Photoshop

Sebelum dilanjutkan sebaiknya Anda download dulu bahan-bahan untuk membuat kartu nama ini agar dalam praktik nanti tidak menemukan kesulitan. Saya telah melampirkan beberapa gambar format png untuk melengkapi pembuatan kartu nama. Bahkan saya lampirkan juga pembuatan kartu nama dalam format PSD.

Baik setelah Anda download file-file yang diperlukan untuk pembuatan kartu nama, silakan ekstrak file tersebut dan buka program Photoshop yang sudah diintall di komputer atau laptop Anda. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3.

Buat canvas baru dari File > New dan beri ukuran Width 9 cm dan Height 5,5 cm. Untuk resolusi sebaiknya beri resolusi untuk versi cetak saja yaitu 300 pixels.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (2)

Untuk memudahkan dalam membuat kartu nama sesuai kartu nama yang saya contohkan diatas, silakan Anda buat Guides sebanyak 7 garis horizontal dan 2 garis vertikal. Buat garis horizontal pada titik 0,5 cm, 1 cm, 3,2 cm, 4,2 cm, 4,3 cm, 5,2 cm, dan 5,3 cm. Untuk garis vertikal pada titik 5 cm dan 6 cm.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (3)

Sekarang buat objek dengan menggunakan Pen Tool (P) dimulai dari titik 1 cm vertikal sampai dengan titik 5 cm horizontal. Lanjutkan ke titik 6 cm horizontal dan tarik agar sudutnya melengkung, setelah itu selesaikan membuat objek ke titik 9 cm horizontal lanjut ke titik 0 cm vertikal atau sampai selesai hingga membentuk seperti pada gambar di bawah. Beri warna #2f95bf pada objek tersebut.

Buat juga objek kedua (dibawah) menggunakan Pen Tool (P) hingga membentuk trapesium siku-siku. Ikuti titik guides yang telah Anda buat tadi dan beri warna gradient #2f95bf dan #287fa3.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (4)

Sekarang buat 4 kotak, pertama ditempatkan di header dan beri warna #b11c42, kedua dan ketiga ditempatkan di footer (bawah) dan beri warna #c7d4e5, keempat ditempatkan dibagian paling bawah dan beri warna #b11c42. Semua kotak pembuatannya menggunakan Rectangle Tool (U) dan ikuti guides yang telah dibuat.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (5)

Oh iya jangan sampai lupa ketika Anda membuat objek menggunakan Pen Tool dan Rectangle Tool aktifkan juga Shape layers agar objek yang dibuat otomatis ada warna backgroundnya.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (6)

Untuk memberikan warna pada objek yang telah dibuat menggunakan Pen Tool dan Rectangle Tool caranya adalah dari Layers. Ketika Anda membuat satu objek maka otomatis akan membentuk sebuah layers baru dengan nama Shape. Nah dari situ Anda bisa mengubah warna backgroudnya dengan cara klik ganda pada Shape yang ingin diubah warnanya. Untuk memindahkan posisi objek (shape) agar di depan dan di belakang juga Anda bisa mengubah posisi Shape dengan menarik (drag) keatas atau kebawah.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (7)

Setelah klik ganda pada Shape yang terdapat di Layers maka akan tampil kotak dialog Layer Style. Mengubah warna background silakan centang Color Overlay kemudian klik warna yang tampil disebelah kanannya.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (8)

Ketik kode warna yang Anda inginkan pada kolom yang telah disediakan tanpa tanda pagar (#), karena tanda pagar ini sudah otomatis ada.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (9)

Untuk pemberian warna gradient pada objek Shape yang telah kita buat tadi caranya sama yaitu dari Layers klik ganda Shape. Setelah tampil kotak dialog Layer Style Anda centang Gradient Overlay. Mengubah warna gradient silakan Anda klik lagi warna gradient yang tampil di sebelah kanannya.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (10)

Untuk pemberian warna gradient ada dua warna yang harus kita tentukan. Silakan Anda klik ganda masing-masing warna yang ingin diubah dan berikan kode warna pada kolom yang telah disediakan.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (11)

Setelah sukses membuat objek-objek untuk membuat template kartu nama menarik dan juga setelah bisa memberikan warna background, disini saya ingin menambahkan logo pada kartu nama. Logo yang saya sisipkan adalah logo blog Info Menarik. Kemudian saya juga menambahkan gambar panah dengan menggunakan Custom Shape Tool (U) dan panah yang saya pilih adalah Arrow 2. Kemudian beri warna panah tersebut dengan warna #c7d4e5. Pemberian warna masih sama dengan memberi warna objek yang dibuat dengan Pen Tool dan Rectangle Tool.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (12)

Agar kartu nama yang kita buat semakin keren dan menarik, saya akan menyisipkan gambar home untuk address/alamat dan gambar kontak. Gambar-gambar ini sudah saya sisipkan pada file download diatas. Jika Anda mempunyai gambar lain, silakan gunakan saja dengan catatan gambar harus format PNG atau tanpa background. Pengubahan warna pada gambar-gambar ini masih sama dengan memberi warna diatas (Layer Style).

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (13)

Ok akhirnya membuat template kartu nama di Photoshop sudah selesai. Sekarang adalah giliran membuat datanya. Untuk membuat data kita harus mengaktifkan Horizontal Type Tool (T). Silakan Anda ketik data kartu nama seperluanya mulai dari identitas lengkap, alamat, kontak, dan sebagainya. Disini saya menggunakan dua jenis font, yaitu Copperplate Gothic Bold dan Arial Narrow. Untuk font saya juga sudah melampirkannya pada file download. Silakan tinggal Anda copykan ke folder Fonts yang ada di folder Windows komputer Anda.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Dengan Photoshop (14)

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba Membuat Kartu Nama Keren Di Photoshop. Jika Anda mempunyai desain template kartu nama lain, silakan berbagi pada kolom komentar yang sudah disediakan. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu.

 

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *