Home / Android / Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Menuju Chat Untuk Bisnis Online Anda

Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Menuju Chat Untuk Bisnis Online Anda

Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Menuju Chat – Sebetulnya cara membuat link WhatsApp ini bukan hal baru. Namun tidak ada salahnya saya coba posting disini. Kemungkinan sebagian dari Anda belum mengetahuinya. Karena menurut saya bagi Anda yang menekuni bidang toko online, untuk optimasi toko onlinenya maka membuat link WhatsApp bisa dikatakan wajib.

Baca Juga : 5 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Selama Ini Mungkin Belum Anda Ketahui

Lalu sebenarnya apa sih link WhatsApp itu? Yang dimaksud link WhatsApp disini adalah sebuah link khusus ketika di klik akan otomatis menuju ke halaman chat WhatsApp langsung (redirect). Alasan menggunakan halaman chat WhatsApp karena saat ini banyak pengguna Smartphone yang menggunakan Aplikasi WhatsApp.

Hampir setiap pengguna Smartphone seperti Android akan menggunakan Aplikasi Messenger WhatsApp. Tentunya hal ini merupakan peluang terbaik sebagai sarana untuk mengoptimasi jualan online. Banyak yang memilih chat WhatsApp ketika komunikasi antara pembeli dan penjual. Dengan adanya sebuah link otomatis ke chat WhatsApp maka pembeli tidak harus repot mengetik nomor WhatsApp penjual.

Bagaimana tertarik, atau masih bingung? Sebagai contoh, Anda bisa coba klik link WhatsApp berikut.

Berikut Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Menuju Chat Langsung

Untuk membuat link menuju halaman chat WhatsApp caranya sangat sederhana. Anda cukup menyisipkan link berikut :

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285798995171

Silakan diganti nomor teleponya dengan nomor WhatsApp Anda.

Link diatas berfungsi hanya untuk menuju halaman chat WhatsApp saja. Artinya ketika pembeli klik link tersebut maka otomatis akan diantarkan kehalaman chat WhatsApp kosong. Agar tidak menyulitkan pembeli, sebaiknya ditambah dengan kata-kata. Contoh Anda bisa menyisipkan kata-kata layaknya sebuah form pembelian yang harus diisi pembeli seperti Nama, Email, Nomor HP, Alamat, dan sebagainya.

Pembeli cukup mengisi form pembelian dan hal ini juga berfungsi untuk memberi tahu pembeli hal apa saja yang harus dilengkapi ketika membeli produk online Anda.

Untuk membuat kata-kata caranya sangat mudah, Anda cukup menambahkan &text= kemudian isi dari kata-kata Anda (tanpa spasi). Contoh link WhatsApp yang sudah saya buat :

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285798995171&text=*Order%20Produk%20Info%20Menarik*%0A%0ANama%20%3A%20%0AEmail%20%3A%20%0ANomor%20HP%20%3A%20%0AAlamat%20Lengkap%20%3A%20%0ANama%20Produk%20%3A%20

Ingat ketika membuat link WhatsApp jangan pakai spasi! Lalu apa saja fungsi dari format kata-kata link chat WhatsApp ini? Berikut penjelasannya :

  • %20 = untuk spasi
  • %0A = untuk baris baru
  • %3A = untuk titik dua (:)
  • %3B = untuk titik koma (;)
  • * = untuk membuat tulisan tebal (bold). Cara penulisannya *text*
  • _ = untuk membuat tulisan miring (italic). Cara penulisannya _text_
  • ~ = untuk membuat tulisan digaris tengah (striketrough). Cara penulisannya ~text~

Selanjutnya mungkin Anda sulit mengingatnya jika link WhatsApp yang telah dibuat dibiarkan panjang seperti itu. Anda bisa membuat link WhatsApp menjadi lebih simple lagi agar mudah diingat ketika ingin menggunakannya. Anda bisa memanfaatkan web URL Shortener seperti goo.gl.

Caranya silakan Anda klik halaman https://goo.gl/ kemudian copy paste link WhatsApp yang sudah jadi pada Your Original URL Here kemudian klik tombol Shorten URL. Kini link WhatsApp Anda sudah dicustom menjadi lebih simple. Contohnya seperti link WhatsApp punya saya adalah https://goo.gl/yKqwxH.

Baca Juga : Paket Internet Cepat Habis Saat Memakai WhatsApp? Lakukan Trik Berikut!

Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga jualan online Anda semakin laris manis dengan ditambahnya media promosi melalui halaman chat WhatsApp. Salam sukses selalu dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *